√ Doa Sholat Hajat, Niat, Dzikir dan Manfaatnya

Posted on

Doa Sholat Hajat, Niat, Dzikir dan Manfaatnya – Sahabat muslimah, kali ini kita akan kembali membahas tentang sholat sunnah yang memiliki keutamaan, manfaat dan keajaiban yang luar biasa. Sangat disayangkan jika kita tidak mengerti dan mengamalkan apa yang sudah Allah perintahkan.

Rasulullah SAW bersabda:

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِذَا حَزَبَهُ أَمْرٌ فَزَعَ إِلَى الصَّلَاةِ

Artinya: “Kebiasaan Nabi Saw jika beliau menghadapi masalah adalah segera mengerjakan sholat.”

Jika kita memiliki suatu hajat atau keinginan, kebutuhan atau keperluan dan sangat membutuhkan bantuan dari Allah SWT dan ingin sekali dikabulkan hajatnya tersebut, maka hendaknya kita melakukan sholat hajat. Karena dalam Islam, sudah ada tuntunannya sehingga kita bisa amalkan.

Doa Sholat Hajat, Niat, Dzikir dan Manfaatnya

Dalam kesempatan ini, akan dibahas secara ringkas dan lengkap mulai dari pengertiannya, hukumnya, tata cara melaksanakan sholatnya, bacaan niat, dzikir juga manfaatnya yang harus kita ketahui.

Loading...

Pengertian Sholat Hajat

Sholat hajat ialah sholat sunnah yang dilakukan ketika seseorang memiliki hajat atau kebutuhan atau keperluan yang dilakukan paling sedikit 2 rakaat satu salam sampai dengan 12 rakaat dengan tujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar hajat atau kebutuhannya dikabulkan. Saat melaksanakan sholat hajat, sebaiknya kita merendahkan diri kita kepada Allah SWT, karena Allah menyukai hamba yang merendahkan diri di hadapanNya.

Hukum Sholat Hajat

Sholat hajat hukumnya sunnah ghairu muakkad, artinya dianjurkan tetapi tidak diharuskan atau ditekankan.

Waktu Sholat Hajat

Waktu pelaksanaannya bisa dilakukan pagi, siang ataupun malam, namun yang lebih utama dilakukan disepertiga malam. Yang tidak boleh hanya pada saat waktu terlarang atau waktu diharamkannya untuk mengerjakan sholat. Setelah sholat fardhu juga bisa, kapanpun. Atau sebaiknya di sepertiga malam setelah atau sebelum sholat tahajud.

Niat Sholat Hajat

Berikut bacaan atau lafadz niat sholat hajat:

أُصَلِّي سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعاَلَى

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya: “Saya niat shalat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Baca Juga:  Kumpulan Doa Untuk Kesembuhan Orang Sakit

Tata Cara Sholat Hajat

Adapun tata cara sholat sunnah hajat sama dengan sholat sunnah lainnya, yang diawali dengan wudhu secara sempurna. Begitu juga dengan bacaan di setiap gerakannya dan dilakukan secara tuma’ninah.

1. Niat
2. Takbiratul ihram, diikuti dengan membaca doa iftitah
3. Membaca surat Al Fatihah
4. Membaca surat pendek, lebih utama surat al-kaafiruun
5. Ruku’ dengan tuma’ninah
6. I’tidal dengan tuma’ninah
7. Sujud dengan tuma’ninah
8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
11. Membaca surat Al Fatihah
12. Membaca surat pendek dan lebih utama surat al-ikhlas
13. Ruku’ dengan tuma’ninah
14. I’tidal dengan tuma’ninah
15. Sujud dengan tuma’ninah
16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
19. Salam

Setelah selesai sholat dianjurkan berdzikir sebagaimana penjelasan Imam Nawawi dalam Al Adzkar dan kemudian berdoa kepada Allah memohon hajat atau kebutuhannya agar dikabulkan Allah.

Dzikir dan Doa Setelah Sholat Sholat Hajat

Setelah selesai melaksanakan sholat sunnah hajat, kemudian dilanjutkan dengan membaca dzikir dan doa.

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Hajat

Berikut bacaan dzikir sederhana dan ringkas:

  • Membaca istighfar

×أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ٣

Ataghfirullahal-‘adziim 3x

Artinya: “Saya memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung.”

  • Membacca sholawat nabi

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad, wa-‘alaa aali sayyidina muhammad.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad.”

  • Membaca tasbih

Jika kita merasakan kesempitan, kesulitan, kesusahan, maka bacalah dzikir ini, karena keutamaan membaca tasbih ini sungguh luar biasa. Jadikan sebagai dzikir di setiap ba’da sholat dan pagi juga petang.

سُبْحَانَ اللَّهِ ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ ، وَلا إِلَهَ إِلا اللَّهُ ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلا بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ

Subhanallah, walhamdulillah wa-laa ilaa-haa-illallah wallahu akbar, wa-laa haula wa-laa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adziim. (10x)

Artinya: “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan Allah Maha Besar Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung“.

Doa Setelah Sholat Sholat Hajat

Doa Sholat Hajat, Niat, Dzikir dan Manfaatnya

Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa berikut ini sebagai pembuka dalam berdoa.

Bacaan Arabnya

 

  يَا ذَاالْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَسَلِّمْ وَرَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْ كُلِّ صَحَابَةِ رَسُوْلِ اللهِ أَجْمَعِيْنَ
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ
اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاهْوَالِ وَاْلأفَاتِ وَتَقْضِى لَنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّأَتِ وَتَرْفَعُنـَا بِهـَاعِنْدَك اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِيْ الْحَيَاتِ وَبَعْدَ الْمَمَـاتِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan doa latinnya

Yaa dzal jalali wal ikram

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wasallim wa radhiyallahu ta’ala ‘an kulli shahabati rasulillahi aj-ma’iin. (aamiin, angkat kedua tangan)

Alhamdulillahirabbil ‘aalamiin. Hamdan yuafi ni’amahu wa yukafi-u maziidah, yaa robbanaa lakal hamdu kamaa yambaghi lijajali wajhikal kariimi wa ‘adziimi sultaanik.

Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammadin sholatan tunjina biha min jamii-‘il-ahwali wal-aafaat, wa taqdhi lana biha min jamii-‘il-hajaat, wa tuthohiruna biha min jami-‘is sayyi-at, wa tarfa’una biha ‘indaka a’lad darojaat, wa tuballighuna biha aqshol-ghoyaati min jami’il-khoirooti fil-hayaati wa ba’dal-mamaat bi rohmatika yaa Arhamar rohimiin.

Lanjut dengan membaca doa khusus untuk hajat kita berikut ini.

Bacaan Doa Sholat Hajat Arab 1

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ وَاَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ, يَامُحَمَّدُ إِنِّى تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّى أَنْ يَقْضِيَ حَاجَتِى ….. اَللَّهُمَّ شَفِّعْهُ فِيَّ وَشَفِّعْنِى فِى نَفْسِى

Bacaan Doa Sholat Hajat Latin 1

Allahumma inni as-aluka wa atawajjahu ilaika bimuhammadin nabiyyir-rohmah. Yaa muhammad, inni qod tawajjahtu bika ilaa robbi fii haajati…(sebutkan apa hajat atau kebutuhanmu). Allahumma syaffi’hu fiyya wa-syaffi’nii fii nafsii.

Arti Doa Sholat Hajat 1

Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadapkan wajahku kepada-Mu dengan perantaraan Nabi-Mu, Muhammad saw., Nabi pem-bawa rahmat. Ya Muhammad! Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhanku dengan perantaraanmu agar Dia mengabulkan hajatku, yaitu …. (sebutkan apa hajat atau kebutuhanmu). Ya Allah! Berilah beliau izin memberikan syafa’t kepadaku dan berilah aku syafaat untuk diriku sendiri.”

Bacaan Doa Sholat Hajat Arab 2

لَاِلَهَ اِلَّااللهُ الْحَكِيمُ الْكَرِيمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّوَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ اِثْمٍ لَا تَدَعْ لِى ذَنْبًا اِلَّا غَفَرْتَهُ وَلَا هَمًّا اِلَّافَرَّجْتَهُ وَلَاحَاجَةً اِلَّا هِيَ لَكَ رِضًااِلَّاقَضَيْتَهَا يَااَرْحَمَ الرَّحِمِينَ

Bacaan Doa Sholat Hajat Latin 2

Laa ilaaha illallahul hakiimul kariimu subhaanallahi rabbil ‘arsyil ‘adzhiim. Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin asaluka muujibaati rahmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata min kulli birrin was-salaamata min kulli itsmin laa tada’ lii dzanban illa ghafartahu wa laa hamman illaa farrajtahu wa laa haajatan illaa hiya laka ridhon illaa qadhaytahaa yaa arhamar raahimiin.

Arti Doa Sholat Hajat 2

Tiada ada Tuhan selain Allah yang Maha Penyantun dan Pemurah. Maha Suci Allah Tuhan pemelihara arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. KepadaMu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmatMu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunanMu, dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaanMu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan yang paling Pengasih dan Penyayang.” (HR. Tirmidzi)

Manfaat Sholat Hajat

Berikut ini manfaat dan keutamaan sholat sunnah hajat.

Dicintai oleh Allah SWT

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata; Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam bersabda,

إِنَّ اللهَ تَعَالَـى قَالَ : مَنْ عَادَى لِـيْ وَلِيًّا فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالْـحَرْبِ ، وَمَا تَقَرَّبَ إِلَـيَّ عَبْدِيْ بِشَيْءٍ أَحَبَّ إِلَـيَّ مِمَّـا افْتَرَضْتُهُ عَلَيْهِ ، وَمَا يَزَالُ عَبْدِيْ يَتَقَرَّبُ إِلَـيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِيْ يَسْمَعُ بِهِ ، وَبَصَرَهُ الَّذِيْ يُبْصِرُ بِهِ ، وَيَدَهُ الَّتِيْ يَبْطِشُ بِهَا ، وَرِجْلَهُ الَّتِيْ يَمْشِيْ بِهَا ، وَإِنْ سَأَلَنِيْ لَأُعْطِيَنَّهُ ، وَلَئِنِ اسْتَعَاذَنِـيْ لَأُعِيْذَنَّهُ

Artinya: “Sesungguhnya Allah SWT berfirman, :’Barangsiapa memusuhi wali-Ku, sungguh Aku mengumumkan perang kepadanya. Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, Aku menjadi pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar, menjadi penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, menjadi tangannya yang ia gunakan untuk berbuat, dan menjadi kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia meminta kepada-Ku, Aku pasti memberinya. Dan jika ia meminta perlindungan kepadaku, Aku pasti melindunginya’.” (HR. al-Bukhari)

Dikabulkan hajat atau keinginannya

Barangsiapa meminta kepada Allah dengan banyak-banyak berdoa, bersujud dan berdzikir, InsyaAllah akan Allah kabulkan keinginannya. Sebagaimana Rasulullah bersabda yang artinya: “Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua raka’at dengan sempurna maka Allah akan memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat.” (HR. Ahmad)

Diangkat derajat dan diampuni dosanya

Sebagaimana Rasulullah bersabda:

عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ فَإِنَّكَ لاَ تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلاَّ رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً

Artinya: “Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat). Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu.” (HR. Muslim)

Mendapat kasih sayang Allah

Allah sangat mencintai hambanya yang merendahkan diri di hadapan-Nya, memohon ampunan dan meminta pertolongan hanya kepada-Nya.

Itulah ringkasan mengenai sholat hajat. Semoga dengan membaca tulisan “Doa Sholat Hajat, Niat, Dzikir dan Manfaatnya” ini bisa bermanfaat, menambah pengetahuan dan bisa diamalkan. InsyaAllah dengan rajin mengerjakan amalan-amalan sunnah, Allah akan lebih dekat dengan kita dan mencintai kita. Aamiin yaa robbal ‘aalamiin.

√ Doa Sholat Hajat, Niat, Dzikir dan Manfaatnya
5 (100%) 17 vote[s]