Inilah Ciri Pria Yang Baik Menurut Islam

Posted on

Inilah Ciri-Ciri Pria Yang Baik Menurut Islam – Biasanya para muslimah baru mencari tahu sebenarnya pria yang baik menurut agama itu seperti apa sih, itu pada saat galau menentukan pasangan hidup atau saat sudah berumah tangga. Paling sering terjadi ya pada saat harus memilih.

Nah, berbicara soal kriteria pria yang baik menurut Islam, sudah pasti bakal pas deh di hati semua tipe wanita. Karena Islam sangat paham betul bagaimana wanita, sampai begitu mulianya wanita dalam Islam. Rasulullah begitu baiknya dalam memperlakukan seorang wanita, baik itu kepada istrinya juga kepada anaknya. Kenapa pria itu dikatakan sebagai “qowwamuuna ‘alannisa“?, karena sesungguhnya wanita itu lemah tanpa adanya seorang laki-laki yang baik untuk bisa menopangnya, membantunya, mendidiknya, mengayominya, bahkan memanjakannya.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas tentang kriteria laki-laki yang baik menurut Islam.

Inilah Ciri Pria Yang Baik Menurut Islam

Sahabat muslimah tentu semuanya tahu apa sih ciri laki-laki yang baik itu, pasti jawabannya yang baik agamanya. Yupz, bener banget. Karena jika agamanya baik pasti akhlaknya pun baik, jika akhlak sudah baik maka dia akan baik pula dalam memperlakukan wanita. Tetapi tetap ada sifat-sifat tertentu yang harus dimiliki oleh laki-laki yang baik, yang harus dipelajari juga harus dimiliki. Karena banyak juga kejadian, agamanya sangat baik, akhlaknya luar biasa, beradab tinggi. Namun ia kurang mengenal sifat wanita, karakternya bagaimana sehingga ia cukup hanya dengan tidak menyakitinya saja.

Baca Juga:  Seperti Apakah Cita-Cita Seorang Wanita Yang Paling Mulia?

Rasulullah SAW. menyadarkan kepada umatnya bahwa kesempurnaan iman seseorang itu tercermin dari sikap dan akhlaknya.

Selain itu, Rasulullah juga mengingatkan bahwa berbuat baik kepada perempuan adalah menjadi syarat keimanan. Sekaligus juga indikator laki-laki terbaik. Rasulullah SAW. dengan tegas memberikan pengakuan atas posisi penting dan martabat perempuan di dalam Islam. Yakni perempuan ada untuk diperlakukan sebagai manusia bermartabat. Berhak untuk dimuliakan.

Loading...

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَخَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لِنِسَائِهِمْ

Artinya: “Orang Mukmin yang paling sempurna imannya adalah mereka yang memiliki akhlak mulia dan sebaik-baik kalian adalah mereka yang berperilaku baik terhadap perempuan-perempuan mereka.” (H.R. At-Tirmidzi)

Nah, untuk itu perlu kita pahami dan ketahui bersama bahwa banyak hal yang harus tetap kita pelajari untuk kebaikan dan kebahagiaan. Berikut ini beberapa ciri yang harus dimiliki oleh laki-laki baik.

Beradab

Meskipun ilmu agamanya sangat luas, tetapi akhlaknya kurang bagus itu sama aja. Jadi adab merupakan salah satu akhlak baik yang harus dimiliki seorang laki-laki. Belajar adab itu tidak sebentar. Justru belajar adab itu lebih lama dari mempelajari ilmu. Ulama terdahulu itu lebih mengutamakan belajar adab baru ilmu daripada belajar ilmu dulu baru adab. Karena begitu pentingnya sebuah adab.

Laki-laki yang baik bisa dilihat dari cara ia makan, minum, bersin, berjalan, duduk, bicara, berpakaian, mandi, bergaul dan segala bentuk aktifitas didasari dengan adab yang baik sesuai tatacara yang berlaku dalam agama. Karena semuanya telah ada aturannya.Inilah Ciri Pria Yang Baik Menurut Islam

Bertanggung jawab dan amanah

Ini modal paling penting untuk laki-laki yang hebat. Tidak semua laki-laki bisa bertanggung jawab dan amanah. Bagaimana cara kita bisa melihat apakah dia bertanggung jawab atau tidak? Kita bisa lihat dari cara ia menyelesaikan pekerjaannya, juga bisa dilihat dari cara cepatnya ia setelah mendengar panggilan Allah. Nah, kalo pria yang baik agamanya tentu baik juga hubungannya sama Allah. Ketika Allah memanggil maka ia akan sesegera mungkin untuk datang, tidak menunda-nunda!

Baca Juga:  Inilah Alasan Mengapa Istri Sebaiknya Tidak Mengeluh Meskipun Pekerjaan Rumahtangga Sangat Berat

Jika sudah berkeluarga, kewajiban laki-laki adalah menafkahi, membimbing dan mengayomi istri dan anak-anak. Menafkahi bukan perkara memenuhi kebutuhan perut saja, tetapi juga kebutuhan batin yakni memberikan kenyamanan ketenangan batin keluarga.

Penuh kasih sayang dan kelembutan

Laki-laki adalah seorang pemimpin bagi kaum perempuan. Dalam memimpin dibutuhkan ketegasan, tegas bukan berarti galak, kasar, dan semena-mena. Tidak, bukan itu, karena laki-laki harus mengayomi dan memberikan kenyamanan maka tegas dengan kelembutan.

Dengan kasih sayang dan kelembutan maka tidak akan ada kekasaran dalam berucap dan bertindak. Benar-benar mampu menjaga lisan dan hatinya dengan baik.

Kesimpulannya tentang laki-laki yang baik menurut agama kita yakni:

Jika seorang laki-laki:

  1. Mampu menafkahi secara batin
  2. Mampu menafkahi secara harta (dapat memenuhi kebutuhan keluarga)
  3. Istiqomah dalam agama
  4. Memegang teguh amanah
  5. Berakhlak mulia
  6. Mampu mendidik, membimbing dan meluruskan kesalahan
  7. Memimpin dengan kelembutan

Apabila 7 point penting diatas sudah ada pada diri seorang lelaki, baik itu suami maupun seorang ayah maka sempurnalah. Keluarga yang dibina akan menjadi keluarga yang harmonis, damai, bahagia, tentram dan insyaAllah  penuh keberkahan dan dimudahkan jalan untuk menuju surga-Nya. Kuncinya menjadi lelaki itu sabar, sabar dalam menghadapi berbagai sifat wanita, istri juga anak. Tahu bagaimana cara meluruskan dan membimbingnya. Untuk itu dibutuhkan ilmu yang cukup juga iman yang kuat, insyaAllah dimudahkan semuanya oleh Allah.

Semoga tulisan kali ini mengenai Ciri Pria Yang Baik Menurut Islam bisa menjadi cerminan untuk diri kita, belajar introspeksi diri dan terus belajar menjadi lebih baik dengan tujuan yang baik. Semoga bermanfaat 🙂

Inilah Ciri Pria Yang Baik Menurut Islam
4.4 (88.57%) 7 vote[s]

Baca Juga:  Inilah Yang Harus Istri Lakukan Jika Suami Enggan Sholat