Pengertian Ikhlas dan Ayat al-Qur’an Tentang Ikhlas

2 min read

Kumpulan Ayat Al-Qur'an Tentang Ikhlas Terlengkap

Pengertian Ikhlas dan Ayat al-Qur’an Tentang Ikhlas – Ikhlas merupakan sifat yang sangat terpuji yang harus dimiliki oleh umat Rasul yang beriman. Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada umatnya untuk senantiasa sabar dalam menghadapi kehidupan dan ikhlas dalam menjalankan apapun yang telah menjadi ketetapan_Nya.

Kata ikhlas memang mudah sekali diucapkan, bahkan tidak sedikit orang menyebutnya dengan suatu kebiasaan, “saya ngasih dia ini itu dengan ikhlas, udah ikhlasin aja cuma begini doang, dll“. Pada dasarnya ikhlas itu sendiri sulit untuk dipraktikkan, namun tidak sulit juga bagi orang yang hatinya penuh dengan keimanan terhadap Allah SWT.

Pengertian Ikhlas dan Ayat al-Qur’an Tentang Ikhlas

Berikut ini akan dibahas terlebih dahulu pengertian tentang ikhlas.

Pengertian Ikhlas

Ikhlas merupakan intsari dari iman. Seseorang tidak dianggap beragama dengan benar jika ia belum ikhlas. Telah ditegaskan dalam Al-Qur’an yang artinya: “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam“.  (QS. Al-An’am: 162).  Dan dalam surat Al-Bayyinah ayat 5 dikatakan, “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada_Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus“. Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Ikhlaslah dalam beragama,  cukup bagimu amal yang sedikit“.

Ikhlas menurut bahasa ialah bersih dari kotoran atau menjadikan sesuatu bersih agar tidak kotor. Jadi orang yang ikhlas adalah orang yang menjadikan agamanya murni hanya karena Allah semata, tidak menyekutukan-Nya  dan tidak riya dalam beramal.

Baca Juga:  Keutamaan Mengingat Kematian Dan Anjurannya

Sedangkan menurut istilah, ikhlas ialah niat hanya untuk mengharapkan ridha Allah dalam beramal tanpa menyekutukan_Nya dengan yang lain serta memurnikan niatnya dari kotoran-kotoran yang dapat merusak.

Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Ikhlas

Berikut ini beberapa ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan “ikhlas“.

Surat Al-Baqarah Ayat 163

وَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمَٰنُ الرَّحِيمُ

Artinya: “Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

Surat Al-A’raf Ayat 29

قُلْ أَمَرَ رَبِّي بِالْقِسْطِ ۖ وَأَقِيمُوا وُجُوهَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَادْعُوهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ ۚ كَمَا بَدَأَكُمْ تَعُودُونَ

Artinya: “Katakanlah: “Tuhanku menyuruh menjalankan keadilan”. Dan (katakanlah): “Luruskanlah muka (diri)mu di setiap sembahyang dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatanmu kepada_Nya. Sebagaimana Dia telah menciptakan kamu pada permulaan (demikian pulalah kamu akan kembali kepada-Nya).”

Surat Shad ayat 82-83

قَالَ فَبِعِزَّتِكَ لَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ

إِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ

Artinya: “Iblis menjawab: “Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba-Mu yang ikhlas di antara mereka.”

Surat Az-Zumar Ayat 2-3

إِنَّا أَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ فَاعْبُدِ اللَّهَ مُخْلِصًا لَهُ الدِّينَ

أَلَا لِلَّهِ الدِّينُ الْخَالِصُ

Artinya: “Sesunguhnya Kami menurunkan kepadamu Kitab (Al Quran) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya. Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik).”

Surat Az-Zumar Ayat 11

قُلْ إِنِّي أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ اللَّهَ مُخْلِصًا لَهُ الدِّينَ

Artinya: “Katakanlah: “Sesungguhnya aku diperintahkan supaya menyembah Allah dengan mengikhlaskan ketaatan kepada_Nya dalam (menjalankan) agama.”

Surat Al-Hijr Ayat 39-40

قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الْأَرْضِ وَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ

Artinya: “Iblis berkata: “Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba_Mu yang ikhlas di antara mereka.”

Baca Juga:  √ Kumpulan Ayat al-Quran Tentang Wanita Dalam Islam

Kumpulan Ayat Al-Qur'an Tentang Ikhlas Terlengkap

Surat Al-Mu’min Ayat 14

فَادْعُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ

Artinya: “Maka sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ibadah kepada_Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukai(nya).”

Surat Al-Mu’min Ayat 65

هُوَ الْحَيُّ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ فَادْعُوهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ ۗ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Artinya: “Dialah Yang hidup kekal, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia; maka sembahlah Dia dengan mengikhlaskan ibadah kepada_Nya. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

Surat Al-Bayyinah Ayat 5

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

Artinya: “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.”

Itulah beberapa ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan ikhlas. Ikhlas haruslah ditanamkan dalam hati, karena ikhlas merupakan sifat yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap insan yang beriman dan bertaqwa. Karena kunci diterimanya segala amal ibadah karena keikhlasan.

Semoga pembahasan tentang Pengertian Ikhlas dan Ayat al-Qur’an Tentang Ikhlas ini dapat membantu sahabat semua yang membutuhkan dalil-dalil tentang sabar untuk berbagai keperluan, dan semoga bermanfaat bagi para pembaca. Sekian terimakasih 🙂