Bacaan Surat Al-kahfi ayat 1-10 Dan Keutamaannya Lengkap

Posted on

Bacaan Surat Al-kahfi ayat 1-10 Dan Keutamaannya Lengkap – Surat al-Kahfi merupakan surat ke 18 yang ada dalam al-Quran. Surat al-kahfi ini terdiri atas 110 ayat dan termasuk surat Makiyyah atau surat yang diturunkan di kota Mekkah.

Surat al-kahfi juga disebut sebagai ashabul kahfi yang artinya penghuni-penghuni gua. Surat ini sudah sering kali kita dengar atau bahkan sering membacanya di malam atau hari Jumat. Akan tetapi tahukah bahwa menghafal sepuluh ayat dari surat ini sangat bermanfaat sekali untuk diri kita. Nah berikut ini bacaan ayat 1-10 dari surat al-Kahfi yang baik untuk dihafalkan juga terjemahannya.

Bacaan Surat Al-kahfi ayat 1-10 Dan Keutamaannya

Berikut ini akan dibahas tentang keutamaan surat al-kahfi yang begitu dahsyatnya dan 10 ayat pertama.

Surat Al-kahfi ayat 1-10

Ayat 1:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَىٰ عَبْدِهِ الْكِتَابَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَهُ عِوَجًا

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al Kitab (Al-Quran) dan Dia tidak mengadakan kebengkokan di dalamnya,”.

Ayat 2:

قَيِّمًا لِيُنْذِرَ بَأْسًا شَدِيدًا مِنْ لَدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا حَسَنًا

Loading...

Artinya: “sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan siksaan yang sangat pedih dari sisi Allah dan memberi berita gembira kepada orang-orang yang beriman, yang mengerjakan amal saleh, bahwa mereka akan mendapat pembalasan yang baik“.

Baca Juga:  Kumpulan Ayat Tentang Amanah Terlengkap

Ayat 3:

مَاكِثِينَ فِيهِ أَبَدًا

Artinya: “mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya“.

Ayat 4:

وَيُنْذِرَ الَّذِينَ قَالُوا اتَّخَذَ اللَّهُ وَلَدًا 

Artinya: “Dan untuk memperingatkan kepada orang-orang yang berkata: “Allah mengambil seorang anak“.

Ayat 5:

مَا لَهُمْ بِهِ مِنْ عِلْمٍ وَلَا لِآبَائِهِمْ ۚ كَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ ۚ إِنْ يَقُولُونَ إِلَّا كَذِبًا

Artinya: “Mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah buruknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka tidak mengatakan (sesuatu) kecuali dusta“.

Ayat 6:

فَلَعَلَّكَ بَاخِعٌ نَفْسَكَ عَلَىٰ آثَارِهِمْ إِنْ لَمْ يُؤْمِنُوا بِهَٰذَا الْحَدِيثِ أَسَفًا

Artinya: “Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Quran)“.

Ayat 7:

إِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْأَرْضِ زِينَةً لَهَا لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya“.

Ayat 8:

وَإِنَّا لَجَاعِلُونَ مَا عَلَيْهَا صَعِيدًا جُرُزًا

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya menjadi tanah rata lagi tandus“.

Ayat 9:

أَمْ حَسِبْتَ أَنَّ أَصْحَابَ الْكَهْفِ وَالرَّقِيمِ كَانُوا مِنْ آيَاتِنَا عَجَبًا

Artinya: “Atau kamu mengira bahwa orang-orang yang mendiami gua dan (yang mempunyai) raqim itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan Kami yang mengherankan?“.

Ayat 10:

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya: “(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)“.

Baca Juga:  √ 11 Hikmah Puasa Di Bulan Ramadhan Yang Harus Diketahui!

Keutamaan Surat Al-Kahfi

Adapun keutamaan surat al-Kahfi diantaranya sebagai berikut:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: “Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah)  Dajjal.” (HR. Muslim, Ibnu Hibban, al-Hakim, al-Baihaqi )

Bacaan surat tersebut berada  diawal surat seperti yang telah dituliskan diatas. Sebaiknya, kita berusaha untuk menghafal dan memahami makna atau arti dari ayat-ayat tersebut.  Adapun dalam riwayat lain disebutkan pada sepuluh ayat terakhir dari surat al-Kahfi.

Bacaan Surat Al-kahfi ayat 1-10 Dan Keutamaannya Lengkap

Dari Abu Sa’id Al-Khudry ra., bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: “Dari Abu Sa’id Al-Khudry ra., bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jumat“. (HR. al-Hakim dan al-Baihaqi)

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: “Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq“. (HR. ad-Darimi, an-Nasai dan al-Hakim)

Dari Ibnu Umar ra., berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Artinya: “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat“.

Baca Juga:  √ 20 Sifat Mustahil Bagi Allah Beserta Artinya Lengkap

Al-Mundziri berkata: “hadits ini diriwayatkan oleh Abu Bakr bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan isnad yang tidak apa-apa“. (Dari kitab at-Targhib wa al- Tarhib: 1/298)

Itulah beberapa keutamaan dalam membaca surat al-Kahfi, terlebih dibaca setiap malam jum’at dan menghafalnya di 10 ayat pertama atau 10 ayat terakhir. Bisa dilihat bagaimana sayangnya jika kita tidak mampu menghafalnya dan tidak mau membacanya. Semoga Bacaan Surat Al-kahfi ayat 1-10 Dan Keutamaannya Lengkap ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.

Bacaan Surat Al-kahfi ayat 1-10 Dan Keutamaannya Lengkap
5 (100%) 2 vote[s]