√ Mengenal 12 Barisan Manusia Pada Hari Kiamat

Posted on

Mengenal 12 Barisan Manusia Pada Hari Kiamat – Banyak hal yang belum kita ketahui tentang hari dimana akan kita lewati setelah kita mati. Alam kubur, merupakan tempat peristirahatan bagi kita semua. Disanalah kita menunggu hari kiamat datang. Setelah terompet ditiupkan, maka seluruh makhluk Allah semua berbondong-bondong berkumpul sesuai dengan kelompoknya atau golongannya.

Allah Ta’ala berfirman dalam surat an-Naba ayat 18:

يَوْمَ يُنْفَخُ فِي الصُّورِ فَتَأْتُونَ أَفْوَاجًا

Artinya: “yaitu hari (yang pada waktu itu) ditiup sangkakala lalu kamu datang berkelompok-kelompok.”

Maka Nabi SAW menangis sehingga pakaian beliau basah karena air matanya, dan beliau bersabda:

Hai Mu’aadz, engkau telah bertanya kepada saya dari perkara besar. Umatku akan digiring menjadi dua belas barisan“.

Loading...

Mengenal 12 Barisan Manusia Pada Hari Kiamat

Sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yang telah disebutkan diatas, bahwa ada dua belas barisan umat Nabi Muhammad yang akan digiring pada hari kiamat di padang Mahsyar. Adapun dua belas barisan tersebut diantaranya:

Barisan pertama

Mereka digiring dari kubur dengan tidak bertangan dan tidak berkaki. Artinya mereka hanya memiliki badan tanpa kedua tangan dan kedua kaki.

Mengenal 12 Barisan Manusia Pada Hari Kiamat
Mengenal 12 Barisan Manusia Pada Hari Kiamat

Kemudian  ada suara yang menyeru dari sisi Allah SWT: “Mereka adalah orang-orang yang menyakiti hati tetangganya, maka demikianlah balasannya dan tempat kembali mereka ke neraka“.

Barisan kedua

Mereka akan digiring dari kuburnya dengan bentuk seperti celeng atau babi hutan.

Baca Juga:  Inilah Adab Ziarah Kubur Sesuai Syariat Islam

Suara yang menyeru dari sisi Allah SWT: “Mereka adalah orang-orang yang meremehkan sholat, maka inilah balasan mereka dan tempat kembali mereka adalah ke neraka“. Allah berfirman dalam QS. Al-Ma’un ayat 4 yang artinya: “Maka celakalah bagi orang-orang yang mengerjakan sholat yang mereka itu lalai dari sholatnya“.

Barisan ketiga

Mereka yang digiring dari kuburnya, sedang perutnya seperti gunung penuh dengan ular dan kalajengking seperti bighal atau keledai.

Maka ada suara yang menyeru dari sisi Allah yang Maha Pengasih: “Mereka adalah orang-orang yang enggan membayar zakat, maka inilah balasannya dan tempat kembali mereka adalah ke neraka“.

Barisan keempat

Mereka yang digiring dari kuburnya sedang dari darah mengalir pada mulut mereka.

Maka ada suara yang menyeru dari sisi Allah Yang Maha Pengasih: “Mereka adalah orang-orang yang berdusta didalam jual beli, maka inilah balasannya dan tempat kembalinya adalah neraka“.

Barisan kelima

Mereka akan digiring dari kuburnya dengan keadaan sudah menjadi angin yang tertiup.

Maka mereka itu lebih busuk daripada bangkai diantara manusia.

Kemudian ada suara yang menyeru dari sisi Tuhan Yang Maha Pengasih: “Mereka adalah orang-orang yang alaku durhaka atau kemaksiatan karena takut kepada manusia dan mereka tidak takut kepada Allah SWT. Lalu mereka mati, maka inilah balasannya dan tempat kembalinya adalah neraka.” Seperti dalam firman Allah yang artinya: “Mereka bersembunyi daripada manusia dan mereka tidak bisa bersembunyi kepada Allah“.

Barisan keenam

Mereka digiring dari alam kuburnya dengan tenggorokan dan tengkuk yang terputus.

Maka ada suara yang menyeru dari sisi Allah Yang Maha Pengasih: “Mereka adalah orang-orang yang menjadi saksi palsu, maka inilah balasannya dan tempat kembalinya adalah ke neraka“.

Baca Juga:  Detik-Detik Wafatnya Maryam Ibunda Nabi Isa as

Barisan ketujuh

Mereka digiring dari alam kuburnya dengan tidak memiliki lisan, bahkan keluar dari mulutnya nanah dan darah.

Maka ada suara yang menyeru dari sisi Allah Yang Maha Pengasih: “Mereka adalah orang-orang yang enggan memberikan kesaksian, maka ini adalah balasannya dan tempat kembali mereka adalah neraka“.

Karena Allah SWT berfirman yang artinya: “Dan janganlah kamu sekalian menyembunyikan kesaksian, dan barang siapa yang menyembunyikan kesaksian maka sungguh dia telah berdosa hatinya“.

Barisan kedelapan

Mereka digiring dari alam kuburnya dengan kepala yang terbalik dan kaki diatas kepalanya.

Maka ada suara yang menyeru dari sisi Allah Yang Maha Pengasih: “Mereka adalah orang-orang yang berbuat zina atau pelacur kemudian mati sebelum bertaubat, maka inilah balasannya dan tempat kembali mereka adalah neraka“.

Barisan kesembilan

Mereka digiring dari alam kuburnya dengan wajah yang hitam, bermata biru dan perutnya penuh dengan api

Maka ada suara yang menyeru dari sisi Allah Yang Maha Pengasih: “Mereka adalah orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan cara aniaya (dengan cara yang tidak sebenarnya). Allah ta’ala berfirman yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang makan harta anak yatim dengan cara aniaya, maka sesungguhnya mereka itu makan api didalam perutnya dan mereka akan masuk kedalam neraka sa’ir“.

Barisan kesepuluh

Mereka digiring dari alam kuburnya dengan tubuh yang penuh penyakit lepera dan belak (kulit putih gatal-gatal)

Maka ada suara menyeru dari sisi Tuhan Yang Maha Pengasih: “Mereka adalah orang-orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya“. Karena Allah berfirman yang artinya: “Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua“.

Barisan kesebelas

Mereka digiring dari alam kuburnya dengan keadaan buta.

Artinya dalam keadaan buta mata hati dan buta mata kepala dan giginya seperti tanduk lembu jantan, bibir mereka melebar sampai ke dada dan lidah mereka menjulur memanjang sampai ke perut bahkan sampai ke paha sedang dari perut mereka keluar kotoran-kotoran

Baca Juga:  Pentingnya sholat Lima Waktu Bagi Umat Muslim

Maka ada suara menyeru: “Mereka adalah orang-orang yang minum arak“. Allah berfirman yang artinya: “Sesungguhnya arak atau minuman keras, berjudi, berhala dan mengundi nasib dengan anak panah itu merupkan perbuatan keji dan termasuk perbuatan syetan“.

Barisan keduabelas

Mereka digiring dari alam kuburnya dengan wajah seperti bulan purnama.

Maka mereka melewati jembatan shiratal musraqim dengan cepat laksana halilintar yang menyambar.

Maka ada suara yang menyeru dari sisi Allah Yang Maha Pengasih: “Mereka adalah orang-orang yang beramal shalih dan  berbuat kebaikan, mereka menjauhi perbuatan keji dan durhaka, mereka memelihara sholat lima waktu dan mereka meninggal dalam keadaan telah bertaubat, maka balasannya untuk mereka adalah surga, ampunan, kasih sayang dan keridhoan Allah SWT“.

Nah itulah beberapa manusia yang dibangkitkan dari alam kubur pada hari kiamat yang dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, barisan atau golongan yang telah ditetapkan. Semoga kita semua senantiasa dapat menjaga amal perbuatan kita dan selalu berada di jalan yang benar. Semoga kita selamat dari bahayanya siksaan Allah kelak di hari pembalasan.

Sekian pembahasan tentang Mengenal 12 Barisan Manusia Pada Hari Kiamat yang bisa saya sampaikan kepada sahabat sekalian. Semoga bermanfaat dan sekian terimakasih 🙂

Sumber: Kitab Terjemah Durrotun Nashihin

√ Mengenal 12 Barisan Manusia Pada Hari Kiamat
5 (100%) 10 vote[s]