Figur Ayah Pengaruhi Kehidupan Anak Perempuan

Posted on

Figur Ayah Pengaruhi Kehidupan Anak Perempuan – Sahabat Muslimah, sebagai sosok yang penting dalam keluarga disamping menjadi kepala rumah tangga, suami dan ayah bagi keluarga. Ternyata figur seorang ayah dapat mempengaruhi tumbuh kembang dari seorang anak terutama anak perempuan.

Loading...

Peran ayah juga menentukan, apakah anak perempuan dapat berkembang atau tidak menjadi seorang wanita yang kuat dan percaya diri.

Figur Ayah Pengaruhi Kehidupan Anak Perempuan

Ada juga pepatah mengatakan bahwa ayah adalah cinta pertama bagi anak perempuannya. Dimana figur ayah menjadi idola bagi anak ketika ia tumbuh besar. Sang ayah berusaha untuk menjalani kehidupan tulus dan jujur, menghindari kemunafikan dan mengakui kekurangan diri sendiri sehingga ayah menjadi contoh yang realistis dan positif dalam menghadapi kehidupan.

Pertama Menciptakan Memori

Memori tidak akan hilang, tentu kita bertanya mengapa?. Karena sosok ayah sangat dinantikan oleh anak terutama anak perempuan. Buatlah memori dengan anak perempuan dengan pengalaman yang baik bagi psikologis anak. Perlu adanya kedekatan secara  spiritual, emosi, dan juga fisik dari seorang ayah. Bukankah ayah idealnya selalu dekat dengan anak sehingga anak merasa aman, nyaman, dan bisa berinteraksi serta terjalin komunikasi timbal balik yang harmonis.

Agar seorang gadis menjadi terarah dalam kehidupan akhirat dan dunianya ketika ayahnya selalu dekat di hatinya. Ayah adalah figur teladan anak dan keluarga sehingga dengan kondisi ini, pendidikan Islam akan berjalan sinergis dan mampu memberdayakan anak sehingga meminimalisir berbagai problematika remaja.

Loading...

Kedua Kelembutan

Anak perempuan biasanya bersikap manja kepada sang ayah. Disaat mereka mengajak ayah untuk bermain boneka, maka dampingilah mereka. Kalau perlu, ayah juga bisa menghabiskan waktu bersama untuk merias rambutnya. Melakukan permainan anak perempuan dapat menunjukan kepadanya bahwa lelaki juga bisa bersikap lembut. Insyaa Allah ia akan mudah diarahkan ayahnya, sehingga ia memiliki rasa percaya dan kepribadian positif, tidak mudah stres/frustrasi, memandang diri dan kehidupannya dengan baik, bertanggung jawab dan optimis.

Baca Juga:  Mendidik Anak Kecil Melakukan Ketaatan Yang Terarah

Ketiga Ajarkan Bahwa Cantik Itu Dari Hati

Saat anak perempuan akan mengalami masa pubertas. Sosok seorang ayah perlu membekalinya dari sekarang. Ajarkan kepadanya, bahwa cantik tidak hanya dilihat dari penampilan, tetapi dari hati. Si anak harus bisa tumbuh dengan hati yang besar di kemudian hari. Berikan pemahaman bahwa penampilan bukanlah segalanya. Bukan hanya dari sudut pandang perempuan, tapi juga dari sudut pandang laki-laki yaitu ayahnya.

Empat Menjadi Contoh Lelaki Yang Baik

Tetntu segala sikap dan perilaku yang dilakukan seorang ayah akan terekam di dalam memori si kecil. Di masa depan, dia akan mengingat dengan jelas karakter seorang ayah. Bisa saja hal ini mempengaruhinya dalam memilih pasangan. Untuk itu, pastikan ayah selalu memberikan contoh agar anak perempuannya saat dewasa kelak bisa mencari sosok pendamping hidup yang baik pula.

Sebagaimana dalam hadits Rasulullah SAW.:Artinya : “Barangsiapa mempunyai tiga orang anak perempuan atau tiga saudara perempuan, dua orang anak perempuan atau dua saudara perempuan lalu dia memperlakukan mereka dengan baik dan bertakwa kepada Allah dalam mengasuh mereka maka baginya surga. “ (HR. At-Tirmidzi, Kitabul Birri Washshilah no. 1839, Abu Daud, Kitabul Adab no. 4481, dan Ibnu Majah, Kitabul Adab no. 3659, dishahihkan al- Albani dalam Shahih At–Targhib no. 1973).

Demikian tentang Figur Ayah Pengaruhi Kehidupan Anak Perempuan. Semoga dapat memberikan manfaat dan ispirasi bagi kita semua. Terimakasih.

Facebook Comments
Rate this post
Loading...