√ Waktu Sholat Taubat, Dalil, Niat, Tata Cara, Doa, dan Keutamaannya Lengkap

Posted on

Waktu Sholat Taubat, Dalil, Niat, Tata Cara, Doa, dan Keutamaannya Lengkap – Dalam kesempatan ini, catatanmoeslimah akan kembali menjelaskan tentang seputar sholat sunnah yang dilakukan karena seseorang telah menyesali perbuatan atau ingin bertaubat dari perbuatan dosa yang dilakukan, yang disebut juga dengan sholat sunnah taubat.

Untuk lebih jelasnya, akan dibahas tentang apa itu sholat taubat, kapan waktu pelaksanaannya, bagaimana bacaan niatnya, cara melaksanakan sholatnya juga apa keutamaan sholat sunnah taubat. Berikut selengkapnya.

Waktu Sholat Taubat, Dalil, Niat, Tata Cara, Doa, dan Keutamaannya Lengkap

Sebelum penjelasan lebih lanjut mengenai sholat sunnah taubat, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu tujuan dilaksanakannya sholat ini. Yang pasti tujuannya hanya karena ingin Allah mengampuni apa yang sudah dilakukan karena suatu perkara yang dibenci oleh Allah atau perbuatan dosa, dan kita sudah menyesali perbuatan itu, sehingga berharap besar agar Allah mengampuni dan tidak akan diulangi kembali.

Waktu Sholat Taubat Nasuha

Waktu sholat Taubat tidak ada waktu khusus seperti sholat sunnah lainnya, jadi untuk sholat sunnah taubat ini bisa dilaksanakan kapanpun baik di waktu pagi, siang ataupun malam yang terpenting tidak dilakukan pada waktu yang diharamkan atau dilarang melakukan sholat, diantara waktu diharamkan sholat yaitu:

  • Setelah sholat shubuh sampai terbit matahari
  • Ketika terbitnya matahari sampai setinggi tombak
  • Ketika matahari di atas kepala tidak condong ke timur atau ke barat hingga matahari tergelincir ke barat
  • Dari waktu sholat ashar sampai mulai tenggelam matahari
  • Dari matahari mulai tenggelam hingga tenggelam sempurna.

Bertaubat tidak bisa ditunda-tunda, karena jika ditunda-tunda maka itu akan lebih berbahaya, masalahnya apabila seseorang telah melakukan kesalahan dan ia tidak segera bertaubat, maka pengaruh dari dosa-dosanya tersebut akan semakin bertumpuk.

Oleh karena itu, jika telah melakukan perbuatan dosa maka sudah semestinya harus segera bertaubat. Adapun waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat taubat adalah pada 2/3 malam atau pada waktu qiyamul lail.

Baca Juga:  √ 16 Keutamaan Sedekah Berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits
Loading...

Dalil Tentang Taubat

Berikut ayat dan hadits tentang taubat:

Ayat Tentang Taubat

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri“. (QS, al-Baqarah ayat 222)

إِنَّمَا التَّوْبَةُ عَلَى اللَّهِ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السُّوءَ بِجَهَالَةٍ ثُمَّ يَتُوبُونَ مِنْ قَرِيبٍ فَأُولَئِكَ يَتُوبُ اللَّهُ عَلَيْهِمْ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana“. (QS. An-Nisa ayat 17)

Hadits Tentang Taubat

Rasulullah bersabda:

مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ، ثُمَّ يُصَلِّي ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ لَهُ

Artinya: “Tidaklah seseorang berbuat dosa lalu ia beranjak bersuci, melakukan shalat kemudian beristighfar meminta ampun kepada Allah kecuali Allah mengampuninya.” (HR. at-Tirmidzi)

Syekh Nawawi al-Bantani dalam kitab Nihayatuz Zain menuturkan perihal shalat taubat sebagai berikut:

وَمِنْه صَلَاة التَّوْبَة وَهِي رَكْعَتَانِ قبل التَّوْبَة يَنْوِي بهما سنة التَّوْبَة

Artinya: “Termasuk shalat sunah adalah shalat tobat, yakni shalat dua rakaat sebelum bertobat dengan niat shalat sunnah tobat.”

Waktu Sholat Taubat, Dalil, Niat, Tata Cara, Doa, dan Keutamaannya Lengkap

Niat Sholat Taubat

Berikut ini lafadz niat sholat taubat:

Niat Sholat Taubat Arab

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةِ مِنَ الذَّنْبِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى اللهُ أَكْبَرْ

Niat Sholat Taubat latin

Ushalli sunnatat taubati minadz-dzanbi rak’ataini lillahi ta’ala, Allahu akbar

Terjemahan

Saya niat sholat sunnah taubat dari perbuatan dosa dua rokaat karena Allah Ta’ala“.

Tata Cara Sholat Taubat

Adapun tata cara sholat sunnah taubat ini sama dengan sholat pada umumnya, diawali dengan wudhu secara sempurna. Begitu juga dengan bacaan di setiap gerakannya dan dilakukan secara tuma’ninah.

1. Niat sholat taubat
2. Takbiratul ihram, diikuti dengan membaca doa iftitah
3. Membaca surat Al Fatihah
4. Membaca surat pendek, lebih utama surat al-kaafiruun
5. Ruku’ dengan tuma’ninah
6. I’tidal dengan tuma’ninah
7. Sujud dengan tuma’ninah
8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
11. Membaca surat Al Fatihah
12. Membaca surat pendek dan lebih utama surat al-ikhlas
13. Ruku’ dengan tuma’ninah
14. I’tidal dengan tuma’ninah
15. Sujud dengan tuma’ninah
16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
19. Salam

Setelah salam bisa lanjut sholat lagi, tetapi jika cukup dengan dua rokaat saja maka dilanjutkan dengan membaca doa.

Doa Sholat Taubat

Berikut bacaan doa setelah sholat taubat:

Baca Juga:  √ Bagaimana Sholat Hadiah Dalam Islam Dan Kapan Waktu Sholat Hadiah?

Doa Sholat Taubat Arab

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِى التَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فِي اْلاُمُوْرِ كُلِّهَا وَ حُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ

Doa Sholat Taubat Latin

Allahumma Inniy as-aluka taufiqo ahlil-Huda wa a’mala ahlit-taubati wa ‘azma ahlis-shobri wa jidda ahlil-khosy-yati wa tholaba ahlir-roghbati, wa ta’abuda ahlil-waro’i wa ‘irfana ahlil-‘ilmi hatta akhoofaka. Allahumma Inniy as-aluka makhofatan tahjuzuniy ‘an ma’ashika hatta a’mala bitho’atika ‘amalan astahiqu bihi ridhoka hatta unashihaka fit-taubati khaufan mingka wa hatta akhlisho laka an-nashihata hubban laka wa hatta atawakal ‘alaika fil-umuri kuliha wa husna dzonnin bika. Subhana Kholiqin-nur.

Terjemahan

Ya Allah sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq (pertolongan) nya orang-orang yang mendapatkan hidayah (petunjuk),dan perbuatannya ahli ataubat, dan cita-cita ahli sabar, dan kesungguhan ahli taqwa, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya ahli yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya ahli ‘ilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, hingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.”

Niat Mandi Taubat

Mandi taubat adalah mandi yang dilaksanakan ketika seseorang baru saja memeluk agama Islam atau baru taubat dari kefasikan. Berikut bacaan atau lafadz niat mandi taubat dari kefasikan.

Niat Mandi Taubat Arab

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِلتَّوْبَتِ عَنْ جَمِعِ الذُّنُوْبِ لِلَّهِ تَعَالَى

Niat Mandi Taubat latin

Nawaitul ghusla lit-taubati ‘an-jami’idz-dzunubi lillahi ta’alaa

Terjemahan

Saya niat mandi untuk bertaubat dari segala dosa karena Allah Ta’ala“.

Tata Cara Mandi Taubat

  1. Berniat, baik secara lisan ataupun didalam hati saat akan melakukan mandi taubat untuk membersihkan diri dari perbuatan dosa.
  2. Tuangkan air pada kedua tangan kemudian basuh kedua tangan sebanyak dua atau tiga kali.
  3. Cuci daerah kemaluan dengan tangan kiri. Bersihkan seluruh badan dengan sabun layaknya seperti hendak mandi pada umumnya dengan menggosokkan sabun menggunakan tangan kiri.
  4. Berwudhu seperti wudhunya sholat, kemudian mencuci pergelangan tangan sampai dengan membasuh kaki.
  5. Ratakan air ke seluruh bagian tubuh mulai dari rambut dan seluruh badan sampai masuk ke bagian yang susah terkena air (sela-sela jari dan lepitan tubuh).
Baca Juga:  √ Bacaan Surat Al-kahfi ayat 1-10 Dan Keutamaannya Lengkap

Keutamaan Sholat Taubat

Berikut keutamaan sholat sunnah taubat:

Mendapatkan ampunan Allah SWT.

rasulullah SAW bersabda:

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ وُضُوءَهُ ثُمَّ قَامَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ أَوْ أَرْبَعاً – شَكَّ سَهْلٌ – يُحْسِنُ فِيهِمَا الذِّكْرَ وَالْخُشُوعَ ثُمَّ اسْتَغْفَرَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ غَفَرَ لَهُ

Artinya: “Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu mendirikan sholat dua rakaat atau empat rakaat, ia menyempurnakan dzikir dan khusyu’ kemudian memohon ampun kepada Allah Azza wa Jalla, maka Allah mengampuninya.” (HR. Ahmad)

Dicintai oleh Allah SWT.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman dalam surat al-Baqarah ayat 222:

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri“.

Didoakan oleh para Malaikat

Mereka memohonkan ampunan kepada Allah untuk orang yang bertaubat. Allah berfirman dalam surat al-Mu’min ayat 7:

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا

Artinya: “(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat.”

Dimasukkan kedalam surga

Sebagaimana firman Allah SWT berfirman dalam surat At-Tahrim ayat 8:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.”

Itulah ringkasan singkat mengenai Waktu Sholat Taubat, Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya Lengkap. Semoga kita bisa mengamalkannya setelah mengetahui, karena pada dasarnya setiap manusia itu tempatnya salah dan dosa, Allah memberikan keringanan kepada kita untuk melakukan sebuah penyesalan dengan cara menjauhi hal-hal yang membuat Allah Murka dan tidak mengulanginya lagi, salah satu caranya dengan membaca istighfar sebanyak-banyaknya dan melakukan sholat taubat untuk memohon ampunan kepada Allah Ta’ala.

Semoga ringkasan singkat ini bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan baru sahabat sekalian. Salam ukhuwah 🙂

√ Waktu Sholat Taubat, Dalil, Niat, Tata Cara, Doa, dan Keutamaannya Lengkap
5 (99.5%) 40 vote[s]