√ Nama “Surga Dan Neraka” Beserta Dalil Dan Artinya Lengkap

Posted on

Nama “Surga Dan Neraka” Beserta Dalil Dan Artinya Lengkap – Surga adalah tempat dimana setiap manusia menginginkan kekal di dalamnya. Tidak hanya bagi orang muslim, orang kafir pun menginginkannya. Tempat yang kekal dengan penuh kenikmatan. Berbeda dengan neraka, dimana tempat ini adalah tempat yang sangat menakutkan. Balasan Allah untuk hamba-Nya yang tidak bertaqwa sehingga neraka lah tempat yang pantas untuk menyiksa.

Selama ini sering kita dengar tentang nama surga adalah “Surga Firdaus“, sedangkan nama neraka yang juga familiar adalah “Neraka Jahanam“. Ternyata nama surga dan neraka itu cukup banyak. Untuk mengetahui apa saja nama-nama Surga dan Neraka, berikut ini akan dijelaskan secara singkat.

Nama “Surga Dan Neraka” Beserta Dalil Dan Artinya Lengkap

Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang seputar nama surga dan neraka lengkap dengan ayat dan pengertiannya.

Nama-nama Surga

Ada 8 macam surga yang dijelaskan dalam al-Qur’an. Berikut nama-nama surga dan penjelasan singkatnya:

Surga Firdaus

Yakni surga tertinggi dan paling mulia yang diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, menjaga diri dari segala perbuataan yang dilarang, dan menjalankan apa yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya. Allah SWT. berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا

Loading...

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal“. (QS. Al-Kahfi: 107)

Surga ‘Adn

Surga ‘Adn ini adalah tempat yang kekal abadi diperuntukkan bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT.

أُولَٰئِكَ لَهُمْ عُقْبَى الدَّارِجَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ

Artinya: “…orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), (yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya“. (QS. Ar-Ra’d: 22-23)

Baca Juga:  Rajin Bersedekah, Lupa Nafkah Keluarga

جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ وَذَٰلِكَ جَزَاءُ مَنْ تَزَكَّىٰ

Artinya: ” (yaitu) surga ‘Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan)“. (QS. Thaha: 76)

جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ لَهُمْ فِيهَا مَا يَشَاءُونَ ۚ كَذَٰلِكَ يَجْزِي اللَّهُ الْمُتَّقِينَ

Artinya: “(yaitu) Surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa“. (QS. An-Nahl: 31)

Surga Na’im

Yakni Surga yang penuh dengan kenikmatan dan diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman dan beramal shaleh. Allah berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan“. (QS. Luqman: 8)

Surga Ma’wa

Diperuntukan bagi orang-orang yang takut akan kebesaran Allah SWT dan dan dapat mengendalikan hawa nafsunya. Sebagaimana Allah berfirman:

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَىٰ فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَىٰ

Artinya: “Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya)“. (QS. An-Nazi’at: 40-41)

Surga Darussalam

Yakni Surga yang diperuntukkan bagi orang-orang yang kuat iman dan Islamnya, memperhatikan ayat-ayat Allah serta beramal shaleh. Sebagaimana Allah firman Allah:

لَهُمْ دَارُ السَّلَامِ عِنْدَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: “Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal sholeh yang selalu mereka kerjakan“. (QS. Al-An’am: 127)

Surga Darul Muqamah

Diperuntukkan bagi orang-orang yang bersyukur kepada Allah. Allah Ta’ala berfirman:

الذِي أَحَلنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِنْ فَضْلِهِ لَا يَمَسنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسنَا فِيهَا لُغُوبٌ

Artinya: “Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu“. (QS. Fathir: 35)

Baca Juga:  Inilah!!! Kumpulan Hadits Tentang Amanah

Surga Al-Maqamul Amin

Surga ini diperuntukkan bagi orang-orang yang bertakwa. Allah SWT berfirman:

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي مَقَامٍ أَمِينٍ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman“. (QS. Ad-Dukhan: 51)

Surga Khuldi

Diperuntukkan bagi orang-orang yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Allah SWT. berfirman:

قُلْ أَذلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنةُ الْخُلْدِ التِي وُعِدَ الْمُتقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاءًوَمَصِيرًا

Artinya: “Katakanlah: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau Surga yang kekal yang Telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa?” dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?” (QS. Al Furqan: 15)

Nama-Nama Neraka

Adapun nama-nama neraka ada 8 diantaranya sebagai berikut:

Neraka Hawiyah

Neraka yang diperuntukkan bagi orang yang ringan amal kebaikannya. Allah berfirman:

فَأُمهُ هَاوِيَةٌ.وَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْ

Artinya: “Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah“. (QS. Al-Qari’ah: 8-9)

Neraka Ladzo

Neraka yang bergejolak apinya dan mengelupaskan kulit kepalanya. Allah berfirman dalam QS. Al-Ma’arij ayat 15-16

كَلَّا إِنَّهَا لَظَى نَزَّاعَةً لِلشَّوَى

artinya: “Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak. Yang mengelupaskan kulit kepala“.

Neraka Sair

Neraka yang menyala-nyala. Sebagaimana dalam Firman-Nya:

وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ وَجَعَلْنَاهَا رُجُومًا لِلشَّيَاطِينِ ۖ وَأَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابَ السَّعِيرِ

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala“. (QS. Al-Mulk: 5)

Neraka Saqar

مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ. قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ

Artinya: “Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?” Mereka menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kami kematian“. (QS. Al-Mudatsir: 42-47)

Baca Juga:  Inilah Caranya Jika Ingin Membangun Rumah Di Surga

Nama-Nama Surga Dan Neraka Dan artinya Lengkap

Neraka Hutamah

Neraka yang membakar manusia sampai ke ulu hatinya.

نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ.الَّتِي تَطَّلِعُ عَلَى الْأَفْئِدَةِ. إِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُؤْصَدَةٌ. فِي عَمَدٍ مُمَدَّدَةٍ

Artinya: “(yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka, (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang”. (QS. Al-Humazah: 6-9)

Neraka Wail

فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ. الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ. الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ. وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ

Artinya: “Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya, dan enggan (menolong dengan) barang berguna“. (QS. Al-Ma’un: 4-7)

Neraka Jahim

Ialah Neraka yang apinya dapat menghanguskan manusia seketika. Neraka ini diperuntukkan bagi orang-orang yang menyekutukan Allah SWT.

وَبُرزَتِ الْجَحِيمُ لِلْغَاوِينَ

Artinya: “Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat“. (QS. Asy-Syu’ara’: 91)

Neraka Jahannam

Yakni Neraka yang paling bawah atau dasar, paling dalam dan paling berat siksaannya. Tempat ini diperuntukkan bagi orang-orang kafir dan Iblis (Syetan) beserta para pengikutnya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:

وَالَّذِينَ كَفَرُوا لَهُمْ نَارُ جَهَنَّمَ لَا يُقْضَىٰ عَلَيْهِمْ فَيَمُوتُوا وَلَا يُخَفَّفُ عَنْهُمْ مِنْ عَذَابِهَا

Artinya: “Dan orang-orang kafir bagi mereka neraka Jahannam. Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati dan tidak (pula) diringankan dari mereka azabnya…“. (QS. Fathir: 36)

وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ أَجْمَعِينَ

Artinya: “Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya“. (QS. Al-Hijr: 43)

Itulah penjelasan dan uraian singkat seputar nama-nama Surga dan Neraka. Semoga pembahasan kali ini tentang Nama-Nama “Surga Dan Neraka” Beserta Dalil Dan Artinya Lengkap dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi para pembaca 🙂

√ Nama “Surga Dan Neraka” Beserta Dalil Dan Artinya Lengkap
4.4 (88.85%) 61 vote[s]