11 Macam Cara Menghindari Hasad Dalam Diri Sendiri

Posted on

11 Macam Cara Menghindari Hasad Dalam Diri Sendiri – Sahabat Muslimah, setiap banusia di ciptakan oleh Allah Swt memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Banyak kelebihan bukan berarti manusia tidak memiliki sisi lain yaitu kekurangan. Setiap orang memiliki kekurangan baik secara karakter atau sifatnya. Tak seorangpun yang benar-benar memiliki sifat seratus persen sempurna.

Loading...

Kekurangan yang kita miliki baik yang kecil ataupun besar. Bila kita tidak mampu mengontrol kekurangan diri dengan baik dan menonjolkan kelebihan diri sendiri, maka akibatnya kita akan menunjukkan bahwa diri kita sebagai orang yang mempunyai perilaku yang tercela.

Nah, apa sih had tersebu? dan bagaimana cara kita untuk menghindari sifat hasad tersebut?. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

11 Macam Cara Menghindari Hasad Dalam Diri Sendiri

Dalam keterangan hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabrani yaitu sebagai berikut:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berpesan:Artinya : “Ada tiga hal yang bisa menyelamatkan dan tiga hal yang bisa merusak. Yang menyelamatkan antara lain (1) takwa kepada Allah dalam sepi maupun ramai, (2) berkata benar (adil) dalam kondisi ridla maupun marah, dan (3) bersikap sederhana dalam keadaan kaya maupun miskin. Sedangkan yang merusak antara lain (1) bakhil yang kelewatan, (2) nafsu yang diikuti, dan (3) ujub terhadap diri sendiri.

Loading...

Pengertian Hasad

Sebelum kita membahas lebih jauh, perlu kita ketahui apa pengertian dari hasad tersebut. Hasad adalah sifat Iri atau dengki terhadap seseorang. Hasad merupakan sifat seseorang yang tidak senang akan kenikmatan seseorang baik keberuntungan, kenikmatan dan karunia Allah SWT terhadap sesorang.

Sebagaimana telah disebutkan dalam QS. An-Nisa Ayat 32 yaitu:Artinya : “Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Bahaya Hasad

Apabila seseorang memiliki sifat iri atau dengki akan kelebihan orang lain maka ia akan selalu tidak tenang dalam hidupnya. Memiliki sifat dengki akan selalu merasa tidak bisa merasakan sifat ikhlas. Bahkan sifat hasad akan membuat dirinya tidak puas akan apa yang diberikan atau ditakdirkan oleh Allah SWT. Sebagaimana dalam hadits Nabi SAW yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA. yaitu,Artinya : “dari [Abu Hurairah] bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jauhilah hasad (dengki), karena hasad dapat memakan kabaikan seperti api memakan kayu bakar.” (Hadits Abu Daud No. 4257)

Baca Juga:  Penyebab Puasa Sia-Sia & Tips Agar Puasa Tidak Sia-Sia

Menghindari Sifat Hasad

Bila kita bisa menilai bahwa ibadah kita basih banyak kekurangan, maka alangkah baiknya kita menghindari beberapa sifat yang terdapat dalam hati kita terutama sifat hasad. Sifat hasad ini bisa kita hindari dengan berbagai cara meliputi :

1. Selalu Mengingat Kebesaran Allah

Allah memiliki banyak sifat, diantaranya adalah sifat Allah yang Maha Adil. Jika kita meyakini bahwa rejeki atau nikmat yang diberikan kepada setiap manusia adalah adil dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan masing – masing orang, maka kita tidak perlu merasa iri dengki pada kenikmatan hidup yang dimiliki orang lain. Yakinlah bahwa Allah juga akan memberikan nikmat kepada kita sesuai dengan apa yang kita butuhkan jika kita rajin berusaha dan berdoa.

2. Banyak Beribadah

Tujuan hidup menurut Islam bagi manusia adalah untuk beribadah kepada Allah sebagai makhluk ciptaanNya. Dengan memperbanyak ibadah dan pengetahuan mengenai agama, niscaya kita akan menemukan cara menjadi pribadi yang baik dan benar serta mendasarkan semua perbuatan dalam hidup untuk beribadah. Apabila kita telah memiliki cukup pengetahuan tentang agama, maka iman kita juga akan bertambah dan mampu menyingkirkan segala sifat tercela termasuk dengki dalam hati.

3. Menyadari Sifat Hasad

Memelihara sifat dengki dan iri hati tidak akan memberikan kita keuntungan apapun. Kita harus bisa menemukan cara menghilangkan sifat egois dan cara menghilangkan sifat angkuh yang bisa menjadi asal muasal sifat iri dengki kepada orang lain. Mempertahankan sifaat dengki tidak akan memberikan kita hal yang baik selain permusuhan, rasa dendam, perpecahan dan kesengsaraan pada diri sendiri.

4. Perbanyak Bersyukur

Sebagai manusia kita harus banyak mengucapkan syukur kepada Allah atas nikmat apapun yang diberikan kepada kita, mulai dari nikmat yang terkecil sekalipun. Bersyukur adalah salah satu cara agar tetap istiqomah di jalan Allah dan agar kita tidak melupakan bahwa semua orang memiliki hak yang sama untuk diberikan nikmat atau berkat dari Allah.

Baca Juga:  Macam-Macam Sabar Dan Keutamaannya Dalam Islam

5. Pelihara Sifat Rendah Hati

Cara menghilangkan sifat sombong sangat perlu kita miliki agar tetap dapat bersikap rendah hati. Mengingat bahwa ada banyak orang yang lebih mengalami kesusahan daripada diri kita akan membuat kita merasa beruntung dengan jalan hidup sendiri dan tidak selalu menginginkan kehidupan orang lain yang kelihatannya lebih baik. Usahakanlah untuk memperlakukan semua orang sama rata dan adil agar tidak terjerumus ke dalam rasa dengki.

6. Rajin Membantu Orang Lain

Sifat yang ringan tangan dan selalu ikhlas membantu orang yang kekurangan akan menjadi cara agar disukai setiap orang. Bantulah orang lain yang sedang dalam kesulitan jika mampu, sebab dengan demikian kita juga akan dapat melihat bagaimana orang lain juga mengalami kesulitan dalam hidupnya sehingga tidak perlu lagi merasa dengki terhadap apapun. Rajin menolong orang yang dalam kesulitan juga dapat menjadi cara membuat hati ikhlas dan cara menghilangkan sifat hasad.

7. Menumbuhkan Rasa Saling Menghormati

Sifat dengki muncul karena kita juga tidak menaruh rasa hormat yang sepantasnya dan tidak tahu cara menghargai orang lain dengan benar. Jika kita bisa memperlakukan orang lain atau orang yang dekat dengan kita sebagai orang yang perlu dihormati, maka tidak perlu lagi merasa iri atau dengki. Anggaplah sesama manusia sebagai kawan dan teman dalam menjalani kehidupan, maka selain tidak mudah merasa dengki, kita juga akan memiliki ciri – ciri teman yang baik dan tulus.

8. Tumbuhkan Prasangka Baik

Membiasakan diri untuk berpikir tentang kebaikan orang lain adalah hal yang baik untuk mencegah sifat iri dengki. Cara mencegah sifat tercela yaitu dengan berusaha selalu berpikir positif tentang segala hal. Dengan berpikir positif dan baik tentang orang lain, kita juga akan mendapatkan cara menghilangkan sifat hasad dari dalam diri sendiri.

9. Rajin Bersilaturahmi

Seseorang bisa merasa dengki karena ia tidak bergaul dengan baik. Cara menghilangkan sifat hasad dalam diri yaitu salah satunya bisa kita lakukan dengan mempererat silaturahmi antar sesama umat muslim. Hal itu akan menjadi cara merubah diri menjadi lebih baik. Dengan memelihara silaturahmi yang baik maka kita akan bisa mendapatkan kesan yang sebenarnya tentang orang lain dan mempererat hubungan serta rasa persaudaraan antar sesama umat.

Baca Juga:  Menangis Karena Takut Pada Allah & Rahasia Didalamnya

10. Dahulukan Kepentingan Umum

Menjadi seseorang yang dengki berarti tidak perduli dengan berbagai masalah orang lain dan selalu ingin didahulukan karena merasa dirinyalah yang paling mengalami kesusahan. Sifat tersebut sangat kekanak-kanakan dan tidak baik, karena itu untuk cara menghilangkan sifat kekanak – kanakan yang menjurus ke sifat egois dan dengki, kita harus belajar mendahulukan kepentingan umum daripada pribadi jika memungkinkan.

Menghindari sifat hasad dapat kita lakukan dengan memperbaiki diri dalam beberapa aspek kepribadian seperti telah tercantum di uraian sebelumnya. Agar kita bisa benar-benar terbebas dari menjadi orang yang dengki, sebaiknya kita memperbanyak berdoa kepada Allah agar selalu dilindungi dari sifat hasad dan menjaid orang yang ikhlas.

11. Perbanyak Mencari Ilmu Yang Bermanfaat

Dengan kita memperbanyak dalam mencari ilmu yang bermanfaat, maka kita akan tahu apa saja sifat yang perlu kita hindari terlebih sifat hasad tersebut. Ketika seseorang mengetahui bahwa hasad tersebut berbahaya bagi si penderita, baik bagi agamanya maupun dunianya. Perlu diketahui pula bahwa hasad juga tidak berbahaya bagi orang yang dihasad, baik dari segi agamanya maupun dunianya.

Dia tidak berdosa dengan hasad orang lain kepadanya. Bahkan, dia mendapatkan pahala jika hasad tersebut keluar berwujud perkataan dan perbuatan, sebab dia termasuk orang yang dizhalimi. Kenikmatan yang ada padanya juga tidak akan musnah karena hasad orang lain kepadanya, sebab kenikmatan tersebut telah ditakdirkan untuknya.

Demikian ulasan tentang 11 Macam Cara Menghindari Hasad Dalam Diri Sendiri. Semoga dapat memberikan manfaat dan tambahan ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.

Facebook Comments
Rate this post
Loading...