7 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Berpuasa

Posted on

7 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Berpuasa – Jumpa lagi dengan bulan suci yang penuh keberkahan ini, semoga dilancarkan puasanya dan semakin bertambah semangat untuk beribadah jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagai seorang wanita tentu tidak ada halangan untuk menjadikan hari-hari selama bulan ramadhan penuh dengan keceriaan meskipun tidak makan dan minum. Dengan segudang aktivitas yang penuh selama berpuasa, tentu membuat lelah, Namun pastikan kita tetap segar dan bisa menjaga kesehatan badan, pikiran juga yang terpenting bagi seorang wanita muslimah adalah menjaga kesehatan kulit.

Loading...

Kenapa penting? karena kurangnya asupan makanan dan minuman serta kurangnya waktu istirahat akan menyebabkan kulit dehidrasi, bibir kering atau pecah-pecah, wajah terlihat kusam, dan masalah kulit lainnya. Nah, untuk mencegah semua itu, ada tips ini yang bisa dicoba dan diterapkan bagi Anda yang ingin tetap tampil sehat, segar dan terawat kulitnya meskipun sedang berpuasa.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Berpuasa

Untuk tetap sehat dan cantik kuncinya adalah rajin. Jangan malas dengan berbagai alasan kesibukan. Luangkan waktu untuk selalu membersihkan kulit wajah dari kotoran, sel-sel kulit mati, debu, polusi udara dan lain sebagainya. Berikut ini tips penting buat Anda untuk menjaga kulit agar tetap sehat, cantik dan terawat.

  • Perbanyak asupan cairan

Jangan malas minum air putih yang banyak. Karena jika kurang asupan air dalam tubuh saat berpuasa itu tidak hanya menyebabkan rasa haus, tetapi juga bisa membuat kulit kamu kering karena dehidrasi. Jadi, jangan biarkan tubuh Anda kekurangan cairan. Anda bisa minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat malam dan 2 gelas setelah sahur. Selain untuk tubuh, cairan yang cukup juga bisa membuat kulit wajah terlihat lembab dan cantik.

  • Makan buah dan sayur yang cukup

Godaan saat berpuasa adalah berbuka dengan yang manis-manis dan pedas. Bahkan gorengan menjadi salah satu menu favorit yang tidak boleh ketinggalan saat berbuka. Untuk menghindarinya kita bisa gantikan yang manis-manis dengan buah-buahan segar. Kurangi makan yang berminyak dan perbanyak makan sayuran hijau. Selain membuat kulit sehat, sayuran dan buah bisa menyehatkan tubuh.

Baca Juga:  8 Tips Merawat Kulit Wajah Secara Alami
Loading...
  • Rajin membersihkan kulit wajah

Nah ini penting banget bahkan sangat penting dalam perawatan kulit untuk menjaganya agar tetap sehat.  Penting juga dalam memilih sabun pembersih muka, sesuaikan dengan jenis kulit muka dan pilih kandungan yang tidak membuat kulit menjadi iritasi. Rajin membersihkan kulit dari sisa-sisa make up, kotoran, debu, polusi, bakteri dan sel kulit mati akan membuat kulit terlihat lebih segar, sehat dan tidak kusam.

  • Gunakan pelembab dan sunscreen

Kulit sebagai benteng pertahanan pertama kita terutama daerah wajah tentunya membutuhkan perlindungan dan perawatan yang extra. Tidak sulit, hanya membutuhkan kerajinan dalam merawatnya. Untuk penggunaan pelembab harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah, carilah yang cocok untuk kulit Anda.

Salah satu hal yang sering diremehkan namun sangat bermanfaat adalah dengan rutinnya penggunaan sunscreen atau tabir surya.

Kulit yang sering terpapar sinar matahari secara langsung dapat membuat penuaan dini, terlebih pada saat sedang berpuasa dimana kondisi cairan dalam tubuh kurang. Pilih jenis sunscreen yang cocok dikulitmu. Pilih sunscreen yang memiliki SPF minimal 30, juga yang memiliki kandungan PA+++. SPF akan melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB, dan PA akan melindungi kulit dari sinar UVA. Semakin banyak tanda + pada PA, semakin tinggi pula kemampuan untuk menangkal paparan UVA dari sinar matahari.

7 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Berpuasa

  •  Gunakan lip balm pada bibir

Ga cuma wajah saja yang harus diperhatikan, tetapi juga bibir yang menjadi salah satu bagian terpenting di wajah yang harus dijaga kelembapannya. Gunakan lip balm agar bibir terhindar dari pecah-pecah dan kering.

  • Gunakan masker wajah

Ga berat ko, seminggu cukup dua kali untuk merawat kulit dengan cara menggunakan masker. Dengan penggunaan masker yang tepat, maka akan menjadi solusi terbaik bagi wajah yang kusam, berjerawat atau berpori-pori besar. Silakan cari masker yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

  • Istirahat yang cukup

Waktu malam saat bulan suci ramadhan mungkin akan banyak tersita oleh kegiatan-kegiatan ibadah, seperti tarawih, tadarus, sahur sehingga waktu istirahat sedikit terganggu. Namun jangan khawatir, istirahat yang cukup itu sedikit asal berkualitas. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan tubuh yang segar, kita hars pandai-pandai mengatur waktu istirahat. Penuhi kebutuhan kulit dan tubuh dengan istirahat yang cukup.

Baca Juga:  33 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Nah itulah beberapa tips dari catatanmoeslimah tentang cara menjaga kulit agar tetap fresh, sehat dan cantik. Jadi usahakan beberapa tips diatas untuk kamu terapkan ya sahabat Muslimah. Agar puasa tetap terlihat cantik dabn lebih bersemangat. Semoga 7 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Berpuasa ini bisa bermanfaat. Selamat menunaikan ibadah puasa 🙂

Facebook Comments
Rate this post
Loading...