√ Pengertian, Macam-macam, Contoh dan Ayat Tentang Akhlak

Posted on

Pengertian, Macam-macam, Contoh dan Ayat Tentang Akhlak – Akhlak tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari kita. Baik itu yang berhubungan langsung dengan Sang Pencipta, juga alam semesta, lingkungan, sesama manusia, juga terhadap diri sendiri.

Sebagai umat Muslim tentunya kita sudah diajarkan tentang akhlak sejak lahir. Dan banyak sekali ayat-ayat al-Quran yang memerintahkan kepada kita umat Muslim agar senantiasa menjaga akhlak yang baik. Sesungguhnya akhlak baik itu buah dari keimanan.

Pengertian, Macam-macam, Contoh dan Ayat Tentang Akhlak

Berikut ini akan dibahas tentang seputar akhlak, apa itu akhlak? bagaimana contohnya dalam kehidupan sehari-hari, juga ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan akhlak. Silakan simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Akhlak

Kata “akhlak” berasal dari bahasa arab yaitu “Al-Khulk” yang artinya tabiat, perangai, tingkah laku, kebiasaan, kelakuan. Sedangkan menurut istilahnya akhlak adalah sifat yang tertanam di dalam diri seorang manusia yang bisa mengeluarkan sesuatu dengan sangat mudah tanpa adanya suatu paksaan, tanpa renungan dan pemikiran.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, akhlak berarti budi pekerti atau kelakuan.

Menurut Ibnu Maskawaih akhlak adalah “hal linnafsi daa’iyatun lahaa ila af’aaliha min ghoiri fikrin walaa ruwiyatin” artinya sifat yang tertanam dalam jiwa seseorang yang mendorongnya untuk melakukan suatu perbuatan tanpa perlu pemikiran dan pertimbangan.

Macam-macam Akhlak

Akhlak atau adab itu sendiri ada yang baik juga ada yang buruk. Dalam Islam akhlak terbagi menjadi dua yaitu akhlakul karimah (akhlak terpuji) atau akhlak mahmudah dan akhlak mazdmumah (akhlak tercela). Berikut Penjelasan dan contohnya:

Baca Juga:  Ini Dia!!! 6 Sumber Penyakit Hati Yang Sering Diabaikan

Pengertian dan Contoh Akhlakul Karimah (Mahmudah)

Akhlakul Karimah ialah akhlak yang baik, mulia dan terpuji yaitu suatu aturan atau norma yang mengatur hubungan antar sesama manusia dengan Tuhan dan alam semesta. Akhlakul karimah juga merupakan akhlak terpuji baik yang langsung berhubungan dengan Allah dengan melaksanakan ibadah wajib maupun yang sunnah dan melaksanakan hubungan baik terhadap sesama manusia, juga terhadap diri sendiri.

Akhlakul karimah ini sama dengan akhlak mahmudah, yakni akhlak yang baik dan terpuji.

Contoh akhlakul karimah

Contoh akhlak terhadap Allah yaitu: berhusnudzon, penuh syukur, sabar terhadap segala ujian Allah, qonaah, ikhlas dan khusyu dalam beribadah, penuh rasa takut, ridho atas ketetapan dan ketentuan yang Allah takdirkan kepada kita, dan lain sebagainya.

Adapun akhlakuk karimah atau berhubungan baik terhadap sesama manusia itu contohnya seperti: saling menghormati, mengasihi, menjaga hubungan silaturahmi, memuliakan tamu, memberi apa yang kita miliki baik berupa makanan, uang, tenaga, atau apapun yang bermanfaat untuk orang lain, berkata yang baik, saling menolong, berhusnudzon, saling memaafkan, murah senyum, sopan santun, dan perbuatan lainnya yang mengandung unsur kebaikan.

Sedangkan contoh akhlak terhadap diri sendiri diantaranya yaitu: berani, memiliki sifat malu, disiplin, bertanggung jawab, pandai menghargai waktu, tidak boros, menjaga kebersihan hati dan badan, rajin belajar, tidak pernah puas dengan ilmu yang dimiliki, semangat dalam menuntut ilmu, tidak mudah putus asa dan lain sebagainya.

Pengertian, Macam-macam, Contoh dan Ayat Tentang Akhlak

Pengertian dan Contoh Akhlak Mazmumah

Akhlak mazmumah atau akhlak tercela ini adalah lawan kata dari akhlakul karimah. Yang merupakan suatu adab dan perbuatan yang buruk dan tidak terpuji. Adapun contohnya yaitu seperti berbohong, mencuri, berkata yang menyakiti hati orang lain, malas daalm ibadah, malas dalam bekerja, malas dalam belajar dan malas dalam melakukan suatu kebaikan, mengadu domba, kagum terhadap diri sendiri, sombong, kikir atau pelit, merasa diri paling hebat, riya’ atau pamer dalam melakukan sesuatu kebaikan agar dipuji orang lain, serakah dan lain sebagainya.

Ayat al-Quran Tentang Akhlak

Berikut ini dalil dari ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan akhlak:

Surat Al-Baqarah Ayat 83

لَا تَعْبُدُونَ إِلَّا اللَّهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْنًا

Artinya: “Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia.”

Baca Juga:  √ 22 Hadits Tentang Akhlak Terlengkap

Surat Al-Baqarah Ayat 155-156

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Artinya: “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.”

Surat Al-Maidah ayat 8

وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَىٰ أَلَّا تَعْدِلُوا ۚ اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ

Artinya: “Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada taqwa.”

Surat Al-A’raf Ayat 199

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ

Artinya: “Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.”

Surat Al-Hijr Ayat 88

لَا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَىٰ مَا مَتَّعْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِنْهُمْ وَلَا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِينَ

Artinya: “Janganlah sekali-kali kamu menunjukkan pandanganmu kepada kenikmatan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka (orang-orang kafir itu), dan janganlah kamu bersedih hati terhadap mereka dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman.”

Surat Ali ‘Imran Ayat 134

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

Surat Al-Ahzab Ayat 21

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

Surat Al-Isra’ Ayat 37

وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْأَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُولًا

Artinya: “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.”

Baca Juga:  √ 9 Sunnah Sebelum Tidur Dalam Islam

Surat Al-Qashas Ayat 77

وَأَحْسِن كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ

Artinya: “Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah Berbuat baik kepadamu.”

Surat Thoha Ayat 44

فَقُولَا لَهُ قَوْلًا لَيِّنًا لَعَلَّهُ يَتَذَكَّرُ أَوْ يَخْشَىٰ

Artinya: “Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat atau takut“.

Surat Al-Hujurat Ayat 10

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Artinya: “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.”

Surat Al-Insan Ayat 9

إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنْكُمْ جَزَاءً وَلَا شُكُورًا

Artinya: “Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula mengharapkan (ucapan) terima kasih.”

Surat Al-Qalam Ayat 4

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

Artinya: “Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.”

Surat Al-Hasyr ayat 9

وَيُؤْثِرُونَ عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ

Artinya: “… dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan“.

Surat Asy-Syu’ara’ Ayat 215

وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

Artinya: “dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman.”

Itulah pembahasan singkat mengenai akhlak dengan tema “Pengertian, Macam-macam, Contoh dan Ayat Tentang Akhlak“. Semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca semuanya dan kita sebagai umat Muslim mudah-mudahan selalu dalam balutan akhlakul karimah. Aamiin yaa robbal ‘aalamiin. Salam ukhuwah 🙂