√ Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Hijriyah Arab, latin Dan Terjemahannya

Posted on

Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Hijriyah Arab, latin Dan Terjemahannya – Dalam kalender hijriyah, doa awal tahun ini dibaca pada permulaan bulan Muharram dan doa akhir tahun dibaca pada akhir bulan Dzulhijjah.

Sebagai umat Muslim, hendaknya perayaan tahun baru Islam yang jatuh pada tanggal 1 muharram dan akhir tahun di bulan Dzulhijjah hendaknya membaca doa-doa yang disunnahkan. Berikut ini catatanmoeslimah.com akan memberikan bacaan doanya dengan menggunakan bahasa arab, latin dan terjemahnya.

Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Hijriyah Arab, latin Dan Terjemahannya

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam atau Hijriyah yang menandai pergantian tahun. Dalam Islam kita dianjurkan mengerjakan amalan-amalan baik salah satunya berdoa saat memasuki awal tahun Hijriyah atau 1 Muharram, dan berdoa saat akhir tahun yakni di bulan dzulhijjah.

Doa Awal Tahun

Doa awal tahun ini dibaca tiga kali dan biasanya dibaca ba’da sholat maghrib tepatnya ketika memasuki awal 1 Muharram yang diawali dengan membaca surat Yasin, kemudian dilanjutkan dengan membaca doa berikut ini:

Doa Awal Tahun Arab

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلٰنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .اَللّٰهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلٰى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَاَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلٰى هٰذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفٰى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ .وَصَلَى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Doa Awal Tahun Latin

Washalallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal abadiyyul qadiimul awwalu, wa ‘alaa fadhlikal ‘adziimi wujuudikal mu’awwali wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala, as’aluka ‘ishmata fiihi minashy syaithaani wa auliyaa-ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin nafsil ammaarati bis suu’i wal isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal jalaali wal ikram yaa arhamar raahimin, wa shallallahu ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihi wa sallam.

Terjemahannya

Dan semoga rahmat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami dan tuan kami yaitu Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah Engkaulah yang Maha Kekal Abadi, Maha Dahulu, Maha Awal, dengan keutamaanMu yang besar dan kedermawanan Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba, aku mohon perlindungan kepadaMu dari godaan syetan dan kawan-kawannya dan aku mohon pertolonganMu untuk mengalahkan nafsu yang mendorong kepada kejahatan. Dan aku mohon pertolonganMu untuk melakukan apa saja yang bisa mendekatkanku kepadaMu dengan sedekat mungkin. Ya Allah Tuhan Yang Maha Agung lagi Maha Mulia. Semoga Allah limpahkan rahmat dan sejahtera atas penghulu kami Nabi Muhammad dan atas keluarganya, para sahabatnya sekalian dan kesejateraan atas mereka“.

Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Hijriyah Arab, latin Dan Terjemahannya

Doa Akhir Tahun

Doa ini dibaca pada akhir bulan Dzulhijjah yakni dibaca ketika asar atau sebelum maghrib tiba sebanyak tiga kali. Inilah bacaan doanya:

Doa Akhir Tahun Arab

اَلْحَمْدُ الِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ . وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ دَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ . اَلَّلهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِي عَنْهُ فَمَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَاَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلَمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُو بَتِى اِلَي اتَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْاَتِىْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَاءِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَىْهِ الثَّوَابَ فَاَسْئَلُكَ اَلَّلهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَاذَاالْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعْ رَجَائِىْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِىِّ الْاُمِّىِّ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Doa Akhir Tahun Latin

Alhamdulillahirabbil ‘alaamiin wa shalallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa salam. Allahumma maa ‘amiltu fii haadzihis sanatilmimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu walam tardlahu walam tansahuu wahalimta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa ‘uquubatii wada’ antanii ilattaubati minhu ba’da juratii ‘alaa ma’shiyatika fainnii astaghfiruka faghfirli. Wamaa ‘amiltu fiihaa mimmaa tardlaa hu wawa’ adtanii ‘alaihits tsawaaba fa as alukallaahumma yaa kariimu yaa dzal jalaa li walikraami an tataqabbalaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam.

Terjemahan

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Semoga Allah limpahkan rahmat dan sejahtera atas penghulu kami Nabi Muhammad dan atas keluarganya, para sahabatnya dan keselamatan atas mereka. Ya Allah, pada tahun ini aku telah melakukan apa yang telah Engkau larang dan menerjang apa yang tidak Engkau ridhoi, aku telah lupa hal itu, sedangkan Engkau tidak pernah lupa dan aku belum bertaubat kepadaMu, namun dengan fadholMu Engkau tetap bersabar kepadaku padahal Engkau kuasa menyiksaku. Dan Engkau telah memanggilku untuk bertaubat setelah aku begitu berani mendurhakaiMu, maka aku memohon ampun kepadaMu, maka ampunilah aku. Adapun perbuatan yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan pahalanya, aku mohon Engkau berkenan menerimanya dan janganlah Engkau putuskan harapanku kepadaMu wahai Tuhan Yang Maha Mulia. Dan Allah bersholawat atas junjungan kami Nabi Muhammad dan atas keluarganya, para sahabatnya dan keselamatan atas mereka“.

Itulah bacaan Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Hijriyah Arab, latin Dan Terjemahannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih 🙂


Baca Juga:  √ Kumpulan Doa Mustajab Untuk Keharmonisan Rumah Tangga