√ Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, Terjemahan Dan Manfaatnya

Posted on

Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, Terjemahan Dan Manfaatnya – Ayat kursi merupakan ayat yang paling agung dalam Al-Qur’an, ayat ini terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat ke 255. Ayat ini berisikan tentang keagungan dan kekuasaan Allah SWT. Jika ayat ini dibaca atau diamalkan baik sebelum tidur, setelah sholat lima waktu, untuk berdzikir, atau amalan sehari-hari dapat diyakini selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Adapun bacaan ayat kursi yaitu sebagai berikut:

Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, Terjemahan Dan Manfaatnya

Bacaan Ayat Kursi

Ayat kursi merupakan salah satu bacaan yang paling agung dan memiliki keistimewaan yang sungguh luar biasa. Dapat dijadikan sebagai dzikir dan amalan harian. Sehingga kita wajib menghafalnya dan juga mengetahui makna serta keutamaannya. Berikut ini bacaan ayat kursi:

Bacaan Ayat Kursi Arab

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Bacaan Ayat Kursi Latin

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Mang dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa. Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.

Terjemahan Ayat Kursi

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar“.

Baca Juga:  Bacaan Dzikir Pagi Dan Petang Sesuai Sunnah
Loading...

Keutamaan dan Manfaat Ayat Kursi

Ada banyak sekali keutamaan dan manfaat ayat kursi, diantaranya:

Ayat Yang Paling Agung dalam al-Qur’an

Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang paling agung dalam al-Quran karena memiliki banyak keistimewaan.

Rasulullah SAW bersabda: yang artinya: “Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)“.

Dari Sufyan ats-Tsauri berkata: “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi”. (HR. At-Tirmidzi)

Sebagai doa untuk menjaga diri dari gangguan syetan

Membaca ayat kursi ini bisa dilakukan sebelum tidur sebagaimana Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah ayat kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi”. (HR. Al-Bukhari)

Ayat kursi ini juga sangat baik diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, setelah sholat fardhu, bacaan dzikir pagi dan petang, atau dalam keadaan sempit dan merasa takut, karena faedahnya sangat luar biasa, Allah SWT. akan menjaga, memelihara dan melindungi dalam setiap langkahmu, serta terhindar dari gangguan syetan yang terkutuk.

Salah Satu Penyebab Masuk Surga

Dari Abu Umamah, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

Artinya: “Barang siapa membaca ayat kursi sehabis setiap sholat fardhu maka tiada penghalang baginya untuk memasuki surga kecuali hanya kematian.”(HR. Thabrani)

Inilah Bacaan Ayat Kursi Dan Manfaatnya
Inilah Bacaan Ayat Kursi Dan Manfaatnya

Mendapatkan Perlindungan Allah

Jika kita membaca ayat kursi sebelum bepergian, maka dalam perjalanannya insyaaAllah akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Akan terbebas dari musbiah dan bencana selama perjalanannya, hingga sampai ke tujuan dengan selamat.

Baca Juga:  √ Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Hijriyah Arab, latin Dan Terjemahannya

Selain itu juga Allah akan menjaga dan melindungi kita jika kita membacanya di pagi dan petang.

Mengenai orang yang membaca ayat kursi di pagi dan petang hari, dari Ubay bin Ka’ab, Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا قَرَأَتْهَا غُدْوَةً أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُمْسِيَ ، وَإِذَا قَرَأَتْهَا حِيْنَ تُمْسِي أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُصْبِحَ

Artinya: “Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.” (HR. Al Hakim)

Menurut Qatadah, di antara rahasia mengapa khasiat ayat kursi ini begitu dahsyat yakni karena di dalam ayat ini terdapat lima nama (asma’) Sang Khaliq yang agung yaitu Allah, al-Hayy, al-Qayyum, al-‘Aliyy, dan al-Adhim.

Jadi Ayat kursi ini dapat dibaca dan diamalkan sebelum keluar masuk rumah, sebelum tidur, dibaca pada waktu pagi dan petang, diamalkan setelah sholat fardhu, sebelum atau setelah berdzikir, ketika merasa diri dalam kesempitan, dan dalam keadaan apapun karena ayat kursi ini merupakan ayat yang paling diagung-agungkan.

Semoga Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, Terjemahan Dan Manfaatnya ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Masih banyak lagi manfaat, faedah dan keutamaan lainnya dari ayat kursi ini. Jangan pernah merasa rugi dalam mengamalkannya. Salam ukhuwah 🙂