Pengertian Ikhtiar Dalam Islam Dan Bentuk-bentuknya

Posted on

Pengertian Ikhtiar Dalam Islam Dan Bentuk-bentuknya – Sahabat Muslimah, banyak ayat Al-qur’an maupun hadits yang menyuruh kita untuk selalu berikhtiar, baik yang bersifat perintah secara tegas maupun yang bersifat motivasi. Sehingga tentu kita diharuskan untuk berusaha terlebih dahulu dan tidak pernah menyerah akan melakukan sesuatu hal. Baik kita melakukannya karena ada sesuatu keinginan, kehendak ataupun perintah, agar kita menjadi orang yang lebih baik lagi.

Loading...

Untuk lebih jelasnya tentu kita harus tahu dulu apa sih ikhtiar itu? perihal apa saja dalam melakukan ikhtiar? Nah untuk lebih jelasnya silahkan lihat pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Ikthiar

Ikhtiar secara bahasa yang berarti memilih berasal dari bahasa arab yaitu . Ikhtiar juga bisa diartikan berusaha, karena pada hakikatnya orang yang berusaha adalah berarti memilih. Selanjutnya ikhtiar secara istilah adalah usaha seorang hamba baik secara perilaku atau perbuatan untuk memperoleh apa yang akan di kehendaki dengan kemampuan serta keterampilan yang dimilikinya untuk mencapai suatu yang diinginkan sesuai dengan syariat islam.

Dalil dan Hadist tentang Ikhtiar.

Sebagai seorang muslim di wajibkan untuk senantiasa berikhtiar sekuat tenaga dan sekuat kemampuanya. setelah dia berikhtiar maka dia harus menyerahkan segala usahanya kepada allah SWT.
Artinya :

” … Sesungguhnya allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri …” ( QS. Ar-Ra’du 11 )

Loading...

Artinya :

“Apabila telah di tunaikan shalat, maka bertebarlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia allah dan ingatlah allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” ( QS. Al-Jumu’ah 10 ).

Sabda Rasulullah sebagai berikut :

Artinya :

“Bersemangatlah kamu menempuh aoa yang bermanfaat bagimu, mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah sekali-kali kamu malas. Jika sesuatu menimpamu, janganlah kamu katakan “Seandainya dahulu aku lakukan ini dan itu niscaya akan demikian dan demikian”. Namun katakanlah,”Inilah takdir Allah, apa yang Ia kehendaki pasti terjadi.”

Baca Juga:  Macam Macam Nafkah Dalam Islam

Artinya :

“Dari Umar Ibn Khattab berkata, bahwa beliau mendengar Rasulullah saw., bersabda. “Sekiranya kalian benar-benar bertawakkal kepada Allah SWT., dengan tawakkal yang sebanar-benarnya, sungguh kalian akan diberi rizki (oleh Allah swt.,) sebagaimana seekor burung diberi rizki, dimana ia pergi pagi dalam keadaan lapar, dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang”. (H.R. Ahmad, Turmudzi danIbnu Majah).

Dari dalil dan hadis tersebut diatas menunjukkan bahwa betapa penting berikhtiar dalam kehidupan, sebagaimana yang di jelaskan dalam Al-Qur’an yang berisikan perintah secara tegas agar sesudah melaksanakan ibadah agar segera berusaha mencari reski untuk keperluan diri dan keluarganya. Sedangkan dilihat dari hadits tersebut memberikan semangat dan motivasi agar kita suka bekerja keras demi untuk mencukupi kebutuhan hidup sendiri dan keluarga tanpa mengharap belas kasih dari orang lain.

Macam – macam Ikhtiar

Bersungguh-sungguh.

Bersungguh-sungguh adalah salah satu yang harus diperhatikan dalam mencapai semua keinginan, dengan kesungguhan yang mendalam maka akan memperoleh hasil yang diinginkan, jangan sekali-kali melakukan sesuatu dengan setengah hati.
contohnya: Dalam hal mencari jodoh, sudah pasti kita menginginkan jodoh yang baik dan sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. jika kita sudah pantas dan baik maka dengan izin-Nya jodoh kita akan datang.

Bekerja Keras.

Berkerja keras dan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Dengan bekerja keras kita akan tahu batas kemampuan kita dalam melakukan sesuatu hal, jangan bermalas-malasan dan melakukan usaha dengan semaunya. Tapi berusahalah dan berjuang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

contohnya : Bila kita melakukan sesuatu pekerjaan berusahalah sebisa mungkin dengan melihat apa yang bisa kita kerjakan, mendengar apa yang orang lain berikan selama itu baik dan positif.

Baca Juga:  6 Rukun Iman Dan Penjelasannya Secara Lengkap

Dilarang Putus Asa dan Pantang Menyerah.

Bila kita melakukan usaha, kemudian tidak mendapatkan hasil seperti yang kita harapkan atau bahkan mungkin gagal. Maka kita harus terus untuk mencoba, jangan mudah untuk menyerah dan  berputus asa, karena sebuah kegagalan merupakan awal sebuah proses pembelajaran agar kita dapat lebih berusaha semaksimal mungkin.

contohnya : Ketika kita menginginkan prestasi, sudah tentu kita harus belajar dan berusaha semaksimal mungkin mengetahui apa yang belum kita pahami. Setelah berusaha dengan cara satu sulit, gunakan cara yang lain dan begitu seterusnya.

Agama Islam menganjurkan kepada umatnya untuk selalu ikhtiar dalam melakukan sesuatu sesuai kemampuan yang dimiliki dan dengan diiringi doa. Karena segala sesuatu yang ada di dunia ini sudah ada yang mengatur untuk hasilnya serahkan pada yang Maha Kuasa. Karena setiap usaha manusia adalah hak prerogatif Allah. Kita hanya wajib untuk berusaha, jika gagal terus-menerus berusaha dan untuk hasilnya pasrahkan kepada Allah Swt.

Demikian penjelasan singkat tentang Pengertian Ikhtiar Dalam Islam Dan Bentuk-bentuknya, semoga dengan penjelasan ini membuat sahabat lebih termotivasi dalam melakukan sesuatu hal. Semoga dapat memberikan manfaat dan pengetahuan baru bagi yang belum mengetahuinya. Sekian terimakasih 🙂

Facebook Comments
Rate this post
Loading...