4 Amalan Sunnah Sebelum Tidur Dalam Islam

Posted on

4 Amalan Sunnah Sebelum Tidur Dalam Islam – Sahabat muslimah, pasti kita sebagai seorang muslimah selalu berusaha menjalankan segala aktivitas sehari-hari tidak terlepas dari sunnah dan ajaran Islam, apapun itu. Termasuk hal yang akan dibahas kali ini, yakni sunnah atau adab sebelum tidur.

Belajar untuk terus memperbaiki diri adalah tugas kita, kita tidak akan pernah tahu kapan kita akan kembali menghadap-Nya. Jadi, pastikan kita selalu dalam keadaan husnul khotimah, selalu mengingat Allah, apa yang kita lakukan sebelum kita dipanggil hendaknya sesuatu yang baik, kita membiasakan sesuatu yang baik, insyaAllah ketika kita dipanggil pun dalam keadaan baik.

Nah untuk itu, yuk kita belajar membiasakan diri untuk melakukan hal-hal baik yang diajarkan Rasulullah menjelang tidur. Apa saja sunnah-sunnah sebelum tidur yang dianjurkan? berikut jawaban lengkapnya.

4 Amalan Sunnah Sebelum Tidur Dalam Islam

Segala aturan yang ada di dalam Islam tentu tidak ada yang sia-sia, semua sudah pasti ada manfaatnya. Hanya orang yang beriman yang bisa merasakan nikmatnya dari mengikuti segala anjuran dan perintah-Nya. Termasuk dalam hal tidur.

آداب النوم: يتطهر قبل النوم، و ينام على يمينه، ويذكرالله عز وجل حتى يأخذه النوم، ويدعو إذا استيقظ، ويحمد الله تعالى

Artinya: “Adab tidur, yakni: bersuci sebelum tidur, tidur di atas sisi kanan, berdzikir kepada Allah ‘azza wajalla hingga tidur, berdoa ketika bangun dan memuji Allah Ta’ala.”

Baca Juga:  5 Waktu Tidur Yang Dilarang Dalam Islam Dan Wajib Diketahui
Loading...

Berikut beberapa amalan yang dilakukan sebelum tidur dan sangat dianjurkan.

1. Bersuci Sebelum Tidur

Jika hendak tidur, maka berwudhulah seperti wudhunya sholat.

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ

Artinya: “Apabila engkau hendak tidur, berwudhulah sebagaimana wudhu ketika hendak shalat.”

2. Tidur pada sisi sebelah kanan

Artinya adalah jika seseorang berbaring hendaknya miring ke kanan karena itu yang dilakukan Rasulullah SAW. Hal ini juga sesuai dengan anjuran para dokter supaya tidur miring sehingga gravitasi bisa terjaga untuk menjaga isi perut. Posisi miring menghadap ke kanan bisa melindungi jantung agar tidak tertindih atau tertekan oleh organ lainnya, juga bisa  membantu mengoptimalkan otak kiri untuk beristirahat. Namun bagi yang memiliki gangguan asam lambung yang parah, posisi miring ke kiri dimungkinkan lebih baik.

4 Amalan Sunnah Sebelum Tidur Dalam Islam

3. Berdzikir dan berdoa kepada Allah

Selalu mengingat Allah kapanpun, dimanapun dan tidak ada batasan waktu. Termasuk ketika hendak mengistirahatkan tubuh, harus dalam keadaan suci dari hadats besar dan kecil, juga lisan dan hati selalu mengingat Allah dengan dzikir dan doa. Karena dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenang, tentram dan jika terjadi musibah yang tidak diinginkan atau wafat secara tiba-tiba, insyaAllah kita selalu dalam naungan Allah SWT. Allah berfirman dalam surat Ar-Ra’d ayat 28:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”

Adapun dzikir yang biasa dibaca sebelum tidur diantaranya: surat al-Ikhlas 3x, al-Falaq 3x, an-Naas 3x, ayat kursi 3x, ayat terakhir surat al-baqarah, membaca istighfar, tasbih, sholawat, dan berdoa. Inilah bacaan doa pendek yang dibaca ketika hendak tidur.

Baca Juga:  Teks Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri Dan Idul Adha Lengkap

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut Nama-Mu aku mati.”

4. Berdoa ketika bangun dari tidur

Artinya kita harus bersyukur masih diberikan kesempatan menghirup udara segar, masih diselamatkan oleh Allah dan dijaga oleh Allah selama kita tidur. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُُ

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada Allah kami akan dibangkitkan.”

Itulah 4 Amalan Sunnah Sebelum Tidur Dalam Islam yang sangat dianjurkan agar kita mendapatkan kebaikan daripadanya. InsyaAllah jika sudah menjadi kebiasaan dan menjadi rutinitas, maka kita tidak akan sulit melakukannya. Karena kita tidak tahu kapan ajal tiba, maka takutlah kepada Allah dengan cara melakukan hal-hal tersebut. InsyaAllah jika kita diambil dalam keadaan tersebut, kita termasuk dalam keadaan husnul khatimah. Aamiin.

4 Amalan Sunnah Sebelum Tidur Dalam Islam
5 (100%) 1 vote