Peran Ibu Dalam Keluarga Menurut Islam

Posted on

Peran Ibu Dalam Keluarga Menurut Islam – Assalamu’alaikum sahabat muslimah. Sebagai seorang wanita tentu kita harus banyak bersyukur karena begitu mulianya wanita dalam Islam. Begitu pentingnya peran seorang wanita terlebih ditekankan kepada wanita yang baik agamanya, yakni wanita shalihah. Sebagai anak, istri, juga ibu merupakan suatu angugrah yang jika kita berperan sesuai dengan apa yang diajarkan oleh agama kita insyaAllah kehidupan yang dijalani akan lebih baik, tentram, karena sejatinya seorang wanita adalah penenang, pelengkap dalam kehidupan.

Sahabat muslimah, perlu kita ketahui bahwa menjadi seorang ibu adalah tugas besar dan title termulia yang diperoleh seorang wanita. Menjadi ibu yang amanah, yang baik akhlak dan agamanya akan menolong keluarga terutama anaknya. Begitu pentingnya peran seorang ibu bagi keluarga, sehingga Islam sangat memperhatikan dan mengutamakan seorang ibu dan memuliakannya.

Nah, apa saja sih peran seorang ibu itu? Berikut pemaparan selengkapnya untuk sahabat muslimah.

Peran Ibu Dalam Keluarga Menurut Islam

Surga dibawah telapak kaki ibu itu merupakan salah satu kemuliaan seorang ibu yang begitu luar biasa. Namun dibalik keistimewaan tersebut ternyata peran ibu dalam keluarga begitu besar, bukan hal yang mudah menjadi ibu yang bertanggung jawab dan amanah. Pembentukan kepribadian dan moral anak terbentuk dari seorang ibu.

Awal mula tumbuh dan berkembangnya seorang anak itu berasal dari asuhan seorang ibu. Berawal dari ASI selama 6 bulan atau 2 tahun. ASI dapat mewariskan segala sifat dan karakter seorang ibu kepada anak yang disusuinya.

Yusuf al-Qardhawi pernah mengatakan, “Perempuan memegang peranan penting dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Jadi, mana mungkin keluarga dan masyarakat itu baik jika perempuannya tidak baik“.

Baca Juga:  Inilah Perbedaan Kerudung, Jilbab, Hijab dan Khimar
Loading...

Selain ibu kandung yang menyusukan, tetapi juga ibu susuan.

Dari Aisyah ra. secara marfu’: “Janganlah kalian menyusukan bayi kalian kepada wanita bodoh, karena air susu akan mewariskan sifat sang ibu“.

أنَّ رسولَ اللهِ نهى عن رَضاعِ الحَمقاءِ

Bahwasanya Rasulullah melarang untuk menyusukan anak kepada wanita yang bodoh“.

Peran Utama Seorang Ibu

Peran seorang ibu itu sangat berpengaruh kepada kesuksesan, kebahagiaan dan ketentraman dalam keluarga. Di tangan kaum ibu lah berhasil atau tidaknya membuat apa yang di atas bumi ini lebih berharga dari pada apa yang ada di dalam bumi. Manusia-manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah lebih berharga dari pada emas dan mutiara.

Peran Ibu Dalam Keluarga Menurut IslamDisinilah letak peranan wanita sebagai “ibu“, cukup berat karena menuntut dan membawa beban tanggung jawab yang tidaklah ringan. Berhasil tidaknya generasi yang ideal di tangan kaum wanita. Sehingga tidaklah berlebihan jika Rasulullah SAW. memberi penghargaan terhadap kaum “ibu”, sebagaimana dalam Hadits Riwayat Imam Ahmad, bahwa Rasulullah bersabda: “Surga itu berada di bawah telapak kaki ibu.”

Ibu adalah madrasah (tempat pendidikan) pertama yang jika kamu menyiapkannya. Berarti kamu menyiapkan (lahirnya) generasi yang baik budi pekertinya.

Ibu juga diberi kekuatan dan kemampuan lebih oleh Allah untuk tetap kuat dalam keadaan apapun. Sejak mengandung, melahirkan dan menyusui, merawat, menjaga, mendidik tentu bukanlah hal yang mudah, tanpa kekuatan lebih yang sudah Allah berikan kepada kaum wanita. Selain itu juga ibu lah yang bertanggung jawab untuk mengurus rumah tangga, dari segudang pekerjaan rumah, mengurus anak dan suami. Masya Allah luar biasa jika dilakukan dengan ikhlas dan hanya mengharap keridhoan-Nya insyaAllah, surga untuk seorang ibu.

Baca Juga:  Inilah Istri Yang Taat Suami Pasti Masuk Surga

Bagaimana jika seorang ibu dengan pekerjaan yang banyak dibantu oleh asisten rumah tangga? Jawabannya tidak ada masalah jika semua pekerjaan rumah dikerjakan oleh pembantu, merawat anak juga dibantu, ga ada masalah tetapi tetap ibu sangat berperan dalam pembentukan karakter, pengetahuan dan pendidikan anak.

Perbanyak membaca, sharing, menambah ilmu parenting Islami agar generasi dan keluarga tumbuh menjadi keluarga yang sakinah, harmonis, bahagia, shalih shalihah dan berkualitas secara agama. Keberhasilan seorang ibu itu bisa dilihat dan dirasakan, bagaimana ketenangan yang diperoleh setelah membiasakan kebiasaan baik dan berjuang untuk terus menjadi teladan yang baik hingga semua kebaikan tertanam didalam setiap diri anak.

Nah itulah Peran Ibu Dalam Keluarga Menurut Islam yang begitu penting dan besar, yang tidak mudah untuk dilakukan tetapi juga tidak mustahil mudah dilakukan. Kuncinya tetap sabar, ikhlas dan terus belajar memperbaiki kualitas seorang ibu yang berpengetahuan luas, yang layak dijadikan tauladan, yang baik akhlak dan moralnya agar anak-anak juga seisi rumah merasakan dampaknya peran ibu yang begitu luar biasa.

Semoga kita semua bisa menjadi wanita hebat yang layak dijadikan tauladan dan madrasah pertama untuk anak-anak kita yang berkualiatas. Salam ukhuwah 🙂

Peran Ibu Dalam Keluarga Menurut Islam
5 (100%) 2 vote[s]