√ Hadits Tentang Sholawat Dan Keutamaan Membacanya

Posted on

Hadits Tentang Sholawat Dan Keutamaan Membacanya – Sebagai orang mukmin, tentu kita sudah tahu tentang keajaiban dari sholawat Nabi, juga dahsyatnya amalan tersebut jika kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun bacaan sholawat nabi yang umum dan cukup ringkas yaitu:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad.“

Adapun kumpulan bacaan sholawat bisa dilihat dalam artikel sebelumnya yaitu Kumpulan Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW Terlengkap.

Loading...

Hadits Tentang Sholawat Dan Keutamaan Membacanya

Sebelum kita mengetahui manfaat dan keutamaan dari sholawat itu sendiri, juga beberapa hadits yang menguatkan tentang keutamaannya yang luar biasa, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sih sebenarnya sholawat itu?

Pengertian Sholawat

Sholawat secara bahasa adalah “doa” yakni bentuk jamak dari kata “shalla“. Selain itu arti lainnya yakni berkah, rahmat. Sedangkan menurut istilah, sholawat berarti doa dan pujian untuk Nabi atau suatu amal yang berisikan permohonan doa kepada Allah agar Dia mencurahkan rahmat, keselamatan dan keberkahan untuk Nabi Muhammad SAW dan orang yang bershalawat itu akan memperoleh pahala di sisi Allah Ta’ala.

Menurut Ibnu Katsir, sholawat dari Allah artinya adalah pemberian rahmat dan kemuliaan. Jika dari malaikat, artinya adalah memohonkan ampunan (maghfirah). Dan jika dari umatnya artinya adalah doa agar beliau dilimpahi rahmat dan kemuliaan.

Imam Nawawi menjelaskan bahwa sholawat dari Allah berarti menambah kemuliaan. Ada juga sebagian ulama menjelaskan bahwa Allah bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW artinya Allah memujinya di hadapan para malaikat-Nya.

Baca Juga:  √ Macam-Macam Sabar Dan Keutamaannya Dalam Islam

Perintah Allah Untuk Bersholawat

Allah berfirman dalam surat al-Ahzab Ayat 56:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Hadits Tentang Sholawat Dan Keutamaannya

Berikut kumpulan hadits yang berkaitan dengan sholawat, anjuran bersholawat dan keutamaan membaca dan mengamalkan sholawat lengkap dengan tulisan arab dan terjemahnya.

Hadits Tentang Sholawat Dan Keutamaan Membacanya
Hadits Tentang Sholawat Dan Keutamaan Membacanya

Kumpulan Hadits Tentang Sholawat

Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW. bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: “Barangsiapa yang mengucapkan sholawat kepadaku satu kali, maka Allah mengucapkan sholawat kepadanya 10 kali.” (HR. Muslim no. 408)

Dari Anas bin Malik radhiyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطَيَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya: “Barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali, maka Allah bersholawat kepadanya 10 kali shalawat, dihapuskan darinya 10 kesalahan, dan ditinggikan baginya 10 derajat.” (HR. an-Nasa’i).

Dengan membaca sholawat, doa akan cepat di kabulkan.

كُلُّ دُعَاءٍ يُدْعَى اللَّهُ عَزَّ وَ جَلَّ بِهِ مَحْجُوبٌ عَنِ السَّمَاءِ حَتَّى يُصَلَّى عَلَى مُحَمَّدٍ

Artinya: “Semua doa itu terhalang, sampai dibacakan sholawat untuk Nabi Muhammad SAW.”

Dari Abu Ad-Darda radhiyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ حِينَ يُصْبِحُ عَشْرًا وَحِينَ يُمْسِي عَشْرًا أَدْرَكَتْهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Barangsiapa yang bersholawat kepadaku di pagi hari 10 kali dan di sore hari 10 kali, maka dia akan mendapatkan syafaatku pada hari kiamat.” (HR. at-Tabrani).

Baca Juga:  Inilah Keutamaan Sholawat Yang Sebenarnya

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

أَكْثِرُوا الصَّلاَةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَةَ الْجُمُعَةِ، فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: “Perbanyaklah kalian membaca shalawat kepadaku pada hari dan malam Jum’at, barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali.”(HR. al-Baihaqi)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْبَخِيلُ الَّذِى مَنْ ذُكِرْتُ عِنْدَهُ فَلَمْ يُصَلِّ عَلَىَّ

Artinya: “Orang yang disebut pelit adalah orang yang ketika disebut namaku di sisinya lalu ia tidak bershalawat untukku.” (HR. Tirmidzi)

مَنْ سَرَّهُ أنْ يُلْقِى اللهَ وَهُوَ عَلَيْهِ رَاضٍ فَلْيُكْثِرْ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ

Artinya: “Barangsiapa yang ingin merasa bahagia ketika berjumpa dengan Allah dan Allah ridho kepadanya, maka hendaknya ia banyak membaca shalawat kepadaku (Nabi).”

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

Artinya: “Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku.” (HR. Tirmidzi)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ قُبُورًا ، وَلاَ تَجْعَلُوا قَبْرِي عِيدًا ، وَصَلُّوا عَلَيَّ فَإِنَّ صَلاَتَكُمْ تَبْلُغُنِي حَيْثُ كُنْتُم

Artinya: “Janganlah kamu menjadikan rumah-rumahmu sebagai kuburan, dan janganlah kamu menjadikan kuburanku sebagai persidangan hari raya. Bershalawatlah kepadaku, karena sesungguhnya shalawatmu akan sampai kepadaku di mana saja kamu berada.” (HR. Al-Nasa’i)

Keutamaan Sholawat

Keutamaan, fadhilah dan manfaat sholawat untuk diri kita itu sangat banyak sekali, dari beberapa hadits diatas juga menunjukkan begitu besarnya pahala sholawat. Untuk lebih ringkasnya, berikut ini beberapa manfaat dan keutamaan kita membaca sholawat Nabi:

  1. Bersholawat itu perintah Allah, jika kita bersholawat berarti kita telah melaksanakan perintahnya. Adapun ayatnya ada dalam surat al-Ahzab ayat 56.
  2. Allah akan memberi sholawat kepada orang-orang yang bersholawat. Yakni berupa limpahan rahmat, kemuliaan dan kasih sayang Allah SWT.
  3. Allah akan hapuskan kesalahan dan mengangkat derajat orang-orang yang bersholawat.
  4. Akan cepat dikabulkan doanya, karena doa tidak akan terhalang jika diawali dengan membaca sholawat.
  5. Diberikan kebahagiaan saat berjumpa dengan Allah di hari kiamat.
  6. Akan mendapatkan syafaat di hari kiamat.
  7. Mendapatkan ampunan Allah dan mendapat keridhoan-Nya.
  8. Bersholawat adalah salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  9. Memperoleh limpahan pahala.
  10. Dipandang sebagai orang yang cinta kepada Nabi Muhamad SAW.
  11. Mendapatkan kebaikan dan Mendapatkan sholawat dari Nabi untuk yang membaca sholawat.
  12. Sama seperti memerdekakan sepuluh hamba sahaya yang dimerdekakannya karena Allah SWT.
  13. Mendapat keberkahan dan dijauhkan dari kefakiran.
  14. Akan memperoleh kedekatan dengan Nabi Muhamad SAW.
  15. Memudahkan masuk kedalam Surga.
Baca Juga:  √ 14 Amalan Yang Bisa Dilakukan Wanita Saat Haid & Nifas

Membaca sholawat diusahakan setiap hari, di pagi dan sore hari, disetiap hendak berdoa, karena supaya doa berhasil dan terkabul maka saat berdoa kita harus menggunakan adab dan tata cara yang tepat yaitu dimulai dengan memuji Allah SWT dan membaca shalawat, kemudian berdoa.

Semoga dengan membaca artikel mengenai Hadits Tentang Sholawat Dan Keutamaan Membacanya ini bisa menambah rasa cinta terhadap Nabi dengan membaca sholawat setiap hari. Karena dengan mengetahui keutamaannya, alangkah sayangnya jika waktu yang kita gunakan habis sia-sia. Maka jangan lupa untuk selalu beristighfar kepada Allah dan memperbanyak sholawat Nabi. Semoga hidup kita jadi lebih bermakna. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

√ Hadits Tentang Sholawat Dan Keutamaan Membacanya
5 (100%) 10 vote[s]