√ Amalan Dan Doa Untuk Anak Dalam Kandungan

Posted on

Amalan Dan Doa Untuk Anak Dalam Kandungan – Sudah semestinya orang tua terutama ibu agar selalu mendoakan anaknya sejak dalam kandungan, memohon segala kebaikan untuk anak juga kelancaran disaat proses persalinan. Banyak doa dan amalan yang bisa diamalkan sejak mengetahui jika hamil, berusaha untuk memberikan yang terbaik dan menyiapkan generasi rabbani tentunya berawal sejak dalam kandungan.

Untuk itu, perlu sekali menjaga diri juga membiasakan sesuatu yang baik dan mengamalkan serta tak hentinya berdoa agar Allah memberikan keturunan yang baik, shalih shalihah, berakhlakul karimah dan menjadi insan yang bertaqwa.

Amalan Dan Doa Untuk Anak Dalam Kandungan

Berikut ini ada beberapa amalan yang baik diamalkan khususnya bagi ibu hamil. Begitu juga dengan ayah dari anak tersebut atau suami juga harus mengamalkan dan terus berdoa untuk istri dan calon anaknya.

Kumpulan Doa Untuk Bayi Dalam Kandungan

Amalan Dan Doa Untuk Anak Dalam Kandungan

Membaca Surat Yusuf dan Surat Maryam

Lebih utama mengamalkan kebiasaan membaca ayat al-Quran secara menyeluruh, bisa dengan bertadarus sebisa dan sesempatnya, minimal setiap selesai sholat lima waktu. Jika ingin di khususkan, surat maryam dan yusuf bisa menjadi pilihan.

Loading...

Membaca 2 ayat terakhir surat al-Baqarah (ayat 285-286)

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Doa agar diberi keturunan yang shalih sebagai penyejuk hati

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya: “Ya Tuhan Kami, anugrahkanlah kepada Kami isteri-isteri Kami dan keturunan Kami sebagai penyenang hati (Kami), dan Jadikanlah Kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

Baca Juga:  √ Kumpulan Doa Haji Dan Umrah Lengkap Part 1

Doa agar anak keturunan tetap menjaga sholat sepanjang hidupnya

ﺭَﺏِّ ﺍﺟْﻌَﻠْﻨِﻲ ﻣُﻘِﻴﻢَ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓِ ﻭَﻣِﻦ ﺫُﺭِّﻳَّﺘِﻲ ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﻭَﺗَﻘَﺒَّﻞْ ﺩُﻋَﺎﺀ

Rabbij’alnii muqiimas sholaati wa-ming dzurriyyatii robbanaa wa taqabbal du’aa.

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku”.

Doa Suami Untuk Anak Dalam Kandungan Istrinya

Doa ini bisa diamalkan oleh ibu hamil dengan mengganti kalimat “fii batni zaujaty” dengan “Fii batniy“, jika fii batni zaujaty artinya di dalam perut istriku, ini untuk suami atau calon ayah dari anak yang dikandung, sedangkan jika ibu yang mengamalkan cukup didalam kandunganku yaitu “Fii batniy“.

Adapun cara mengamalkan doa ini, cukup dibaca sesering mungkin setiap kali selesai sholat atau saat berdoa, sejak mengandung sampai hendak melahirkan. Jangan pernah bosan mengamalkannya. Terutama saat menjelang 4 bulan anak dalam kandungan, karena pada saat itulah Allah memberi ruh kedalam janin.

اللَّهُمَّ احْفَظْ وَلَدِي مَادَامَ فِى بَطْنِ زَوْجَتِي وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِى لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لآيُغَادِرُ سَقَمًا. اللَّهُمَّ صَوِّرْهُ فِي بَطْنِ زَوْحَتِي صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ. اللَّهُمَّ أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِي وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا. اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا. اللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan Doa Dengan Tulisan Latin

Allahummahfadz walady maa daa-ma fii batni zaujaty, wasyfihi antas-syafii laa syifaa-a illa syifaa-uka syifaa-an laa yughadiru saqomaa. Allahumma shawwirhu fii batni zaujatyshuuratan-hasanataw watsabbit qalbahu iimaanan bika wabirasulika. Allahumma akhrijhu min batni zaujaty waqta wiladatihaa sahlan watasliimaa. Allahummaj’alhu shahiihan kaamilan wa ‘aaqilan haadziqan ‘aaliman ‘aamilan. Allahumma thawwil ‘umuurahu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqahu wafsih lisaanahu wa ahsin shautahu li qiraa-atil qur’anil ‘adziimi bibarakati muhammadin shallallahu ‘alaihi wasallam, walhamdulillahi rabbil ‘aalamiin.

Terjemahannya

Baca Juga:  √ Kewajiban Menutup Aurat Wanita Dalam Islam

Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku Dan sehatkanlah dia, karena sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang bisa meyehatkan. Tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit sedikitpun.

Ya Allah, Bentuklah dia di dalam perut istriku dengan bentuk yang bagus dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu.

Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat.

Ya Allah, Jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, yang berakal cerdas, yang alim dan mau mengamalkan ilmunya.

Ya Allah, Panjangkalah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskanlah akhlaqnya, fasihkanlah lisannya dan merdukanlah suaranya untuk membaca Al-Quran dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.

Itulah beberapa Amalan Dan Doa Untuk Anak Dalam Kandungan yang bisa diamalkan sejak mulai mengandung sampai hendak melahirkan. Diamalkan oleh ibu hamil dan suami atau calon ayah. Usahakan agar selalu optimis dan yakin terhadap Kekuasaan-Nya Allah Ta’ala. Agar diberi kemudahan dalam proses melahirkan, juga diberi keturunan yang shalih shalihah, menjadi penyejuk mata kedua orang tua dan menjadi generasi Rabbani. Aamiin yaa rabbal ‘aalamiin.

√ Amalan Dan Doa Untuk Anak Dalam Kandungan
5 (100%) 5 vote[s]