Inilah Keutamaan Puasa Sunnah Syawal Yang Sangat Dahsyat

Posted on

Inilah Keutamaan Puasa Sunnah Syawal Yang Sangat Dahsyat – Sahabat Muslimah, Allah SWT sangat mencintai amalan puasa karena keutamaannya yang luar biasa. Selain puasa wajib, Allah melalui lisan rasul-NYA sangat menganjurkan puasa sunah kepada seluruh umat Islam. Salah satunya keutamaan puasa Syawal, banyak orang yang merasakan dan membuktikan keajaiban puasa sunah. Mereka melakukannya secara istiqomah dan penuh keikhlasan.

Loading...

Secara tidak sadar, mereka mampu mengubah hidupnya melalui puasa sunah. Apalagi puasa sunnah syawal sangat dianjurkan oleh Nabi. Sahabat Muslimah, tahukah puasa syawal itu sama dengan puasa seperti setahun penuh?. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Inilah Keutamaan Puasa Sunnah Syawal Yang Sangat Dahsyat

Salah satu dari pintu-pintu kebaikan adalah melakukan puasa. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda :Artinya : “Maukah kamu aku tunjukkan pada pintu-pintu kebaikan? Puasa adalah perisai.” (Hadits Tirmidzi Nomor 2541)

Puasa dalam hadits ini merupakan perisai bagi seorang muslim baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, puasa adalah perisai dari perbuatan-perbuatan maksiat, sedangkan di akhirat nanti adalah perisai dari api neraka.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan kecintaan Allah ta’ala, maka lakukanlah puasa sunnah setelah melakukan yang wajib. Di antara puasa sunnah yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam anjurkan setelah melakukan puasa wajib (puasa Ramadhan) adalah puasa enam hari di bulan Syawal.

Loading...

Puasalah Enam Hari di Bulan Syawal

Puasa ini mempunyai keutamaan yang sangat istimewa. Hal ini dapat dilihat dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dari sahabat Abu Ayyub Al Anshoriy, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:Artinya : “Barang siapa yang berpuasa Ramadlan yang dilanjutkan dengan puasa enam hari pada bulan Syawwal, maka hal itu sama dengan puasa setahun penuh.” (Hadits Tirmidzi Nomor 690)

Baca Juga:  Pentingnya Memiliki Ilmu Dalam Segala Hal

Pada hadits ini terdapat dalil tegas tentang dianjurkannya puasa enam hari di bulan Syawal dan pendapat inilah yang dipilih oleh madzhab Syafi’i, Ahmad dan Abu Daud serta yang sependapat dengan mereka. Sedangkan Imam Malik dan Abu Hanifah menyatakan makruh. Namun pendapat mereka ini lemah karena bertentangan dengan hadits yang tegas ini. (Lihat Syarh An Nawawi ‘ala Muslim, 8/56)

Melaksanakan Puasa Syawal Bagaikan Puasa Setahun Penuh

Sebagaimana yang diriwayatkan dari Tsauban, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:Artinya : “Barangsiapa berpuasa enam hari setelah hari raya Iedul Fitri, maka seakan ia berpuasa setahun secara sempurna. Dan barangsiapa berbuat satu kebaikan maka ia akan mendapat sepuluh pahala yang semisal. ” (Hadits Ibnu Majah Nomor 1705)

Jika seseorang melakukan satu kebaikan maka akan mendapatkan sepuluh kebaikan yang sama. Puasa ramadhan adalah selama sebulan berarti akan sama dengan puasa 10 bulan. Puasa syawal adalah enam hari berarti akan sama dengan 60 hari yang sama dengan 2 bulan. Oleh karena itu, seseorang yang berpuasa ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal akan mendapatkan puasa seperti setahun penuh. (Lihat Syarh An Nawawi ‘ala Muslim, 8/56 dan Syarh Riyadhus Sholihin, 3/465).

Demikian ulasan tentang Inilah Keutamaan Puasa Sunnah Syawal Yang Sangat Dahsyat. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan tambahan ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.

Facebook Comments
Rate this post
Loading...