Wajib Tahu! Inilah Pentingnya Agama Bagi Manusia

Posted on

Wajib Tahu! Inilah Pentingnya Agama Bagi Manusia – Sahabat Muslimah, Agama itu adalah dasar dalam kehidupan. Karena dengan pengetahuan keagamaan yang di miliki, maka anak-anak khususnya para remaja, akan bisa memilah-milah mana jalan pergaulan, pendidikan, maupun pengetahuan yang bakal membuat dirinya menjadi lebih baik.

Nah Sahabat, berikut ini penjelasan tentang pentingnya agama bagi manusia. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Wajib Tahu! Inilah Pentingnya Agama Bagi Manusia

Agama sangatlah penting dalam kehidupan manusia. Demikian pentingnya agama dalam kehidupan manusia, sehingga diakui atau tidak sesungguhnya manusia sangatlah membutuhkan agama dan sangat dibutuhkan oleh manusia. Tidak saja di massa premitif dulu sewaktu ilmu pengetahuan belum berkembang tetapi juga di zaman modern seperti sekarang bahkan zaman yang akan datang.

Agama di ibaratkan pemandu, maka fungsinya untuk memandu umat manusia ke arah yang benar dengannya manusia akan mengenal dan mengetahui Tuhannya serta tahu akan hakikat kehidupan. Saat ini anak-anak kita sudah sangat memprihatinkan, mulai dari prilaku yang kurang baik, pergaulan yang begitu bebas, itu semua karena mereka tidak punya berkal agama yang cukup.

Peran orang tua sangat penting dalam urusan agama ini, artinya orangtua tidak hanya merawat dan membesarkan anak saja tapi jauh lebih penting setelah itu yaitu menjaga serta mengawsi kegiatan anak setiap hari selanjutnya bekali anak-anak kita denga ilmu penegetahua agama.

Baca Juga:  Nama Hari-Hari Besar Dalam Islam Dan Penjelasannya

Agama itu adalah dasar dalam kehidupan. Karena dengan pengetahuan keagamaan yang di miliki, maka anak-anak khususnya para remaja, akan bisa memilah-milah mana jalan pergaulan, pendidikan, maupun pengetahuan yang bakal membuat dirinya menjadi lebih baik. Berikut ini sebagian dari sangat pentingnya agama dalam kehidupan manusia.

Loading...

Kenapa Agama Sangat Penting Bagi Manusia

Isi dari agama adalah kebaikan dan kemanfaatan yang luar biasa bagi kehidupan seseorang. Dengannya seseorang akan mengetahui dan mengenal hal-hal yang baik dan bermanfaat. Dengannya Kita akan menjaga diri dan menjauhkan diri dari hal-hal yang dilarang norma masyarakat atau pun Tuhan.

Mengenalkan Sang Pencipta

Melalui agama, seseorang akan mengenal dan mengetahui Tuhan. Karena orang yang beragama akan meyakini bahwa Tuhan itu ada. Yakni dengan cara melihat ciptaan Tuhan yang begitu luar biasa dan dengan memperhatikan ciptaa-Nya maka hati kita akan menyakini dengan kebesaran Tuhan. Ceritakan pula kisah-kisah inspiratif yang berhubungan dengan Ketuhanan Terangkan, bahwa apa yang ada di bumi, yang ada di sekitar dan semua hal lainnya adalah ciptaan Tuhan.

Misalnya, adanya bumi, adanya langit, manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan, angin, air, gunung, lautan. Dan lain sebagainya itu semua menunjukan keberadaan dan kebesaran Tuhan.

Merupakan Sumber Moral

Yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah moral, Akhlak inilah yang akan mengangkat derajat dan kemulian manusia. Tanpa moral maka manusia tak ubahnya seperti binatang.

Manusia tanpa moral maka dia akan lebih brutal lebih, lebih jahat, lebih buas daripada binatang buas dan jauh lebih berbahaya dari pada binatang yang berbahaya. Tatanan kehidupan akan kacau balau, bukan saja dirinya yang rusak tapi juga bisa merusak kehidupan masyarakat bahkan bangsa dan Negara juga akan ikut rusak pula. Karena orang yang tidak punya moral tidak mengenal halal dan haram, baik dan buruk. Kalau halal haram tidak lagi dipedulikan dan dihiraukan. Ini namanya sudah maehiavellisme.

Baca Juga:  Bacaan dan Doa Sujud Syukur Serta Tata Cara Pelaksanaannya

Machiavellisme adalah doktrin machiavelli yaitu “tujuan menghalalkan segala cara” ini semua akan menghancurkan tatanan kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara.

Merupakan Petunjuk Kebenaran

Kebenaran merupakan sesuatu yang sangat harus dicari dan diungkap walaupun terkadang untuk menemukannya harus berhadapan dengan kesulitan dan rintangan serta pengorbanan. Inilah kebenaran yang selalu dicari seluruh manusia sejak zaman dulu sampai zaman sekarang dan yang akan datang.

Karena kebenaran itu merupakan urusan hati dan keyakinan maka ini menjadi masalah dan tanda Tanya besar bagi orang-orang yang mencarinya. Dimanakah kebenaran itu? Bagaimana cara memperolehnya?. Sekali lagi hanya agama yang dapat memberi petunjuk bagaimana cara memperoleh kebenaran tersebut. Hanya dengan ilmu dan pengetahuan agama yang mendalam maka seseorang akan menemukan kebenaran yang sesungguhnya.

Para filosof dengan filsafatnya juga sedang mencari kebenaran walaupun kebenaran yang ditemukannya hanya bersifat nisbi artinya bukan kebenaran yang sesungguhnya. Karena kebenaran yang sesungguhnya ialah kebenaran yang sifatnya mutlak dan universal, yaitu kebenaran yang sungguh-sungguh benar, absolut dan berlaku untuk semua orang.

Dapat Membentuk Karakter Seseorang

Dengan pengetahuan agama yang cukup, sadar atau tidak hal ini akan membentuk karakter seseorang di masa depan. Seorang yang dengan ilmu pengetahuan agamanya yang mendalam maka dia akan bisa memahami dirinya dan hakikat kehidupan yang sebenarnya.

Oleh karena itu orang yang mempunyai ilmu agama yang cukup membuatnya tidak gampang terpengaruh oleh hal-hal yang tidak baik atau negative yang ada disekitar lingkungannya. Dengan ilmu agama harapan untuk menjadikan anak-anak kita anak yang baik, sholeh dan berprilaku serta berbudi pekerti yang luhur akan sangat mudah mewujudkannya.

Bagaimana dan seperti apa karakter seseorang, pada dasarnya ini tergantung dari bagaimana ia dibentuk di keluarganya, sekolah maupun lingkungannya. Agama sangat penting dalam menuntun perjalanan hidup baik di dunia maupun ai akhirat kelak.

Baca Juga:  15 Macam Siksaan Bagi Orang Yang Meninggalkan Sholat

Demikian ulasan tentangĀ Wajib Tahu! Inilah Pentingnya Agama Bagi Manusia. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

5 (100%) 2 votes