Keutamaan Sholat Sunnah Fajar Yang Luar Biasa Dahsyatnya

Posted on

Keutamaan Sholat Sunnah Fajar Yang Luar Biasa Dahsyatnya – Sholat sunnah fajar merupakan salah satu sholat sunnah yaang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad SAW. Karena keutamaannya yang sungguh dahsyatnya, sehingga beliau sangat menganjurkan untuk selalu dilaksanakan. Kapan waktu sholat fajar? yakni saat terbitnya fajar atau ditandai dengan dikumandangkannya adzan subuh. Bisa disebut juga dengan qabliyah subuh. Rasulullah biasa mengerjakannya setelah dikumandangkan adzan subuh dengan ringkas sebanyak 2 rokaat.

Loading...

Keutamaan Sholat Sunnah Fajar Yang Luar Biasa Dahsyatnya

Keutamaan sholat sunnah fajar atau rawatib atau qabliyah subuh ini sungguh sanngat luar biasa. Sebagaimana Rasulullah SAW. bersabda:

Artinya: “Dua rokaat fajar lebih baik dari dunia dan segala isinya” (HR. Muslim, at-Tirmidzi, Nasai)

Meskipun sholat sunnah ini sangat baik, lebih baik dari dunia dan isinya, tetapi dalam pelaksanaannya dianjurkan untuk tidak berlama-lama sehingga mengutamakan sholat sunnah fajar daripada sholat wajib subuh. Rasulullah pun melaksanakan sholat sunnah ini dengan ringkas. Pada rokaat pertama setelah membaca surat al-Fatihah, beliau membaca surat pendek al-Kafirun, dan membaca surat al-Ikhlas pada rokaat kedua setelah al-Fatihah.

Loading...

Keutamaan Sholat Sunnah Fajar Yang Luar Biasa Dahsyatnya

Rasulullah semasa hidupnya selalu menjaga sholat ini meskipun beliau sedang safar. Dari Aisyah ra. berkata:“Rasulullah berbicara mengenai dua rokaat ketika telah terbit fajar subuh”, Dua rokaat sholat sunnah fajar lebih kucintai daripada dunia dan isinya“. (HR. Muslim)

Bacaan niat sholat sunnah fajar

Inilah bacaan niat sholat sunnah fajar:

Usholli sunnatal fajri rok’ataini lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat sholat sunnah fajar dua rokaat karena Allah ta’ala

Waktu Mengerjakan Sholat Fajar

Ada yang masih bingung dengan waktu pelaksanaan sholat fajar, ada yang mengerjakan sebelum adzan subuh dan sholat qabliyah subuh juga. Padahal sholat sunnah fajar itu sama dengan qabliyah subuh. Jadi pelaksanaannya setelah waktu fajar tiba. Dikatakan sholat fajar karena pelaksanaannya di waktu fajar (setelah terbit fajar) sebelum sholat subuh.

Baca Juga:  Kumpulan Ayat Al-Qur'an Tentang Puasa

Itulah pembahasan singkat tentang sholat sunnah fajar atau qabliyah subuh. Semoga kita bisa menjalankannya secara istiqomah. Bagi yang masih bingung dan kurang paham atau kurang puas, bisa mencari sumber lain untuk memperkuat pendapat ini. Semoga Keutamaan Sholat Sunnah Fajar Yang Luar Biasa Dahsyatnya ini bisa menjadi penyemangat untuk kita lebih bersemangat lagi menjadi para pejuang subuh. Salam ukhuwah 🙂

Facebook Comments
Rate this post
Loading...