Fungsi Al-Qur’an Bagi Kehidupan Manusia

Posted on

Fungsi Al-Qur’an Bagi Kehidupan Manusia – Manusia hidup tentu memiliki tujuan dan tujuan manusia diciptakan itu hanyalah untuk mengabdi, tunduk, patuh, taat kepada Allah Sang Maha Pencipta dengan cara beribadah dan bertaqwa kepada-Nya. Allah memberikan petunjuk kepada hamba-hamba-Nya dengan menurunkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup bagi hamba-Nya yang diturunkan melalui perantara malaikat Jibril.

Loading...

Kita telah ketahui bahwa Al-Qur’an merupakan kalamullah, jadi jelas bahwa fungsi Al-Qur’an bagi kehidupan umat manusia sangatlah penting. Jika hidup tanpa berpedoman dan berpegang teguh pada Al-Qur’an maka hidup akan menjadi sia-sia.

Fungsi Al-Qur’an Bagi Kehidupan Manusia

Dalam Al-Qur’an Allah telah berfirman:

Artinya: “Alif, laam raa. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji“. (QS. Ibrahim: 1)

Loading...

Fungsi Al-Qur'an Bagi Kehidupan Manusia

Di dalam Al-Qur’an telah dijelaskan bahwa ayat-ayat Allah yang ada dalam Al-Qur’an itu diperuntukkan bagi manusia sebagai petunjuk, yang dapat mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju jalan yang terang benderang.

Fungsi Al-Qur’an secara umum adalah sebagai berikut:

Al-Qur’an sebagai petunjuk (al-Huda)

Al Qur’an merupakan petunjuk bagi umat Islam. Jika ingin selamat di dunia dan akhirat, maka jadikanlah al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Kita tidak akan tersesat jika kita menjadikan Al Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup. Sebagaimana Rasulullah bersabda yang artinya: “Aku titipkan kepadamu sekalian dua perkara. Jika kamu pegang teguh kedua perkara tersebut, maka tidak akan pernah sesat selama-lamanya; yaitu kitab Allah (Al Qur’an ) dan sunnah Rasulullah SAW“. (HR. Bukhari dan Muslim)

Al-Qur’an sebagai sumber hukum ajaran islam

Al-Qur’an berfungsi sebagai sumber hukum Islam yang pertama dan paling utama, baik yang berkaitan dengan kehidupan dunia maupun akhirat, hubungan antar manusia, hubungan antar manusia dengan Allah, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Sifat Malu Yang Harus Dimiliki Umat Islam

 Al-Qur’an sebagai rahmatal lil’alamin

Allah menurunkan Al-Qur’an dengan tujuan agar manusia dapat menjalani hidupnya dengan bahagia dan selamat di dunia dan akhirat. Sehingga al-Qur’an dapat memberikan rahmat kepada orang-orang yang beriman. Kebenaran, kekuatan dan kedahsyatan al-Qur’an tidak perlu diragukan lagi, karena al-Qur’an dapat memberikan pertolongan kepada kita di dunia juga akhirat.

Al-Qur’an sebagai mukjizat terbesar

Jelas bahwa al-Qur’an merupakan mukjizat paling luar biasa yang berlaku sepanjang masa. Al-Qur’an merupakan penyempurna kitab-kitab sebelumnya. Bentuk al-Qur’an bisa dilihat, dibaca, disentuh, dapat kita dengarkan bacaannya, dan akan berlaku sepanjang waktu. Tidak akan punah dan tidak akan pernah berubah.

Jadi, jelas bahwa Al-Qur’an bukan hanya sekedar mushaf, kitab atau buku saja yang hanya menjadi pajangan di dalam rumah atau tempat ibadah, juga bukan hanya sekedar bacaan tanpa pengamalan. Al-Qur’an yang tidak digunakan, diamalkan, dipelajari dan dipahami isi dan kandungannya, maka tidak ada manfaat dan fungsinya bagi kita. Al-Qur’an dapat berfungsi sebagaimana mestinya jika kita menjadikannya sebagai pegangan, pedoman, petunjuk yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga kita semua senantiasa dapat menjaga diri kita dari siksa neraka dengan cara mengamalkan dan menjalankan apa yang telah Allah perintahkan sesuai dengan petunjuk yang ada di dalam al-Qur’an dan as-Sunnah. Semoga penjelasan singkat mengenai Fungsi Al-Qur’an Bagi Kehidupan Manusia ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih 🙂

Facebook Comments
Rate this post
Loading...