Hindari Begadang Jika Sholat Shubuh Sering Terlewatkan!!!

Posted on

Hindari Begadang Jika Sholat Shubuh Sering Terlewatkan!!! – Begadang, tentu bagi para pria atau sebagian wanita pasti pernah melakukannya. Baik karena sibuknya kegiatan, tugas dan keperluan yang tidak penting lainnya. Kalau begadang sendiri akan menggangu ibadah bagaimana sih menyikapinya. Contohnya kalo kita begadang sehingga tertinggal sholat subuh bahkan sampai terlewat waktu subuh.

Loading...

Kira-kira bagaimana sih pandangan dalam islam tentang begadang?. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini.

Hindari Begadang Jika Sholat Shubuh Sering Terlewatkan!!!

Allah SWT. telah membagi hari dalam satu waktu yaitu pagi, sore dan malam hari. Apalagi waktu malam adalah waktu istirahat bagi manusia, dimana tidur malam secara medis adalah waktu perbaikan sel-sel tubuh dan penetralan dari berbagai racun.

Begadang Dalam Pandangan Syariat Islam

Allah SWT. berfirman dalam Surat Ar-rum ayat 23;Artinya “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.

Loading...

dan Allah berfirman dalam surat An-Naba ayat 9;Artinya : “Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat.

Karena begadang terus-menerus tanpa istirahat sehingga menyebabkan kekurangan tiduk maka termasuk dalam larangan yaitu dapat membahayakan tubuh.

Rasulullah SAW. bersabda,Artinya : “tidak boleh berbuat bahaya dan membahayakan.

Nah, bagaimana kalau begadang memang ada manfaatnya tetapi madharatnya lebih besar maka sebaiknya jangan dilakukan. Sebagaimana kaidah dalama Khamer, yang mana Allah SWT. berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 219;Artinya : “Mereka bertanya kepadamu tentang kahamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosanya lebih besar dari manfaatnya.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Kebahagiaan Dengan Meninggalkan Maksiat

Jadi bisa kita ambil kesimpulan bahwa begadang tidaklah dianjurkan bila tidak ada kepentingan yang benar-benar penting.

Begadang untuk hal yang bermanfaat

Nah Sahabat, bagaimana bila begadang sendiri untuk kepentingan yang bermanfaat contohnya belajar yang mana butuh waktu dan keadaan yang sunyi dan jauh dari kebisingan agar bisa lebih fokus.

Termasuk juga dalam 10 hari terakhir bulan ramadhan yang dianjurkan untuk melakukan hal yang bermanfaat terutama untuk ibadah. Sebagaimana kisah para sahabat yaitu,

Artinya : “Dari Abu Bakr bin Sulaiman bin Abi Hatmah, sesungguhnya Khalifah Umar bin al Khattab tidak menjumpai Sulaiman bin Abi Hatmah saat shalat Shubuh. Rumah Sulaiman itu terletak antara pasar dengan masjid nabawi. Pada pagi harinya Umar pergi ke pasar. Umar melewati as Syifa, ibu dari Sulaiman.

Khalifah Umar bertanya kepada sang ibu, “Aku tidak menjumpai Sulaiman dalam jamaah shalat shubuh”. Sang ibu menjawab dengan mengatakan, “Semalaman Sulaiman mengerjakan shalat Tahajud. Pada waktu shubuh matanya tidak kuat untuk diajak bangun mengerjakan shalat shubuh berjamaah.

Khalifah Umar mengatakan, “Sungguh jika aku bisa mengerjakan shalat shubuh berjamaah itu lebih kusukai dari pada aku shalat tahajud semalaman namun tidak kuat untuk bangun shalat shubuh.

Untuk itu mari kita gunakan waktu sebaik-baik mungkin. Bila kita begadang untuk hal yang bermanfaat hendaknya kita tahu dulu batas kemampuan kita. Seumpama menggangu aktifitas yang akan kita kerjaan maka hendaknya hindari. Karena bila ditinjau secara medis kebiasaan begadang terus-menerus akan berbahaya bagi tubuh.

Karena memang tidur malam adalah waktu istirahat dan waktu tubuh untuk berkembang dan melakuakan berbagai perbaikan. Begadang juga akan menyebabkan beberapa masalah semisal kurangnya konsentrasi, otak menjadi lelah, pandangan menjadi kabur, kulit menjadi tidak sehat dan tidak elastis sampai permasalahan tubuh lainnya.

Baca Juga:  Kumpulan Hadits Tentang Menuntut Ilmu Terlengkap

Demikian pembahasan tentang Hindari Begadang Jika Sholat Shubuh Sering Terlewatkan!!!, semoga bisa bermanfaat dan memberikan ilmu pengetahuan baru bagi kita semua. Terima kasih.

Facebook Comments
Rate this post
Loading...