Bacaan Doa Ulang Tahun Lengkap (Arab, Latin Dan Artinya)

Posted on

Bacaan Doa Ulang Tahun Lengkap (Arab, Latin Dan Artinya) – Sebelumnya kita bahas sedikit mengenai ulang tahun dalam Islam. Bagaimana hukum merayakan ulang tahun dalam Islam bisa dibaca pada postingan sebelumnya. Memang banyak kontroversi di kalangan Ulama terkait perayaan ini. Yang jelas, apapun yang bisa mendekatkan diri kita kepada Allah, yang didalamnya banyak manfaatnya tidak apa-apa, dan tidak mengikuti kebiasaan orang-orang Yahudi atau Nasrani.

Bagaimana sebaiknya jika kita ulang tahun, atau sanak saudara kita ulang tahun?

Boleh kite mengumpulkan orang-orang sholeh untuk berkumpul, bersilaturahmi dengan cara berdoa bersama, istighotsah, membaca al-Qur’an, bersholawat, bersedekah, lebih baik lagi jika kita yang berulang tahun, kita berpuasa di hari itu sebagai bentuk syukur kepada Allah karena telah memberi usia sampai di usia ini.

Jauhkan perayaan yang mendekatkan kemurkaan Allah seperti party, mengumpulkan orang-orang untuk bersenang-senang, berjoget, bernyanyi, meniup api atau lilin.

Bacaan Doa Ulang Tahun Lengkap (Arab, Latin Dan Artinya)

Dengan bertambahnya waktu, seharusnya kita semakin lebih baik lagi dalam hal mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semakin takut jika sisa waktu hanya digunakan dengan sia-sia, semakin bertambah keimanan sehingga bekal hidup ini cukup untuk menyelamatkan kita nanti di alam kubur dan di akhirat.

Adapun bacaan doa ini bisa dibaca dan dipanjatkan ketika hari kelahiran.

Loading...

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma thawwil ‘umuurona wa shohhih ajsaadanaa wa nawwir quluubana wa tsabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa wawasi’ arzaqonaa wa ilal khairi qarribna wa’anissyarri ab’idnaa waqdhi hawaaijanaa fiddiini waddunyaa wal aakhiroti innaka ‘alaa kulli syai in qadiir.

Baca Juga:  Doa Khatam Qur'an Arab, Latin dan Terjemahnya Lengkap

Artinya: “Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah tubuh kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Bacaan Doa Ulang Tahun Lengkap (Arab, Latin Dan Artinya)

Jika berdoa khusus untuk diri sendiri maka dhamir nahnu (kami) diganti menjadi dhamir ana (saya):

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمْرِى وَصَحِّحْ جَسَدِى وَنَوِّرْ قَلْبِى وَثَبِّتْ إِيْمَانِى وَأَحْسِنْ أَعْمَالِى وَوَسِّعْ رِزْقِى وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبِى وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنِىْ وَاقْضِ حَوَائِجِى فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma thawwil ‘umrii wa shohhih jasadii wa nawwir qolbii wa tsabbit iimaanii wa ahsin a’maalii wawasi’ rizqii wa ilal khairi qarribii wa’anissyarri ab’idnii waqdhi hawaaijii fiddiini waddunyaa wal aakhiroti innaka ‘alaa kulli syai in qadiir

Artinya: “Ya Allah! Panjangkanlah umur ku, sehatkanlah tubuh ku, terangilah hati ku, tetapkanlah iman ku, baikkanlah amalan-amalanku, luaskanlah rezeki ku, dekatkanlah aku pada kebaikan dan jauhkanlah aku dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan ku dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Selain itu kita juga bisa berdoa dengan menggunakan bahasa kita sendiri, mintalah agar Allah memberikan panjang umur yang berkah, rezeki yang melimpah untuk bekal ibadah, diberi kesehatan, kenikmatan dalam beribadah, kemudahan dalam menyelesaikan masalah dan kemudahan dalam menuntut ilmu, kebahagiaan dan selalu dalam perlindungan Allah SWT.

Itulah Bacaan Doa Ulang Tahun Lengkap (Arab, Latin Dan Artinya) secara singkat dan sederhana. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk meminta kepada Allah agar kita diselamatkan dari segala ancaman dan hal-hal buruk selama di dunia dan akhirat. Salam ukhuwah 🙂

Baca Juga:  Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud
Bacaan Doa Ulang Tahun Lengkap (Arab, Latin Dan Artinya)
5 (100%) 2 votes