Kumpulan Doa Untuk Kesembuhan Orang Sakit

Posted on

Kumpulan Doa Untuk Kesembuhan Orang Sakit – Sahabat Muslimah, ketika kita hendak menjenguk seseorang yang telah tertimpa musibah baik dikarnakan sakit atau hal lainnya. Tentu kita sebagai muslim mendoakan kepada orang yang sakit agar segala derita yang dialaminya diberikan kesembuhan.

Nah Sahabat, apa doa untuk kesembuahan orang yang sakit?. Untuk lebih jelanya silahkan simak ulasan kumpulan doa berikut ini.

Kumpulan Doa Untuk Kesembuhan Orang Sakit

Di dalam al quran surat Al- Baqarah ayat 186, Allah SWT berfirman,Artinya : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)Artinya : “Setiap penyakit ada obatnya. Apabila ditemukan obat yang tepat untuk suatu penyakit, maka akan sembuhlah penyakit itu dengan izin Allah ‘azza wajalla.” (Hadits Muslim Nomor 4084)

Doa untuk Orang Sakit dengan Surat Al Fatihah

Bismillahir rahmanir rahim (1) alhamdu lillahi rabbil alamin (2) Ar rahmanir rahim (3) Maliki yaumid din (4) iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in (5) Ihdinas siratal mustaqim (6) siratal lazina an’amta ‘alaihim ghairil maghdubi ‘alihim wa lad dallin (7)

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (1) Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam (2) Maha pemurah lagi Maha Penyayang (3) Yang menguasai Hari Pembalasan (4) Hanya Engkaulah yang kamu sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan (5) Tunjukilah jalan yang lurus (6) (yaitu) Jalan Orang-orang yang Engkau beri nikmat kepada mereka;bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan buka (pula jalan) mereka yang sesat (7).

Baca Juga:  Kumpulan Doa Sebelum Belajar dan Sesudahnya Beserta Artinya

Dengan membaca surah Al Fatihah, doa ini bisa menjadikan kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Agar pula saat kita berdoa, doa kita mudah mudahan dikabulkan oleh Allah SWT.

Loading...

Surah Al Fatihah disebut ash shalah, karena Al fatihah itu sebagai syarat sahnya shalat. Selain itu Al Fatihah disebut juga asy syifa. Berdasarkan hadist riwayat Ad Darimi dari Abu sa’id, sebagai hadist marfu’ : Fatihatul Kitab itu merupakan as syifa (penyembuh) dari setiap racun.

Ulama-ulama sering kali membacakan surah Al Fatihah sebagai doa kepada Allah SWT, lalu ditiupkan ke air putih. Karena doa orang shaleh doanya akan lebih diijabahi oleh Allah SWT, kita sendiri bisa mempraktikkannya hal ini dengan menjadikan dzikir surah Al Fatihah untuk kesembuhan diri kita ketika sakit.

Doa untuk Orang Sakit Parah dan Ketika Menjenguk Orang Sakit

Sungguh Allah Maha mengetahui segala isi hati setiap orang. Doa ini bisa dimohonkan saat menemui kabar orang yang sakit, atau juga bisa sebagai doa ketika menjenguk orang yang sedang sakit.

Berikut ini doa yang telah Nabi SAW ajarkan kepada kita sebagai umatnya:“ALLAAHUMMA RABBAN NAASI, MUDZHIBIL BA`SI ISYFI ANTA ASY SYAAFII LAA SYAAFIYA ILLAA ANTA ISYFIHI SYIFAA AN LAA YUGHAADIRU SAQAMAN

Artinya : “Ya Allah, Tuhan manusia, Penghilang penyakit, sembuhkanlah. Engkau adalah Pemberi kesembuhan, tidak ada yang dapat menyembuhkan kecuali Engkau. Sembuhkanlah dia dengan kesembuhan yang tidak meninggalkan efek sakit.” (Hadits Abu Daud Nomor 3392)

Doa tersebut sangat baik diucapkan ketika habis sholat, ketika sesuai berdzikir atau membaca al-quran dan ketika menjelang berbuka puasa.

Di tujukan bukan hanya untuk saudara-saudari muslim kita yang sakit para saja, akan tetapi segala penyakit yang ringan sekalipun (seperti flu) alangkah baiknya kita doakan kesembuhan untuk orang tersebut.

Baca Juga:  Amalku Buah Dari Ilmu Yang Kuperoleh

Doa untuk orang sakit

Artinya : “Hilangkanlah rasa sakit wahai Rabb manusia, di tangan-Mu lah segala kesembuhan, dan tidak ada yang dapat menyingkap penyakit tersebut melainkan Engkau.” (Hadits Bukhari Nomor 5303)

Semoga kita semua selalu dalam kasih sayang Allah SWT dan diberi kesehatan lahirian dan badaniah, keselamatan dunia dan akhirat nanti.

Demikian ulasan tentang Kumpulan Doa Untuk Kesembuhan Orang Sakit. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.

Rate this post