√ Doa Ketika Turun Hujan Dan Setelah Hujan

Posted on

Doa Ketika Turun Hujan Dan Setelah Hujan – Hujan merupakan rahmat dan anugerah dari Allah SWT. untuk semua makhluk ciptaan-Nya, baik tumbuhan, binatang, juga kita sebagai manusia, maka hendaknya setiap kali turun hujan dianjurkan untuk memperbanyak doa dan bersyukur kepada Allah SWT. Karena setiap tetesan air yang jatuh ke bumi adalah sumber penghidupan bagi semua makhluk di muka bumi.

Tidak sedikit orang yang mencela hujan, banyak yang menganggap hujan sebagai pengganggu aktivitas dan kendala dalam melakukan kegiatan. Tetapi bagi orang yang beriman, hujan merupakan suatu anugerah yang harus disyukuri, karena selain airnya yang sangat bermanfaat, ternyata saat hujan adalah saat terijabahnya doa jika kita berdoa. Sebagaimana dalam sabdanya Nabi:

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

Artinya: “Ada dua waktu doa yang tidak ditolak yaitu, doa ketika adzan dan ketika hujan turun.”(HR. Hakim)

Doa Ketika Turun Hujan Dan Setelah Hujan

 

Doa Ketika Turun Hujan

اللَّهُمَّ صَيِبًا نَافِعًا

Allahumma Shayyiban naafi’an

Loading...

Artinya: “Ya Allah semoga (hujan yang Engkau turunkan ini) lebat dan membawa manfaat.”

Doa Setelah Hujan

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ

Mutirnaa bifadhlillahi wa rahmatih

Artinya: “Kita diberi hujan karena keutamaan dan rahmatNya.”

Doa ketika melihat petir

سُبْحَانَ مَنْ يُرِيْكُمُ الْبَرْقَ خَوْفًا وَطَعَمًا

Subhana may yurikumul barqo khaufan wa thoma’a

Baca Juga:  √ Amalan Sunnah Ketika Hujan Turun

Artinya: “Maha suci Allah yang telah melihatkan pada kita semua pada petir dengan perasaan takut dan berharap.”

Doa Ketika Turun Hujan Dan Setelah Hujan
Doa Ketika Turun Hujan Dan Setelah Hujan

Doa ketika mendengar suara petir atau halilintar

سُبْحَانَ مَنْ يُسَبّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلآئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhana may yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaikatu min khifatih

Artinya: “Maha suci Allah, yang halilintar itu bertasbih dengan memuji kepadaNya demikian juga para malaikat karena takut kepadaNya.”

Doa saat ada angin kencang

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Allahumma inni as aluka khairaha wa khaira maa fiha wa khaira maa ursilat bihi wa a’udzubika min syarriha wa syarri maa fiihaa wa syarri maa ursilat bih

Artinya: “Ya Allah! aku memohon kepada-Mu kebaikannya (angin) dan kebaikannya apa yang ada padanya, dan kebaikan yang dibawanya dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang ada padanya dan kejahatan yang dibawanya (angin).”

Jika hujan turun menyebabkan kebanjiran atau musibah, jangan salahkan hujannya, tetapi koreksi diri, kesalahan-kesalahan yang sudah dilakukan, tidak menjaga lingkungan sehingga kotoran dan sampah menyumbat aliran air, tanaman atau pohon gundul, dan lain sebagainya.

Allah Ta’ala berfirman  dalam Qur’an surat Asy-Syuraa ayat 30:

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ

Artinya: “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).”

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah berkata: “Di antara akibat dari perbuatan dosa adalah menghilangkan nikmat dan akibat dosa itu sendiri adalah mendatangkan bencana (musibah). Oleh karena itu, hilangnya suatu nikmat dari seorang hamba adalah karena dosa. Begitu pula datangnya berbagai musibah juga disebabkan oleh dosa“.

Baca Juga:  Doa Awal Dan Akhir Tahun Hijriyah Beserta Artinya

Semoga kita semua sadar terhadap apa yang sudah kita perbuat, termasuk perbuatan maksiat dan dosa kita, maka segeralah bertaubat. Semoga tidak ada lagi musibah karena dosa-dosa kita sehingga air hujan yang datang itu benar-benar sebagai rahmat dari allah SWT. aamiin.

Demikian pembahasan tentang “Doa Ketika Turun Hujan Dan Setelah Hujan” semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca semua. Terimakasih 🙂

√ Doa Ketika Turun Hujan Dan Setelah Hujan
5 (100%) 4 votes