√ Kumpulan Ayat Alquran Tentang Aqidah Islam Terlengkap

Posted on

Kumpulan Ayat Alquran Tentang Aqidah Islam Terlengkap – Aqidah merupakan aspek fundamental dalam Islam yang berhubungan erat dengan, keyakinan, kepercayaan atau keimanan terhadap hal-hal yang ghaib. Jadi, aqidah Islam itu bermakna keyakinan yang kuat dan sifatnya pasti kepada Allah SWT dan Rasul-Nya dengan melaksanakan apa-apa yang menjadi perintahnya, percaya dan yakin kepada hal-hal yang  bersifat ghaib seperti percaya kepada malaikat-malaikat Allah, hari akhir, qodho dan qodar, takdir baik maupun buruk, dan pokok-pokok agama dan hukum-Nya maupun ketaatan kepada-Nya serta meneladani Rasulullah SAW sebagai suri tauladan bagi seluruh umat.

Setiap pemeluk agama pasti memiliki suatu aqidah tertentu, keyakinan terhadap agama yang diyakininya. Namun aqidah yang benar hanyalah aqidah Islam. Karena aqidah Islam bersumber dari Dzat yang Maha merajai alam semesta alam. Oleh karenanya tidak ada perbedaan antara aqidah yang dibawa oleh para Nabi dari masa ke masa.

Kumpulan Ayat Alquran Tentang Aqidah Islam Terlengkap

Tujuan utama penciptaan manusia tidak lain hanyalah untuk beribadah kepada Allah semata. Dan penting sekali untuk diketahui bahwa ibadah yang kita lakukan akan menjadi sia-sia jika terselip sebuah kesyirikan. Jika suatu ibadah bercampur dengan kemusyrikan, maka ibadah kita tidak akan diterima oleh Allah SWT.

Ayat-ayat Tentang Aqidah Islam

Aqidah Islam bersumber dari al-Qur’an, as-Sunnah dan Ijma para Ulama. Berikut ini ada beberapa dalil yang berkaitan dengan aqidah Islam.

Baca Juga:  Mengenal Hukum Qurban dan Dalilnya

Surat Al-Baqarah Ayat 2

ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

Artinya: “Kitab (al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa“.

Loading...

Surat Al-Baqarah Ayat 186

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran“.

Surat An-Nisa’ Ayat 80

مَنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ

Artinya: “Barangsiapa yang mentaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah mentaati Allah“.

Surat Al-Maidah Ayat 3

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

Artinya: “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu“.

Surat Al-A’raf Ayat 158

قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ يُحْيِي وَيُمِيتُ

Artinya: Katakanlah: “Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan“.

Kumpulan Ayat Alquran Tentang Aqidah Islam Terlengkap
Kumpulan Ayat Alquran Tentang Aqidah Islam Terlengkap

Surat Al-Hasyr Ayat 7

وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ

Artinya: “Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah“.

Surat Al-An’am Ayat 88

وَلَوْ أَشْرَكُوا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: “Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.”

Baca Juga:  Ingat Saudariku!!!....Suamimu Adalah Surga Dan Nerakamu

Surat Az-Zumar Ayat 65

وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Artinya: “Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu, ‘Jika kamu mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.”

Dalam sebuah hadits dikatakan yang Artinya: “Dari Jabir bin Abdullah ia berkata: Aku mendengar Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa bertemu Allah dalam keadaan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, maka dia akan masuk surga, dan barang siapa yang bertemu dengan-Nya dalam keadaan menyekutukan-Nya dengan sesuatu, maka ia akan masuk neraka“. (HR. Muslim)

Dan masih banyak ayat-ayat lain yang menjelaskan tentang aqidah Islam. Namun hanya itulah yang dapat diberikan pada kesempatan ini,  beberapa ayat dari al-Qur’an yang berkaitan dengan aqidah Islam. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan baru bagi kita semua. Sekian terimakasih:)

√ Kumpulan Ayat Alquran Tentang Aqidah Islam Terlengkap
3.6 (72.86%) 14 vote[s]