Macam-Macam Sujud Dan Penjelasannya

Posted on

Macam-Macam Sujud Dan Penjelasannya – Mungkin ada beberapa sahabat muslimah yang belum mengetahui tentang macam-macam sujud di dalam Islam, pada umumnya semua orang tahu sujud adanya di dalam sholat. Namun ternyata ada beberapa macam sujud yang di syariatkan dalam Islam.

Tujuan Allah SWT menciptakan kita ialah untuk bersujud kepada-Nya.  Sujud berarti menyembah Sang Pencipta. Sujud  bukan hanya sekedar membungkukkan punggung atau menyungkurkan dahi, melainkan pengakuan dalam hati bahwa diri kita ini bukan apa-apa tanpa Allah Ta’ala, kita adalah adalah makhluk atau hamba yang sangat lemah dan hina di hadapan Allah SWT, Dzat yang Maha Besar dan tiada terbatas kekuasaanNya.

Ada sujud yang wajib dalam setiap gerakan sholat, ada juga sujud sebagai tanda syukur atas segala nikmat yang diperoleh, sujud saat kita lupa hitungan, jumlah atau ada yang kita lupa dalam sholat, ada juga sujud yang disunnahkan saat mendengar atau membaca ayat-ayat sajdah. Berikut penjelasannya.

Macam-Macam Sujud Dan Penjelasannya

Dalam Islam ada beberapa macam sujud yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan, adapun macam-macam sujud diantaranya:

  • Sujud didalam shalat (sujud biasa)

Sujud dalam shalat termasuk kedalam rukun shalat. Sujud ini dilakukan dua kali dalam satu rakaat. Adapun bacaan doa dalam sujud ini yaitu:

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

Loading...

Subhaana rabbiyal a’laa wa bihamdih (3 kali)

Artinya: “Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi dan dengan memuji-Nya.”

  • Sujud Sahwi

Sujud ini dilakukan karena seseorang lupa atau ragu-ragu di dalam melaksanakan shalatnya, sehingga terjadi kekurangan, kelebihan atau adanya keragu-raguan. Sujud ini dilakukan 2 kali  sebelum salam. Hukumnya sunnah muakkad.

Baca Juga:  Doa Sujud Syukur, Sujud Tilawah Dan Tata Caranya

Rasulullah SAW bersabda tentang syujud sahwi yang artinya : “Apabila seseorang diantara kamu ragu dalam shalat , apakah ia sudah mengerjakan tiga atau empat rakaat, maka hendaklah dihilangkan keraguan itu dan teruskan shalatnya menurut yang diyakini kemudian hendaklah sujud dua kali sebelum salam“. ( HR.Ahmad dan Muslim )

Macam-Macam Sujud Dan Penjelasannya

Sebab-sebab melakukan sujud sahwi diantaranya:

  • Lupa duduk tasyahud awal atau tidak membaca tasyahud awal.
  • Ragu-ragu dengan bilangan rakaat.
  • Kelebihan atau kekurangan rakaat, rukuk atau sujud karena lupa.
  • Lupa membaca doa qunut dalam shalat Subuh, bagi golongan yang berpendapat bahwa qunut adalah sunnah.

Adapun bacaan doanya yaitu:

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

Subhaana man laa yanaamu wa laa yashuu

Artinya: “Maha Suci Allah Dzat yang tidak tidur dan Dzat yang tidak lupa“.

  • Sujud Syukur

Yakni sujud yang dikerjakan karena mendapatkan kenikmatan dari Allah SWT, selamat dari suatu bencana, terhindar dari musibah, mendapatkan kebahagiaan yang tak terhingga sehingga sujud syukur ini merupakan salah satu bentuk rasa terimakasih kepada Allah SWT. Adapun bacaan doanya yaitu:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلَاإِلٰهَ إِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَةَإِلَابِااللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْم

Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha-illallaahu wallahu akbar, wa-laa haula wa-laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘adziim.

Artinya: “Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar dan tiada kekuatan serta daya upaya kecuali atas izin Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung“.

  • Sujud Tilawah

Sujud yang dilakukan jika mendengar atau membaca ayat-ayat sajdah di dalam al-Qur’an, bisa dilakukakan baik didalam sholat maupun diluar sholat. Menurut Imam Syafi’i sujud tilawah di luar shalat diawali dengan takbiratul ihram, sujud dengan membaca doa, duduk, dan diakhiri dengan salam. Hukum sujud ini adalah sunnah.

Baca Juga:  Inilah Adab Ziarah Kubur Sesuai Syariat Islam

Adapun bacaan doanya yaitu:

سَجَدَوَجْهِيْ لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الخَالِقِيْنَ

Sajada wajhii lilladzii khalaqahu wa shawwarahu, wa syaqqo sam’ahu wa basharahu, bihaulihi wa quwwatihi fatabaarakallaahu ahsanul khaaliqiin.

Artinya: “Aku sujudkan wajahku ini kepada yang menciptanya dan membentuk rupanya dan yang membuka pendengarannya dan pengelihatannya. Maha Suci Allah sebaik-baik Pencipta.”

Itulah Macam-Macam Sujud Dan Penjelasannya yang disyariatkan dalam Islam. Semoga kita bisa melaksanakan sujud syukur setiap kali mendapatkan pertolongan Allah atau mendapatkan suatu kebahagiaan dan kenikmatan. Sujud dalam sholat selalu kita laksanakan karena itu bagian dari rukun sholat, akan tetapi masih banyak juga teman-teman yang mungkin belum mengetahui sujud sahwi dan tata cara melaksanakannya.

Seringnya kita lalai dalam sholat, karena kurang khusu’ sehingga ragu atau lupa sudah berapa jumlah rokaatnya, tadi baca tasyahud awal ga ya, lupa baca qunut dan ingat sebelum salam, maka lakukan setelah membaca doa tasyahud akhir, dua kali sujud lalu salam.

Semoga dengan bertambahnya pengetahuan, kita bisa mengamalkannya di saat2 harus melakukannya. Semoga bermanfaat dan salam ukhuwah 🙂

Macam-Macam Sujud Dan Penjelasannya
5 (100%) 1 vote