√ Bacaan Niat Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Posted on

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin Dan Artinya – Sahabat Muslim dan Muslimah yang sedang menjalankan ibadah puasa, tepat sekali di bulan yang suci ini sebagai seorang Muslim yang beriman tentu kita melaksanakan apa yang telah Allah perintahkan kepada kita yakni menjalankan ibadah puasa.

Puasa merupakan salah satu kewajiban umat Islam yang harus dilaksanakan di bulan Ramadhan.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Niat merupakan salah satu fardhu atau rukun puasa. Sehingga jika kita tidak mengucapkan atau berniat untuk berpuasa maka puasanya akan sia-sia. Puasa Ramadan dan puasa wajib lainnya terbilang istimewa dibanding ibadah lain. Kalau niat ibadah lainnya berbarengan dengan awal praktik ibadahnya itu sendiri. Sedangkan niat puasa Ramadhan yang merupakan puasa wajib harus dilakukan di malam hari atau sebelum fajar.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Penulis yakin, teman-teman semua sudah mengerti dan paham serta hafal dengan bacaan niat puasa, karena sering kali kita mengikuti bacaan ini setiap selesai sholat tarawih, juga sudah diajarkan di sekolah maupun guru ngajinya. Namun, ada beberapa adik-adik kita yang mungkin masih belajar untuk menghafalkannya. Nah berikut ini akan dituliskan bacaan niat puasa yang umum kita pakai.

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ

Loading...

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa-i fardhi syahri romadhoona hadzihis sanati lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan ramadhan di tahun ini karena Allah Ta’ala.”

Niat puasa biasanya kita baca saat setelah melaksanakan sholat tarawih yang dipimpin oleh imam, namun jika tidak melaksanakan sholat tarawih bisa juga kita membacanya di rumah. Waktu membaca niat ini bisa dilakukan kapanpun sampai menjelang waktu imsak.

Baca Juga:  √ 11 Hikmah Puasa Di Bulan Ramadhan Yang Harus Diketahui!

Untuk mengantisipasi agar tidak lupa, biasakan sebelum tidur atau makan sahur hendaknya membaca niat puasa untuk esok hari.

Rasulullah SAW. bersabda:

مَنْ لَمْ يُجْمِعِ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلاَ صِيَامَ لَهُ

Artinya: “Barang siapa yang tidak berniat puasa pada malamnya sebelum terbit fajar, maka tiada puasa baginya.” (HR. Muttafaq ‘alaih)

Nah itulah Bacaan Niat Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin Dan Artinya. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. Jangan lupa baca juga artikel terkait tentang puasa Ramadhan.

√ Bacaan Niat Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin Dan Artinya
5 (100%) 8 votes