Tata Krama Dasar Yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sedari Dini

Posted on

Tata Krama Dasar Yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sedari Dini – Tata krama begitu penting dalam kehidupan manusia. Terlebih di dalam Islam, tata krama dan adab didahulukan sebelum ilmu. Begitu pentingnya adab sehingga kita diwajibkan belajar adab terlebih dahulu. Pendidikan orang tua di dalam keluarga itu tercermin dari akhlak atau tata krama nya seorang anak.

Untuk itu, perlunya mengenalkan, mengajari, menanamkan dan membiasakan bertata krama yang baik hendaklah di mulai sedari dini. Mengajari dasar-dasar tata krama tidaklah cukup dengan lisan, tetapi juga kebiasaan orang tua yang akan turun kepada anak, yang banyak di serap dan diikuti. Jadi, sebelum menanamkan tata krama yang baik, wajib sebagai orang tua untuk memiliki semua point-point penting itu agar anak tidak hanya mendengar saja tetapi juga melihat dan terbiasa dengan hal-hal baik tersebut.

 Tata Krama Dasar Yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sedari Dini

Adapun tata krama dasar atau yang paling penting dan utama dikenalkan, diajarkan, ditanamkan, dan dibiasakan kepada anak sedini mungkin adalah sebagai berikut:

  • Senyum

Ajarkan kepada anak agar mudah tersenyum. Jika bertemu dengan orang biasakan senyum. Jika hendak melewati  orang lain, hendaklah memberi senyuman sembari  menunduk, karena senyum ini adalah salah satu dasar atau bentuk kesopanan.

  • Salam

Ajarkan kepada anak untuk menyapa dan memberi salam saat hendak keluar dan masuk rumah, hendak bepergian, berpamitan, bertemu orang atau sanak saudara yang  baru bertemu, dan menyapa orang-orang disekitar.

  • Meminta Maaf

Ajarkan dan biasakan anak untuk meminta maaf jika melakukan kesalahan. Biasanya anak-anak sering kali membuat kesalahan karena kenakalan masa kanak-kanaknya, seperti berlari-lari sehingga menabrak sesuatu milik orang lain atau menabrak teman bermainnya dan lain sebagainya, maka ajarkan ia untuk meminta maaf.

Baca Juga:  10 Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Islam
Loading...
  • Meminta Tolong dan Berterimakasih

Anak-anak sering sekali meminta bantuan orang lain, baik itu kepada ibunya, ayah atau keluarganya juga orang lain. Ketika meminta bantuan orang, ajari untuk berkata tolong dengan nada yang rendah, bukan meminta tolong dengan cara yang kasar seperti berteriak.

Kebiasaan ini sangatlah penting. Sedari ia mengenal kata, ajari ia mengucap kata terimakasih dan kita membiasakannya sebelum ia bisa berbicara. Anak yang belum pandai berbicara, jika sudah dibiasakan berterimakasih, ia akan terbiasa dengan sedikit tersenyum dan menganggukkan kepala sebagai tanda berterimakasih.

Tata Krama Dasar Yang Harus Diajarkan Kepada Anak

Masih ada banyak anak yang tidak tahu bagaimana caranya meminta tolong dan juga berterima kasih. Ini sebenarnya adalah masalah kebiasaan, maka biasakan anak-anak untuk mengucapkan kata-kata ini setiap harinya. Berilah contoh kepada mereka dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dengan mengucapkan terima kasih kepada setiap orang yang sudah membantu, meskipun dalam hal sekecil apapun, seperti mengambilkannya makanan maka ucapkan terimakasih.

  • Meminta Izin

Point yang ini juga tidak kalah pentingnya dengan yang lain. Karena masih banyak yang mengabaikan kebiasaan ini. Bertanya atau meminta izin sebelum mengambil sesuatu yang bukan milik mereka, bahkan termasuk barang milik orangtuanya merupakan salah satu tata krama yang harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai anak terbiasa menggunakan barang yang bukan miliknya tanpa permisi atau meminta izin dari sang pemilik barang.

  • Menghormati Orang tua dan orang yang lebih tua

Bagi anak kecil yang berumur 1 sampai 3 tahun mungkin agak sulit tetapi mudah dilakukan jika peran orangtua dalam membiasakan kebiasaan ini terwujud di setiap saat, bisa dilakukan di dalam rumah terlebih dahulu seperti, tidak berlaku kasar, bertutur kata yang baik, bersalaman dengan mencium tangan setiap orang, memanggil orang yang lebih tua dari usia sebayanya dengan sebutan kaka, mba dan sejenisnya, atau membiasakan untuk berkata permisi saat melewati orang tua saat hendak berjalan di depannya.

  • Berbagi

Anak-anak di usia 1-2 tahun akan lebih senang membagikan apa yang dimiliki, untuk itu arahkan dan jadikan itu sebuah kebiasaan. Seperti saat ia memiliki makanan, jajanan, ia mau berbagi dengan orang-orang disekitarnya ataupun temannya.

  • Menggunakan tangan kanan

Sedari dini biasakan anak memegang makanan, ketika makan, mengambil sesuatu, menerima sesuatu, memberi pada orang lain dengan menggunakan tangan yang baik yakni tangan kanan. Ia harus terbiasa menggunakan tangan kanannya untuk sesuatu yang baik.

  •  Membantu orang lain

Ajari anak dengan cara membiasakan diri agar ia menjadi ringan tangan, misalnya ketika ibu sedang membersihkan piring kotor di atas meja, anak dimintai untuk membantu mengambil piring agar dibawa ke tempat cucian meskipun hanya satu sesuai dengan kemampuannya. Ketika ibu merapikan alat-alat mainannya, anak diajak untuk membantu merapikannya bersama ibu. Terus libatkan anak meskipun ia belum bisa dimanfaatkan secara totalitas, karena pada dasarnya hanya ingin membiasakan agar si kecil terbiasa membantu orang lain yang sedang membutuhkan bantuan.

Baca Juga:  Cara Melatih Kedisiplinan Anak Sejak Dini

Nah itulah beberapa point penting tentang Tata Krama Dasar Yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sedari Dini. Membiasakan hal-hal diatas ketika anak sudah mulai mengenal lingkungan di dalam lingkungan rumah hendaknya langsung di terapkan. Anak-anak yang tumbuh dengan modal kesopanan yang tinggi, insyaAllah akan banyak disukai oleh orang lain.

Setelah semua itu menjadi kebiasaan dan melekat dalam diri anak, maka untuk menerapkan etika yang lainnya dan masih banyak lagi etika yang harus diajarkan tidak begitu sulit. Bagaimanapun peran kedua orangtua dan lingkungan sekitar amat sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Untuk itu, jadilah partner yang baik untuk si kecil agar menjadi anak yang beretika, beradab dan santun dalam kehidupan sehari-hari.

Tata Krama Dasar Yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sedari Dini
5 (100%) 1 vote[s]