Kumpulan Hadits Tentang Tetangga Terlengkap

Posted on

Kumpulan Hadits Tentang Tetangga Terlengkap – Tetangga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan, dimuliakan dan dihormati. Dalam Islam, tetangga memiliki kedudukan tersendiri bahkan begitu pentingnya tetangga dalam kehidupan sehari-hari sehingga Islam mengatur hubungan bertetangga dengan sedetail mungkin. Dan kadar keimanan seseorang bisa terlihat dari caranya memperlakukan tetangga.

Dalam kesempatan ini, kita akan mengumpulkan beberapa hadits yang berkaitan dengan tetangga, baik itu sikap, cara menjaga dan berhubungan baik dengan tetangga sampai hal-hal kecil lainnya.

Kumpulan Hadits Tentang Tetangga Terlengkap

وَاللهِ لَا يُؤْمِنُ ، وَاللهِ لَا يُؤْمِنُ ، وَاللهِ لَا يُؤْمِنُ . قِيْلَ: وَ مَنْ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: الَّذِيْ لَا يَأْمَنُ جَارُهُ بَوَائِقَهُ

Artinya: “Demi Allah, tidak beriman, tidak beriman, tidak beriman. Ada yang bertanya: ‘Siapa itu wahai Rasulullah?’. Beliau menjawab: ‘Orang yang tetangganya tidak aman dari bawa’iq-nya (kejahatannya)‘” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah SAW. bersabda:

خَيْرُ اْلأَصْحَابِ عِنْدَ اللهِ خَيْرُهُمْ لِصَاحِبِهِ ، وَخَيْرُ الْـجِيْرَانِ عِنْدَ اللهِ خَيْرُهُمْ لِـجَارِهِ

Loading...

Artinya: “Sahabat yang paling baik di sisi Allah adalah yang paling baik sikapnya terhadap sahabatnya. Tetangga yang paling baik di sisi Allah adalah yang paling baik sikapnya terhadap tetangganya.” (HR. At Tirmidzi, Abu Daud, dinilai shahih oleh Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 103)

Seorang sahabat berkata:

يا رسول الله! إن فلانة تصلي الليل وتصوم النهار، وفي لسانها شيء تؤذي جيرانها. قال: لا خير فيها، هي في النار

Artinya: “Wahai Rasulullah, si Fulanah sering shalat malam dan puasa. Namun lisannya pernah menyakiti tetangganya. Rasulullah bersabda: ‘Tidak ada kebaikan padanya, ia di neraka‘ ” (HR. Al-Hakim dalam Al Mustadrak 7385, dinilai shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Adabil Mufrad 88)

Baca Juga:  20 Ayat Al-Qur'an Tentang Kematian Lengkap Beserta Terjemahannya

Dari Abu Musa, Rasulullah SAW bersabda:

لاَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ حَتَّى يَقْتُلَ الرَّجُلُ جَارَهُ وَأَخَاهُ وَأَبَاهُ

Artinya: “Hari kiamat tidak akan tiba, sehingga seseorang membunuh tetangganya, saudaranya, dan bapaknya.”

لَيْسَ الْـمُؤْمِنُ الَّذيْ يَشْبَعُ وَجَارُهُ جَائِعٌ إلَى جَنْبِهِ

Artinya: “Bukan orang yang beriman yang kenyang perutnya sedang tetangga sebelahnya kelaparan“. (HR. Al-Baihaqi)

إِذَا طَبَخْتَ مَرَقًا فَأَكْثِرْ مَاءَهُ ، ثُمَّ انْظُرْ أَهْلَ بَيْتٍ مِنْ جِيْرَانِكَ فَأَصِبْهُمْ مِنْهَا بِمَعْرُوْفٍ

Artinya: “Jika engkau memasak sayur, perbanyaklah kuahnya. Lalu lihatlah keluarga tetanggamu, berikanlah sebagiannya kepada mereka dengan cara yang baik.” (HR. Muslim )

مَا زَالَ جِبْرِيْلُ يُوْصِيْنِيْ بِالْـجَارِ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ سَيُوَرِّثُهُ

Artinya: “Jibril senantiasa menasehatiku tentang tetangga, hingga aku mengira bahwa tetangga itu akan mendapat bagian harta waris“.

Kumpulan Hadits Tentang Tetangga Terlengkap

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ لاَ يَأْمَنُ جَارَهُ بَوَائِقُهً

Artinya: “Tidak akan masuk surga orang yang tetangganya merasa tidak aman dari kejahatan-kejahatannya.” (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah, dia berkata:

قِيْلَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :يَا رَسُوْلُ اللهِ! إِنَّ فُلاَنَةً تَقُوْمُ اللَّيْلَ وَتَصُوْمُ النَّهَارَ، وَتَفْعَلُ، وَتَصَدَّقُ، وَتُؤْذِي جِيْرَانَهَا بِلِسَانِهَا؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لاَ خَيْرَ فِيْهَا، هِيَ مِنْ أَهْلِ النَّارِ. قَالُوا: وَفْلاَنَةً تُصَلِّى الْمَكْتُوْبَةَ وَتَصَدَّقَ بِأَثْوَارِ، وَلاَ تُؤْذشي أَحَدًا؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: هِيَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ

Artinya: “Dikatakan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, ‘Wahai Rasulullah! Sesungguhnya si fulanah shalat malam, puasa di siang hari, berbuat baik, bersedekah, tetapi menyakiti tetangga dengan lisannya?’ Kemudian Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Tidak ada kebaikan atas apa yang dikerjakannya, dan dia termasuk penghuni neraka.’ Para sahabat berkata, ‘Dan si fulanah shalat fardhu, bersedekah dengan sepotong keju, dan tidak menyakiti seseorang? Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Dia termasuk penghuni surga’.”

Baca Juga:  Bacaan Surat Al-kahfi ayat 1-10 Dan Keutamaannya Lengkap

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا طَبَخْتَ مَرَقَةً فَأَكْثِرْ مَاءَهَا وَتَعَاهَدْ جِيرَانَكَ

Artinya: “Wahai Abu Dzar, apabila kamu memasak sayur (daging kuah) maka perbanyaklah airnya dan berilah tetanggamu.” (HR. Muslim).

مِنْ سَعَادَةِ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ: اَلْمَسْكَنُ الْوَاسِعُ، وَالْجَارُ الصَّالِحُ، وَالْمَرْكَبُ الْهَنِىءُ

Artinya: “Sebagian dari kebahagiaan orang muslim adalah rumah yang luas, tetangga yang baik, dan kendaraan yang nyaman.” (Shahih liighoirihi dalam kitab As-shohihah)

Itulah beberapa Kumpulan Hadits Tentang Tetangga Terlengkap, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Salam ukhuwah 🙂

Kumpulan Hadits Tentang Tetangga Terlengkap
5 (100%) 3 votes