Kumpulan Doa Untuk Kesembuhan Orang Sakit

Posted on

Kumpulan Doa Untuk Kesembuhan Orang Sakit – Sahabat Muslimah, ketika kita hendak menjenguk seseorang yang telah tertimpa musibah baik dikarnakan sakit atau hal lainnya. Tentu kita sebagai muslim mendoakan kepada orang yang sakit agar segala derita yang dialaminya diberikan kesembuhan.

Nah Sahabat, apa doa untuk kesembuahan orang yang sakit?. Untuk lebih jelanya silahkan simak ulasan kumpulan doa berikut ini.

Kumpulan Doa Untuk Kesembuhan Orang Sakit

Di dalam al quran surat Al- Baqarah ayat 186, Allah SWT berfirman,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءُ، فَإِذَا أُصِيْبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ

Loading...

Artinya : “Setiap penyakit ada obatnya. Apabila ditemukan obat yang tepat untuk suatu penyakit, maka akan sembuhlah penyakit itu dengan izin Allah ‘azza wajalla.” (Hadits Muslim Nomor 4084)

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلَّا أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً

Artinya : “Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR Bukhari).

Baca Juga:  Doa Dan Amalan Pembuka Rezeki Yang Halal Dan Berkah

Doa untuk Orang Sakit dengan Surat Al Fatihah

بِسْــــــــمِ اللَّــــــــهِ الرَّحْمَــــــــنِ الرَّحِيــــــــمِ {1} الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ {2} الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ {3} مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ {4} إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ {5} اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ {6} صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَالضَّآلِّينَ 

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (1) Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam (2) Maha pemurah lagi Maha Penyayang (3) Yang menguasai Hari Pembalasan (4) Hanya Engkaulah yang kamu sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan (5) Tunjukilah jalan yang lurus (6) (yaitu) Jalan Orang-orang yang Engkau beri nikmat kepada mereka;bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan buka (pula jalan) mereka yang sesat (7).

Dengan membaca surah Al Fatihah, doa ini bisa menjadikan kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Agar pula saat kita berdoa, doa kita mudah mudahan dikabulkan oleh Allah SWT.

Surah Al Fatihah disebut ash shalah, karena Al fatihah itu sebagai syarat sahnya shalat. Selain itu Al Fatihah disebut juga asy syifa. Berdasarkan hadist riwayat Ad Darimi dari Abu sa’id, sebagai hadist marfu’ : Fatihatul Kitab itu merupakan as syifa (penyembuh) dari setiap racun.

Ulama-ulama sering kali membacakan surah Al Fatihah sebagai doa kepada Allah SWT, lalu ditiupkan ke air putih. Karena doa orang shaleh doanya akan lebih diijabahi oleh Allah SWT, kita sendiri bisa mempraktikkannya hal ini dengan menjadikan dzikir surah Al Fatihah untuk kesembuhan diri kita ketika sakit.

Doa untuk Orang Sakit Parah dan Ketika Menjenguk Orang Sakit

Sungguh Allah Maha mengetahui segala isi hati setiap orang. Doa ini bisa dimohonkan saat menemui kabar orang yang sakit, atau juga bisa sebagai doa ketika menjenguk orang yang sedang sakit.

Baca Juga:  Bacaan Dzikir Pagi Dan Petang Sesuai Sunnah

Berikut ini doa yang telah Nabi SAW ajarkan kepada kita sebagai umatnya:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allaahumma rabban naasi, adzhibil ba’si Isyfi antas syaafi Laa syifaa-a illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqaman.

Artinya : “Ya Allah, Tuhan manusia, Penghilang penyakit, sembuhkanlah. Engkau adalah Pemberi kesembuhan, tidak ada yang dapat menyembuhkan kecuali Engkau. Sembuhkanlah dia dengan kesembuhan yang tidak meninggalkan efek sakit.” (Hadits Abu Daud Nomor 3392)

Doa tersebut sangat baik diucapkan ketika habis sholat, ketika sesuai berdzikir atau membaca al-quran dan ketika menjelang berbuka puasa.

Di tujukan bukan hanya untuk saudara-saudari muslim kita yang sakit para saja, akan tetapi segala penyakit yang ringan sekalipun (seperti flu) alangkah baiknya kita doakan kesembuhan untuk orang tersebut.

Doa untuk orang sakit

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban naasi. Bi yadikas syifaa’u Laa kaasyifa lahuu illaa anta. 

Artinya : “Hilangkanlah rasa sakit wahai Rabb manusia, di tangan-Mu lah segala kesembuhan, dan tidak ada yang dapat menyingkap penyakit tersebut melainkan Engkau.” (Hadits Bukhari Nomor 5303)

Doa ini yang dibaca oleh Rasulullah SAW ketika menjenguk sahabat Salman Al-Farisi  sebagaimana riwayat Ibnu Sunni berikut ini.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafaakallaahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘aafaaka fī diinika wa jismika ilaa muddati ajalika.

Artinya, “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.

Doa untuk kesembuhan penyakit apapun

Lafal doa ini bisa dibaca sebagai alternatif untuk penyakit apapun. Doa ini dibaca Rasulullah SAW ketika menjenguk seorang badui yang menderita demam sebagai riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Abbas ra.

Baca Juga:  √ Amalan Dan Doa Untuk Anak Dalam Kandungan

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Laa ba’sa thahuurun insyaa allaah.

Artinya: “(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah“.

Semoga kita semua selalu dalam kasih sayang Allah SWT dan diberi kesehatan lahirian dan badaniah, keselamatan dunia dan akhirat nanti.

Demikian ulasan tentang Kumpulan Doa Untuk Kesembuhan Orang Sakit. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.

Kumpulan Doa Untuk Kesembuhan Orang Sakit
5 (100%) 2 vote[s]