√ Bacaan Doa Ibu Hamil Menjelang 4 Bulanan

Posted on

Bacaan Doa Ibu Hamil Menjelang 4 Bulanan – Usia 4 bulan janin dalam kandungan ibunya adalah saat-saat dimana sebagai orangtua khususnya ibu yang mengandung harus banyak-banyak meminta kepada Allah agar diberikan anak yang kelak dapat membanggakan dunia dan akhirat.

Pada usia janin 4 bulan didalam kandungan ibunya, maka saat itulah ruhnya ditiupkan kedalam janin. Untuk itu, bagi siapapun yang menginginkan kehadiran buah hatinya dengan penuh kesempurnaan tubuhnya, bagus akhlaqnya, indah rupanya, cerdas akalnya, kelak menjadi orang yang ‘alim, maka perbanyaklah doa. Bahkan sebelum usia kandungan memasuki 4 bulan, seorang ibu hendaknya banyak-banyak bermunajat dan berdoa, membaca Al-Qur’an, dzikir dan cara lainnya yang dapat mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta.

Bacaan Doa Ibu Hamil Menjelang 4 BulananBacaan Doa Ibu Hamil Menjelang 4 Bulanan

Adapun bacaan doa yang bisa dipanjatkan ketika usia janin sudah memasuki 4 bulan, maka bacalah doa-doa berikut ini:

Bacaan Doa Ketika Janin Didalam Kandungan Berusia 4 Bulan

Tradisi kita saat ini adalah mengadakan walimatul haml, saat ibu hamil memasuki usia kandungan 4 bulan. Karena pada saat usia kandungan 4 bulan atau 120 hari, Allah subhanahu wata‘ala mengutus malaikat guna untuk meniupkan ruh ke dalam janin yang terdapat di rahim ibunya. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita memohon dan memanjatkan doa untuk janin dan ibunya. Terutama untuk janin sebagai calon generasi yang rabbani.

Doa Menjelang 4 Bulan Bayi Dalam Kandungan Ibu

Perbanyak membaca istighfar dan lebih baik sayyidul istighfar, inilah bacaannya:

Loading...

Membaca sayyidul istighfar

اللَّهُمَّ أنْتَ رَبّي لا إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِي وأنا عَبْدُكَ وأنا على عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ ما اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّ مَا صَنَعْتُ أبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عليَّ وأبُوءُ بِذَنْبي فاغْفِرْ لي فإنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أنْتَ

Tulisan Latinnya:

Allahumma anta rabbi laa-ilaa-ha illa-anta khalaqtani wa-ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa-wa’dika mas-ta tha’tu a’udzubika min syarri maa shana’tu abu-u laka bini’matika ‘alayya wa abu-u  bidzanbii faghfirlii fainn-nahu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, Tiada Tuhan Selain Engkau Yang Menciptakanku. Aku Adalah Hamba-Mu, Aku Akan Setia Pada Janjiku Pada-Mu Semampuku. Aku Berlindung Kepada-Mu Dari Keburukan Yang Aku Perbuat. Kuakui Segala Nikmat-Mu Atasku Dan Aku Akui Segala Dosaku (Yang Aku Perbuat). Maka Ampunilah Aku, Sesungguhnya Tidak Ada Yang Bisa Mengampuni Dosa Kecuali Engkau.”

Baca Juga:  Inilah 20 Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil

Kemudian membaca doa

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. وَمِنَ اللهِ وَإِلَى اللهِ وَلَا غَالِبَ إِلَّا اللهُ وَلَا يُفَوِّتُهُ هَارِبٌ مِنَ اللهِ وَهُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ. نُعِيْذُ هَذَا الْحَمْلَ الْبَالِغَ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ بِاللهِ اللَّطِيْفِ الْحَفِيْظِ الَّذِى لَآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيْمُ. وَنُعِيْذُهُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ وَبِأَسْمَآئِكَ الْعَظِيْمَةِ وَآيَاتِهِ الْكَرِيْمَةِ وَحُرُوْفِهَا أَلْمُبَارَكَةِ مِنْ شَرِّ الْإِنْسِ وَالْجَآنِّ وَمِنْ مَكْرِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْآوَانِ وَمِنْ جَمِيْعِ الْفِتَنِ وَالْبَلَايَا وَالْعِصْيَانِ وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ. اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ وَلَدًا صَالِحًا كَرِيْمًا كَامِلًا عَاقِلًا عَلِيْمًا نَافِعًا مُبَارَكًا حَلِيْمًا. اللَّهُمَّ  زَيِّنْهُ بِزِيْنَةِ الْأَخْلَاقِ الْكَرِيْمَةِ وَالصُّوْرَةِ الْجَمِيْلَةِ ذِي الْهَيْبَةِ وَالْهَيْئَةِ الْمَلِيْحَةِ وَالرُّوْحِ عَلَى الْفِطْرَةِ الْجَزِيْلَةِ .اللَّهُمَّ اكْتُبْهُ فِي زُمْرَةِ الْعُلَمَآءِ الصَّالِحِيْنَ وَحَمَلَةِ الْقُرْآنِ الْعَامِلِيْنَ وَارْزُقْهُ عَمَلاً يُقَرِّبُهُ إِلَى الْجَنَّةِ مَعَ النَّبِيِّيْنَ يَآ أَكْرَمَ الْأَكْرَمِيْنَ وَيَا خَيْرَ الرَّازِقِيْنَ .اللَّهُمَّ ارْزُقْهُ وُأُمَّهُ فِي طَاعَتِكَ الْمَقْبُوْلَةِ وَذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ الْمُرْضِيَّةِ وَاحْفَظْهُ مِنَ السَّقْطِ وَالنَّقْصِ وَالْعِلَّةِ وَالْكَسَلِ وَالْخِلْقَةِ الْمَذْمُوْمَةِ حَتَّى وَضَعَتْهُ أُمُّهُ عَلَى صِحَّةٍ وَعَافِيَةٍ وَسُهُوْلَةٍ وَيُسْرَةٍ مِنْ غَيْرِ مَرَضٍ وَتَعَبٍ وَعُسْرَةٍ بِشَفَاعَةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Tulisan Latinnya:

A’uudzu billaahi minasysyaithaanir rajiim. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Wa minallahi wa ilaLlaahi wa laa ghaaliba illaLlaahu wa laa yufawwituhu haaribun minallaahi wa huwal Hayyul Qayyuum.Nu’idzu haadzal hamla al-baaligha arba’ata asyhurim billaahil Lathiifil Hafiidzil Ladzii laa ilaaha illa Huwa ‘aalimul ghaibi wasysyahaadati Huwra Rahmaanur Rahiim, wa nu’idzuhu bikalimaatillaahit Taammaati wa bi asmaaikaa ‘adziimati wa aayaatihil-kariimati wa huruufihaal mubaarakati min syarril insi wal jaanni wamin makril laili wan nahaari wal aawaani wamin jamii’il fitani wal balaaya wal ‘ishyaani wa min syarrin naffaatsaati fil ‘uqudi wamin syarri haasidin idzaa hasad. Allahummaj ’alhu waladan shaalihan kariiman kaamilan ‘aaqilan ‘aliiman naafi’an mubaarakan haliiman. Allahumma zayyinhu biziinatil akhlaaqi al-kariimati washshuuratil jamiilati dzil-haibati wa- haiati al-maliihati warruuhi ‘alal fithrati al-jaziilati. Allahummaktubhu fii zumratil ulamaa’ish shaalihiin wa hamalatil qur’aânil ‘aamiliina warzuqhu ‘amalan yuqarribuhu ilal jannati ma’an nabiyyiina yaa Akramal akramiin wa yaa Khairar Raaziqiin. Allahummarzuqhu wa ummuhu fî tha’atikal maqbuulati wa dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatikal-mardliyyati wahfadzhu minassaqti wannaqshi wal ‘illati walkasali walkhilqatil-madzmuumati hatta wadla’athu ummuhu ‘ala shihhatin wa ‘aafiyatin wa suhuulatin wa yusratin min ghairi maradlin wa ta’abin wa ‘usratin bi syafaa’ati sayyidinaa Muhammadin shallaLlaahu ‘alaihi wa sallam.

Terjemahannya:

Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk, dengan menyebut asma Allah yang Maha Pengasih lagi Maha penyayang. Dari Allah, kepada Allah, tidak ada yang menang kecuali Allah, tiada yang bisa berlari dari Allah, Dia Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri.

Kami memohon perlindungan bagi janin yang berumur 4 bulan ini pada Allah Yang Maha Lembut, Yang Maha Menjaga, tiada tuhan selain Dia Yang Maha Mengetahui hal-hal gaib dan terlihat. Dia Maha Pengasih lagi Penyayang.  Kami memohon perlindungan bagi janin ini pada kalimat-kalimat Allah yang sempurna, asma-asma-Nya yang agung, ayat-ayat-Nya yang mulia, huruf-huruf-Nya yang diberkati dari kejelekan manusia dan jin, dari godaan malam, siang, dan waktu, dan dari segala fitnah, bala dan maksiat, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang meniup buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki saat mereka mendengki.

Ya Allah jadikanlah dia (janin) ini sebagai anak yang saleh, mulia, sempurna, berakal, alim, bermanfaat, terberkati, dan bijaksana. Ya Allah, hiasi dia dengan hiasan akhlak yang mulia dan rupa dan indah, memiliki wibawa dan tingkah yang manis, dan ruh yang suci lagi agung.

Ya Allah, tulis takdirnya sebagai bagian dari para ulama yang saleh, penghafal dan pengamal Al-Qur’an yang bisa mendekatkannya pada surga beserta para Nabi, wahai Dzat paling mulia diantara mereka yang mulia dan Dzat Pemberi rizqi Terbaik.

Ya Allah berikan rizqi pada dia dan ibunya untuk taat yang diterima, untuk mengingat Engkau, bersyukur pada-Mu, dan beribadah yang baik pada-Mu. Jaga dia dari keguguran, kekurangan, cacat, malas, dan bentuk yang tercela hingga ibunya melahirkannya dalam kondisi sehat wal afiat, secara mudah, gampang, tanpa sakit, susah, dan penat. Dengan syafaat Nabi Muhammad SAW.

Doa Suami Untuk Anak Dalam Kandungan Istrinya

Doa ini bisa diamalkan oleh ibu hamil dengan mengganti kalimat “fii batni zaujaty” dengan “Fii batniy“, jika fii batni zaujaty artinya di dalam perut istriku, ini untuk suami atau calon ayah dari anak yang dikandung, sedangkan jika ibu yang mengamalkan cukup didalam kandunganku yaitu “Fii batniy“.

Adapun cara mengamalkan doa ini, cukup dibaca sesering mungkin setiap kali selesai sholat atau saat berdoa, sejak mengandung sampai hendak melahirkan. Jangan pernah bosan mengamalkannya. Terutama saat menjelang 4 bulan anak dalam kandungan, karena pada saat itulah Allah memberi ruh kedalam janin.

اللَّهُمَّ احْفَظْ وَلَدِي مَادَامَ فِى بَطْنِ زَوْجَتِي وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِى لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لآيُغَادِرُ سَقَمًا. اللَّهُمَّ صَوِّرْهُ فِي بَطْنِ زَوْحَتِي صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ. اللَّهُمَّ أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِي وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا. اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا. اللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan Doa Dengan Tulisan Latin

Allahummahfadz walady maa daa-ma fii batni zaujaty, wasyfihi antas-syafii laa syifaa-a illa syifaa-uka syifaa-an laa yughadiru saqomaa. Allahumma shawwirhu fii batni zaujatyshuuratan-hasanataw watsabbit qalbahu iimaanan bika wabirasulika. Allahumma akhrijhu min batni zaujaty waqta wiladatihaa sahlan watasliimaa. Allahummaj’alhu shahiihan kaamilan wa ‘aaqilan haadziqan ‘aaliman ‘aamilan. Allahumma thawwil ‘umuurahu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqahu wafsih lisaanahu wa ahsin shautahu li qiraa-atil qur’anil ‘adziimi bibarakati muhammadin shallallahu ‘alaihi wasallam, walhamdulillahi rabbil ‘aalamiin.

Terjemahannya

Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku,  Dan sehatkanlah dia, karena sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang bisa meyehatkan. Tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit sedikitpun.

Ya Allah, Bentuklah dia di dalam perut istriku dengan bentuk yang bagus dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu.

Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat.

Ya Allah, Jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, yang berakal cerdas, yang alim dan mau mengamalkan ilmunya.

Ya Allah, Panjangkalah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskanlah akhlaqnya, fasihkanlah lisannya dan merdukanlah suaranya untuk membaca Al-Quran dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.

Adapun doa tersebut bisa juga diamalkan setiap ba’da sholat lima waktu. Boleh dan lebih baik jika ditambahkan bersama doa-doa lainnya untuk si jabang bayi.

Itulah Bacaan Doa Ibu Hamil Menjelang 4 Bulanan atau sudah memasuki usia kandungan 4 bulan, semoga bermanfaat bagi kaum Muslimah yang sedang mengandung, semoga anak-anak yang terlahir menjadi generasi penerus dan penegak aqidah Islam, sholih sholihah serta menjadi kebanggaan orangtua dunia dan akhirat. Salam ukhuwah 🙂

√ Bacaan Doa Ibu Hamil Menjelang 4 Bulanan
5 (100%) 6 vote[s]