Kumpulan Doa Sebelum Belajar dan Sesudahnya Beserta Artinya

Posted on

Kumpulan Doa Sebelum Belajar dan Sesudahnya Beserta Artinya – Assalamu’alaikum sahabat muslimah, sebelumnya telah ditulis dalam kumpulan doa harian tentang doa sebelum belajar yang umum digunakan. Tapi kali ini kita akan tulis kembali dengan cakupan yang lebih banyak lagi tentang doa sebelum belajar.

Nah, penting bagi kita sebagai seorang muslim untuk mengetahui dan mengamalkan doa ini. Tentunya doa yang digunakan beragam yaa, karena saya pribadi belajar doa-doa sebelum belajar itu banyak banget dan jarang ditemui di buku-buku harian.

Berdoa merupakan salah satu adab atau akhlak yang baik dalam Islam. Jadi membiasakan untuk berdoa dalam setiap kegiatan itu sangat baik dan manfaat yang diperoleh tentu berbeda dengan orang yang tidak berdoa.

Kumpulan Doa Sebelum Belajar dan Sesudahnya Beserta Artinya

Doa-doa ini bisa diamalkan setiap hari sebelum belajar akan tetapi juga lebih baik lagi dibaca saat kita berdoa setelah sholat fardhu atau sholat hajat maupun qiyamul lail. Umumnya doa sebelum belajar ini hanya berlaku untuk anak-anak yang sedang menuntut ilmu seperti sekolah, mengaji ataupun mesantren.

Sebenarnya membaca doa ini tidak hanya berlaku bagi anak-anak saja, tetapi siapapun yang hendak belajar meskipun sudah tua. Karena tidak ada batasan waktu untuk belajar dalam Islam, kecuali sudah tiba ajal, berarti sudah tidak ada lagi kewajiban untuk kita belajar.

Inilah kumpulan doa-doa sebelum dan sesudah belajar.

Loading...

Kumpulan Doa Sebelum Belajar

اَللَّهُمَّ ﭐفْتَحْ عَلَيْنَا حِكْمَتَكَ وَﭐنْشُرْ عَلَيْنَا مِنْ خَزَائِنِ رَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya: “Ya Allah! bukakanlah untuk kami hikmah-Mu dan taburkanlah kepada kami dari gudang-gudang rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha pengasih“.

Baca Juga:  √ Susunan Dan Teks Bacaan Tawasul (Hadhorot) Terlengkap

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman,Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh“.

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Artinya: “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي  وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي

Artinya: “Ya Tuhanku lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah untukku urusanku dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku“.

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya: “Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.”

Kumpulan Doa Sebelum Belajar dan Sesudahnya Beserta Artinya

Kumpulan Doa Sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami keburukan sehingga kami dapat menjauhinya“.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam”.

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Artinya:”Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan”.

Nah itulah beberapa kumpulan doa sebelum belajar dan sesudah belajar Beserta Artinya. Silakan dihafalkan dan diamalkan dalam menuntut ilmu. Semoga ilmu yang diterima bermanfaat, dimudahkan dalam menerimanya, diterangkan hatinya dan diberikan kemudahan dalam memahami ilmu. Semoga bermanfaat 🙂

Baca Juga:  Doa Khatam Qur'an Arab, Latin dan Terjemahnya Lengkap
Kumpulan Doa Sebelum Belajar dan Sesudahnya Beserta Artinya
5 (100%) 1 vote[s]