Inilah Keistimewaan Anak Perempuan Dalam Islam

Posted on

Inilah Keistimewaan Anak Perempuan Dalam Islam – Assalamu’alaikum sahabat Muslimah…Kali ini kita akan membahas tentang seputar wanita. Begitu mulianya wanita, begitu istimewanya sehingga Islam begitu memperhatikannya dan Allah sangat memuliakan dan mengangkat derajat wanita. Keistimewaan wanita secara menyeluruh sudah di bahas pada postingan sebelumnya. Dan pembahasan ini sedikit berbeda, yakni berbicara soal anak perempuan dan keutamaan memiliki anak perempuan.

Kabar gembira bagi orang tua yang memiliki anak perempuan. Jika mampu memberikan nafkah dengan baik, merawatnya degan tulus, mendidik dan bersabar atasnya maka banyak sekali pahala yang diperoleh orang tua.

Nah berikut ini akan kita bahas secara ringkas beserta dalilnya.

Keistimewaan Anak Perempuan Dalam Islam

Memuliakan anak perempuan dalam hal ini bukan hanya memanjakannya, tetapi memperlakukan dengan baik, memberikan pendidikan, menanamkan akhlak mulia, mengajarkan agama, menjadikan anaknya sholehah, menjaganya dari kemaksiatan, melindungi dan bersabar dalam mendidiknya. Berikut penjabaran dari keistimewaan memiliki anak perempuan dalam Islam.

Penghalang dari api neraka

Aisyah r.a. berkata bahwa Nabi SAW. bersabda:

مَنِ ابْتُلِيَ مِنَ الْبَنَاتِ بِشَيْءٍ، فَأَحْسَنَ إِلَيْهِنَّ، كُنَّ لَهُ سِتْرًا مِنَ النَّارِ

Loading...

Artinya: “Barangsiapa yang diuji dengan anak-anak perempuan, kemudian ia berbuat baik kepada mereka, maka mereka akan menjadi penghalang baginya dari siksa api neraka“. (HR. Bukhari dan Muslim)

‘Uqbah bin ‘Amir r.a. pernah mendengar Rasulullah SAW. bersabda:

مَنْ كَانَ لَهُ ثَلاَثُ بَنَاتٍ، فَصَبَرَ عَلَيْهِنَّ، وَأَطْعَمَهُنَّ، وَسَقَاهُنَّ، وَكَسَاهُنَّ مِنْ جِدَتِهِ، كُنَّ لَهُ حِجَابًا مِنَ النَّارِ يَوْمَ القِيَامَةِ

Artinya: “Barangsiapa yang memiliki tiga orang anak perempuan, lalu dia bersabar atas mereka, memberi mereka makan, minum, dan pakaian dari hartanya, maka mereka menjadi penghalang baginya dari api neraka kelak pada hari kiamat“. (Dikatakan oleh asy-Syaikh al-Albani dalam Shahih al-Adabil Mufrad no. 56: “Shahih”)

Baca Juga:  100 Cara Membahagiakan Istri Tercinta

Sangat dekat dengan Rasulullah pada hari kiamat

مَنْ عَالَ جَارِيَتَيْنِ حَتَّى تَبْلُغَا جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنَا وَهُوَ -وَضَمَّ أَصَابِعَهُ

Artinya: “Barangsiapa yang menanggung nafkah dua anak perempuan sampai baligh, maka pada hari kiamat, antara saya dan dia seperti ini. Beliau menggabungkan jari-jarinya. (Mengisyaratkan bahwa jaraknya sangat dekat)”. (HR. Muslim)

Inilah Keistimewaan Anak Perempuan Dalam Islam

Dimudahkan jalan menuju Surga

Dari Jabir bin Abdillah r.a. mengatakan, Rasulullah SAW. bersabda:

مَنْ كَانَ لَهُ ثَلاَثَ بَنَاتٍ، يُؤْوِيْهِنَّ، وَيَكْفِيْهِنَّ، وَيَرْحَمُهُنَّ، فَقَدْ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ الْبَتَّةَ. فَقَالَ رَجُلٌ مِنْ بَعْضِ القَوْمِ: وَثِنْتَيْنِ، يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: وَثِنْتَيْنِ

Artinya: “Barangsiapa yang memiliki tiga orang anak perempuan yang dia jaga, dia cukupi dan dia beri mereka kasih sayang, maka pasti baginya surga.” Seseorang pun bertanya, “Dua juga, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Dan dua juga.” (Dikatakan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Al-Adabil Mufrad no. 58: “Hasan”)

Abdullah bin ‘Abbas r.a. juga meriwayatkan dari beliau:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ تُدْرِكُهُ ابْنَتَانِ، فَيُحْسِنُ صُحْبَتَهُمَّا، إِلاَّ أَدْخَلَتَاهُ الْجَنَّةَ

Artinya: “Tidaklah seorang muslim yang memiliki dua anak perempuan yang telah dewasa, lalu dia berbuat baik pada keduanya, kecuali mereka berdua akan memasukkannya ke dalam surga.” (Dikatakan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Al-Adabil Mufrad no. 57: “Hasan lighairihi”)

Mengapa anak perempuan sangat dimuliakan? Karena anak perempuan akan menjadi seorang ibu, dimana ia harus melahirkan generasi yang berakhlak, beriman dan bertaqwa. Karena kecil kemungkinan seorang anak shalih dan shalihah terlahir dari rahim yang tidak terjaga dari perbuatan dosa. Anak yang shalih shalihah besar kemungkinan terlahir dari rahim seorang ibu yang menjaga kehormatan dirinya.

Sahabat Muslimah, berbahagialah jika kita diberi karunia dan amanah anak perempuan, dan berbahagialah kita menjadi seorang anak perempuan yang semoga bisa menjadi pelindung orang tua kita tercinta dari siksa api neraka dan menjadi penolong mereka di hari akhir, semoga ayah ibu kita yang telah mendidik, membesarkan kita dengan penuh cinta, menjaga kita dengan segenap jiwa raga, merawat kita tanpa meminta balasan, memberi tanpa perhitungan, juga menanamkan aqidah dan adab sebagai penambah dan penguat keimanan, serta doanya yang tulus tiada henti untuk kita semoga Allah balas dengan balasan yang pantas yakni SURGA.

Baca Juga:  Tunjukkan 10 Sikap Baik Ini Di Depan Anak

Semoga Pembahasan Tentang Keistimewaan Anak Perempuan Dalam Islam ini dapat menambah semangat kita untuk menjadi anak yang lebih baik untuk kedua orang tua kita dan menjadi orang tua yang bisa mengantarkan anaknya menjadi anak yang shalih shalihah karena kunci surga yang diperoleh jika semuanya bisa dijalankan sesuai syariat Islam. Terus belajar untuk memantaskan diri sebagai orang tua yang bertanggung jawab terhadap putrinya, menjaganya dengan lebih berhati-hati, tanamkan agama sebagai pondasi yang kuat. Semoga Allah memudahkan kita dalam menjaga dan mendidik anak-anak kita serta memberikan kesabaran lebih atas segala ujian yang ada karenanya. Salam ukhuwah 🙂

5 (100%) 1 vote