Inilah 8 Keutamaan Orang Tua Dalam Islam

Posted on

Inilah 8 Keutamaan Orang Tua Dalam Islam – Sahabat Muslimah, kita semua pasti memiliki cinta dan kasih yang begitu besar dan tulus untuk ayah ibu kita, yang telah merawat, membesarkan, mendidik, menyayangi tanpa kepalsuan, mengasihi tanpa meminta balasan, yang begitu ikhlas menjaga kita sejak terlahir ke dunia sampai dewasa. Merekalah perantara kita bisa melihat dunia, mengenal agama, dari mereka pula kita belajar banyak hal. Sehingga sangat pantas jika Allah meletakkan keridhoan-Nya pada keridhoan orang tua.

Untuk itulah mengapa kita diwajibkan berbakti kepada keduanya, tunduk dan menghormatinya, dilarang keras menyakiti hati keduanya, bahkan jika mereka meminta tolong dan kita sampai mengucap kata “chh,ah” saja dilarang apalagi sampai dengan perbuatan dan perkataan yang menyakiti hatinya.

Sebagai seorang muslim yang beriman, tentunya kita tidak ingin melewati amal baik ini, yakni menyayangi keduanya seperti mereka yang telah memberikan segalanya untuk hidup kita.

Orang tua dalam Islam ditempatkan pada tempat yang mulia, keistimewaannya sungguh luar biasa. Begitu luar biasanya sehingga kita bisa mencapai cita-cita untuk bahagia dunia dan akhirat karena jalan memuliakannya.

Keutamaan Orang Tua Dalam Islam

Inilah keutamaan orang tua dalam Islam yang harus kita ketahui.

Baca Juga:  10 Ketentuan Syarat Sah Menjadi Imam

Ridho dan murkanya Allah tergantung pada ridhonya orang tua.

Sebagaimana sabda nabi SAW.

Loading...

رِضَى اللهُ فِى رِضَى الوَالِدَيْنِ، وَسُخْطُ اللهِ فِى سُخْطِ اْلوَالِدَيْنِ

Artinya: “Keridhoan Allah itu di dalam keridhoan orang tua dan kemarahan Allah itu di dalam kemarahan kedua orang tua“.  (HR. al-Tirmidzi)

Itulah kenapa anak harus berbakti pada orang tua. Begitulah cara Allah memuliakan keduanya. Maka raihlah ridho keduanya karena didalamnya ada keridhoan Allah, begitupun murka Allah terletak pada murkanya orang tua.

Sebagai jembatan surga untuk anak-anaknya.

Anak yang berbakti kepada kedua orang tua baik orang tua yang masih ada ataupun yang telah tiada, berbakti dan berbuat baik kepada keduanya tidak terbatas waktu, selama anak masih hidup maka selama itu pula anak berbakti kepada keduanya. Maka surga untuk anak-anaknya jika berbakti kepada keduanya, dan anak yang durhaka tidak akan masuk surga.

Mendapat pertolongan Allah karena doanya anak yang sholeh.

Ada tiga amal yang tidak akan putus dan terus mengalir meskipun sudah mati. Dan salah satunya adalah memiliki anak yang sholeh. Anak yang sholeh akan mendoakan orang tuanya dan doanya anak yang sholeh akan cepat diijabah oleh Allah dan menjadi pahala yang besar bagi keduanya kelak di akhirat.

Jalan masuk surga

Dalam sebuah hadits, nabi SAW. bersabda yang artinya: “Siapa yang memiliki anak perempuan, dia tidak membunuhnya dengan dikubur hidup-hidup, tidak menghinanya dan tidak lebih mengutamakan anak laki-laki, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga“. (HR Abu Daud). Menjadi orang tua adalah hal yang paling membahagiakan karena perjuangan dan pengorbanan orang tua yang sesuai syariat Islam maka baginya Surga.

Baca Juga:  Inilah 20 Fungsi Agama Dalam Kehidupan manusia

Dianggap sebagai jihad fii sabilillah.

Orang tua yang bertanggung jawab  terhadap amanah yang diberikan Allah (anak) dengan baik dan sesuai perintahnya, maka perjuangan dan pengorbanan yangn dilakukan sama halnya dengan jihad.

Keutamaan Orang Tua Dalam Islam

Doanya orang tua untuk anaknya sangat mustajab.

Inilah salah satu keutamaan menjadi orang tua. Doanya didengar oleh Allah, begitu mustajab terlebih doanya seorang ibu untuk anaknya. Itulah kenapa dilarangnya orang tua berdoa atau berbicara buruk kepada anaknya, karena Allah bisa mengabulkan doa dan ucapannya.

Orang tua merupakan salah satu rezeki dan sumber nikmat yang luar biasa.

Tanpa adanya orang tua, mungkin manusia akan terlahir liar. Tidak terdidik, tidak mendapatkan nafkah juga kasih sayang. Keduanya merupakan sumber nikmat, kebahagiaan yang tak dapat diuangkan. Kasih sayangnya sepanjang masa merupakan salah satu rezeki untuk anak-anaknya.

Merupakan guru terbaik.

Melalui orang tua lah anak mendapatkan pendidikan, akhlak yang baik, dan menjadi orang yang sukses. Orang tua merupakan teladan bagi anaknya dalam segala sikap dan perilaku.

Dalam Islam banyak sekali pembahasan mengenai orang tua dan anak, hubungan keduanya, keutamaannya, cara berbuat baik, bertutur kata yang sopan dan tidak menyakitinya, adab-adab ketika bersamanya dan jauh dari keduanya dan lain sebagainya.

Namun bukan berarti orang tua semena-mana terhadap anak. Orang tua yang amanah dalam menjalankan perannya sebagai orang tua yang baik dan semestinya yang akan mendapat keutamaan seperti diatas. Orang tua juga bisa dikatakan durhaka jika tidak memelihara anak dengan baik, menjaga, mendidiknya dengan agama yang kuat. Perannya dalam dunia anak begitu besar sehingga pantaslah Allah memuliakannya dengan kemuliaan yang luar biasa ini.

Begitupun menjadi seorang anak, jangan sampai kita menyakiti hati keduanya apapun alasannya. Carilah ridho keduanya, sayangilah mereka, kasihi mereka, cintai mereka dengan secinta-cintanya, hormati keduanya dan muliakanlah keduanya maka pintu surga akan terbuka untuk kita, kebahagiaan tidak hanya di dunia yang kita peroleh, tapi juga di akhirat. Ketenangan hidup dan kelancaran dalam rezeki juga bisa teratasi dengan mudah jikalau kita memuliakan keduanya. Karena Allah telah mengangkat derajat keduanya dan kita diwajibkan berbakti kepadanya.

Baca Juga:  Tunjukkan 10 Sikap Baik Ini Di Depan Anak

Semoga setelah kita mengetahui Keutamaan Orang Tua Dalam Islam ini, kita lebih semangat untuk berbenah dan memantaskan diri menjadi orang tua dan calon orang tua seperti yang diperintahkan Allah. Semoga bermanfaat dan salam ukhuwah 🙂

5 (100%) 1 vote