Pengertian dan Macam-macam Mukjizat Nabi dan Rasul

Posted on

Pengertian dan Macam-macam Mukjizat Nabi dan Rasul – Sahabat Muslimah, sering kita mendengar kisah ketika kecil bahkan tausiyah dari para kyai, ustadz dan teman tentang mukjizat. Karena setiap muslim wajib mempercayai adanya Mukjizat yang dimiliki oleh Nabi dan Rasul. Karena Mukjizat merupakan kekuasaan yang telah di kehendaki Allah, bahkan Rasul juga tidak memiliki hak untuk menunjukkan mukjizat tanpa izin dari Allah.

Nah Sahabat, apa sih mukjizat itu? dan seperti apa mukjizat Nabi dan Rasul?. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Pengertian dan Macam-macam Mukjizat Nabi dan Rasul

Mukjizat, mu’jizat atau mujizat (Mu’jizah) merupakan perkara di luar dari naluri manusia yang dilakukan oleh Allah melalui para nabi dan rasul-Nya. Untuk membuktikan kebenaran kenabian, kerasulan dan keabsahan risalah-Nya. Mukjizat juga dapat di artikan peristiwa ajaib yang sukar dijangkau oleh akal kemampuan manusia.

Pengertian Mukjizat

Secara bahasa kata mukjizat yaitu Mukjiz yang berarti sesuatu yang melemahkan atau mengalahkan. Sedangkan secara istilah mukjizat berarti sesuatu yang luar biasa yang terjadi pada diri Nabi atau Rasulullah untuk membuktikan bahwa dirinya adalah Nabi atau Rasul Allah yang tidak dapat ditiru oleh siapapun.

 Seperti dalam Surah Ar Ra’ad ayat 38 yang berbunyi :Artinya : “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan. Dan tidak ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan sesuatu ayat (mukjizat) melainkan dengan izin Allah. Bagi tiap-tiap masa ada Kitab (yang tertentu).

Baca Juga:  Cara Melaksanakan Puasa Sunnah Syawal Dan Niat Puasa Syawal

Apabila orang-orang musyrik heran bahwa kamu mempunyai istri dan keturunan, serta meminta mukjizat selain al-Qur’ân, maka sebetulnya Kami telah mengutus sebelummu rasu-rasul yang juga mempunyai istri dan anak. Rasul adalah manusia biasa, lengkap dengan sifat-sifatnya.

Loading...

Hanya saja, dia adalah orang yang terbaik di antara mereka. Seorang nabi tidak mungkin mendatangkan suatu mukjizat menurut kehendaknya atau kehendak kaumnya. Tetapi, yang mendatangkannya adalah Allah, dan Dialah yang mengizinkan nabi untuk mendatangkan mukjizat itu. Atas dasar itu setiap generasi mempunyai ketentuan dan mukjizat dari Allah yang sesuai dengan keadaan mereka.

Mukjizat hanya diterima oleh para nabi dan rasul-rasul Allah. Mukjizat di pakai para nabi dan rasul hanya untuk membela diri dan menjawab tantangan orang-orang kafir.

Sebagaimana firman Allah Swt dalam Al-Qur’an surat Asy-Syu’ara ayat 4 :Artinya : “Jika kami kehendaki niscaya Kami menurunkan kepada mereka mukjizat dari langit, maka senantiasa kuduk-kuduk mereka tunduk kepadanya.”

Sesungguhnya Kami Maha kuasa untuk mendatangkan kepada mereka suatu mukjizat yang dapat memaksa mereka untuk beriman, sehingga sebagaimana yang kamu harapkan mereka semua menjadi patuh dan tunduk kepada-Ku.

Tetapi Kami tidak akan melakukan hal seperti itu, karena sudah menjadi ketetapan hukum Kami (sunnatullah) untuk menyuruh mereka beriman tanpa paksaan. Dengan demikian, perintah dan larangan yang akan menghasilkan pahala atau siksa itu tidak kehilangan maknanya.

Macam-Macam Mukjizat

Mukjizat dapat dibedakan menjadi empat macam yaitu :

1. Mukjizat Kauniyah

Mukjizat kauniyah adalah mukjizat yang berkaitan dengan peristiwa alam, seperti dibelahnya bulan menjadi dua oleh Nabi Muhammad SAW dan dibelahnya Laut Merah oleh Nabi Musa As dengan tongkat.

2. Mukjizat Syakhsiyyah

Mukjizat Syakhsiyyah adalah mukjizat yang keluar dari tubuh seorang nabi dan rasul, seperti air yang keluar dari celah-celah jari Rasulullah SAW, cahaya bulan yang memancar dari tangan Nabi Musa As serta penyembuhan penyakit buta dan kusta oleh Nabi Isa as.

Baca Juga:  Kumpulan Hadits Tentang Menuntut Ilmu Terlengkap

3. Mukjizat Salbiyyah

Mukjizat Salbiyyah adalah mukjizat yang membuat sesuatu tidak berdaya seperti ketika Nabi Ibrahim As dibakar oleh Raja Namrud, akan tetapi api tidak mampu membakarnya.

4. Mukjizat Aqliyyah

Mukjizat Aqliyyah adalah mukjizat yang rasional atau masuk akal. Contoh satu-satunya adalah Al Qur’an. Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang pengertian mukjizat serta pembagiannya. Mudah-mudahan dengan membaca ini, keimanan kita kepada Allah SWT. dan Rasulnya bertambah. Aamiin.

Contoh-contoh mukjizat

Selain pengertian dan macam macam mukjizat diatas, berikut ini saya berikan beberapa contoh mukjizat dari pada Nabi dan Rasul.

1. Mukjizat Nabi Nuh As

Untuk menunjukkan kebesarannya sekaligus mengazab orang orang durhaka, allah memerintahkan Nabi Nuh As .untuk membuat perahu. Membuat perahu besar dalam waktu yang sangat cepat adalah perbuatan luar biasa apalagi dikerjakan di atas bukit. Setelah perahu Nabi Nuh As selesai, air bah yang sangat dahsyat melanda negeri itu, menenggelamkan segala yang ada di muka bumi kecuali nabi nuh dan para pengikutnya beserta sepasang binatang dari berbagai jenis atau macamnya.

Sebagaimana Allah SWT. telah berfirman dalam surat Hud ayat 37 yaitu:Artinya : “Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.

2. Mukjizat Nabi Ibrahim As

Mukjizat Allah kepada Nabi Ibrahim As. yaitu tidak hangus dibakar dalam api unggun yang sangat besar. Mukjizat ini melemahkan kekerasan dan kedzaliman serta kekafiran raja namrud.

Sebagaimana Allah SWT. telah berfirman dalam surat al-Anbiya ayat 69 yang artinya:Artinya : “Kami berfirman: “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim

Baca Juga:  10 Ketentuan Syarat Sah Menjadi Imam

3. Nabi Musa As.

Untuk menjatuhkan keahlian para ahli sihir istana fir’aun. Allah memberikan mukjizat kepada nabi musa berupa tongkat yang menjelma menjadi ular. Ular nabi musa tersebut memakan semua ular tukang sihir. Tongkat nabi musa juga dapat membelah laut menjadi jalan dan telah menyelamatkan nabi musa dan para pengikutnya dari kejaran fir’aun. Sebagaimana firman Allah dalam surat Toha ayat 19 sampai 21 yang artinya:Artinya : “Allah berfirman: “Lemparkanlah ia, hai Musa!” Lalu dilemparkannyalah tongkat itu, maka tiba-tiba ia menjadi seekor ular yang merayap dengan cepat. Allah berfirman: “Peganglah ia dan jangan takut, Kami akan mengembalikannya kepada keadaannya semula,

4. Mukjizat Nabi Isa As

Allah menurunkan mukjizat kepada Nabi Isa As. dalam rangka menjawab kaumnya yaitu:

  • Dapat membuat burung dari tanah, lalu hidup.
  • Dapat menghidupkan orang yang mati.
  • Menyembuhkan penyakit kusta.
  • Menyembuhkan orang buta.
  • Mengetahui apa yang dimakan dan disimpan orang dirumah.

5. Mukjizat Nabi Muhammad SAW

Mukjizat yang diberikan Allah SWT. kepada Nabi Muhammad SAW. antara lain:

  • Dari celah-celah jari tangan beliau memancur air yang dapat diminum sebagai pelas dahaga.
  • Melakukan perjalanan Isra’ dan Mi’raj dalam waktu satu malam. Perjalanan seperti itu tidak mungkin dilakukan dalam keadaan biasa walaupun dengan menggunakan kendaraan atau pesawat yang super canggih sekalipun.
  • Al Qur’anul Karim,  kitab suci yang tidak mungkin tertandingi baik dari segi bahasanya maupun dari segi kandungan isinya dan sebagai penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya.

Demikian ulasan tentang Pengertian dan Macam-macam Mukjizat Nabi dan Rasul. Semoga dapat bermanfaat dan menambah imu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.

Rate this post