Bacaan dan Doa Sujud Syukur Serta Tata Cara Pelaksanaannya

Posted on

Bacaan dan Doa Sujud Syukur Serta Tata Cara Pelaksanaannya – Sahabat Muslimah, sujud syukur merupakan suatu ungkapan rasa terima kasih kita kepada Allah SWT. atas segala pemberian nikmat dan karunia-Nya kepada kita. Bentuk kenikmatan yang telah diberikan kepada kita bukan hanya dalam bentuk kesenangan ataupun kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan saja. Namun pada saat kita terhindar dari segala bahaya juga termasuk bentuk nikmat lain yang diberikan oleh Allah SWT. kepada kita.

Loading...

Nah Sahabat, Bagaimana kita sebagai muslim mengucapkan rasa syukur?. Dan tata cara syukur itu seperti apa? Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Bacaan dan Doa Sujud Syukur Serta Tata Cara Pelaksanaannya

Sebagai muslim yang baik, tentu tidak ada salahnya apabila kita mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT. yang salah satu caranya ialah dengan melakukan doa sujud syukur. Meskipun masih ada banyak cara bagi kita untuk berterima kasih kepada Allah SWT.

Sujud Syukur adalah sujud yang dilakukan karena mendapatan sesuatu nikmat dan terhindar dari marabahaya, bencana maupun kesusahan yang menimpa. Hukum Sujud Syukur adalah sunnah yang boleh dilakukan maupun tidak, namun jika melakukannya mendapat pahala sebagai mana yang sabda Rasulullah SAW.Artinya: “Dari Abu Bakrah berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam apabila didatangi oleh urusan yang menyenangkan atau diberi kabar gembira, beliau tersungkur sujud sebagai tanda syukur kepada Allah Tabaraka wa Ta’ala.” (Hadits Ibnu Majah Nomor 1384).

Dari hadits tersebut memberikan pengertian bahwa kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk berterima kasih atas segala apapun yang kita peroleh.

Loading...

Bacaan Doa Sujud Syukur

Sebagaimana Hadits Abu Daud yang diriwayatkan oleh Amir bin Sa’ad yaitu;

Baca Juga:  Ketahuilah 10 Dosa Penghalang Datangnya Rezeki Yang Halal

Artinya : “Dari ‘Amir bin Sa’d dari ayahnya, ia berkata; kami keluar besama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari Mekkah henda menuju Madinah. Kemudian tatkala kami telah mendeati ‘Azwara, beliau turun kemudian mengangkat kedua tangannyaa dan berdoa kepada Allah sesaat, kemudian beliau bersujud. Beliau lama berada dalam keadaan demikian kemudian bangkit dan mengangkat kedua tangannya, dan berdoa kepada Allah sesaat, kemudian beliau bersujud. Beliau lama berada dalam keadaan demikian kemudian bangkit dan mengangkat kedua tangannya, dan berdoa kepada Allah sesaat, kemudian beliau bersujud.

Ahmad menyebutkan hal tersebut sebanyak tiga kali. Beliau berkata: “Aku memohon kepada Tuhanku dan memintakan syafa’at untuk umatku. Kemudian Allah memberiku sepertiga umatku, lalu aku bersujud sebagai rasa syukur kepada Tuhanku. Kemudian aku mengangkat kepalaku dan memohonkan untuk umatku. Kemudian Allah memberiku sepertiga umatku, lalu aku bersujud sebagai rasa syukur kepada Tuhanku. Kemudian aku mengangkat kepalaku dan memohonkan untuk umatku. Kemudian Allah memberiku sepertiga yang lainnya, lalu aku bersujud untuk Tuhanku.” Abu Daud berkata; Asy’ats bin Ishaq telah digugurkan oleh Ahmad bin Shalih, ketika ia menceritakan hadits tersebut. Musa bin Sahl Ar Ramli menceritakan hadits tersebut darinya.” (Hadits Abu Daud Nomor 2394)

Syarat Sujud Syukur

Adapun untuk syarat sujud syukur sendiri ialah sama seperti syarat shalat. Di mana kita harus suci dari hadas, baik itu hadats kecil ataupun hadats besar, menghadap ke arah kiblat, kemudian menutup aurat.

Tata Cara Sujud Syukur

Berikut adalah tata cara melakukan sujud syukur:

1. Berdiri Menghadap Kiblat

2. Berniat Melakukan Sujud Syukur

3. Kemudian Takbiratul Ihram dengan Membaca (Allahu Akbar)

4. Lalu sujud satu kali, sambil membaca doa sebagai berikut:Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha-illalloohu wallohu akbar, wa laa haula wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘adziim.

Baca Juga:  Hadits Tentang Sabar Dan Ikhlas Beserta Arabnya

Artinya: “Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar dan tiada kekuatan serta daya upaya kecuali atas izin Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung

5. Duduk Sejenak.

6. Mengucap salam dengan menoleh ke kanan dan ke kiri.Semoga Allah SWT. selalu memberikan nikmat dan dilindungi dari segala bahaya yang mengintai, demikianlah mengenai Bacaan dan Doa Sujud Syukur Serta Tata Cara Pelaksanaannya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.

Facebook Comments
Rate this post
Loading...