5 Rukun Islam Dan Penjelasannya Secara Lengkap

Posted on

5 Rukun Islam Dan Penjelasannya Secara Lengkap – Seseorang yang telah menganggap dirinya sebagai seorang Muslim haruslah mengerti dan memahami serta menjalankan pokok-pokok atau dasar-dasar Islam yakni menjalankan rukun-rukun Islam. Yang dimaksud rukun Islam ialah ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi oleh orang-orang Muslim. Adapun rukun Islam itu ada lima perkara. Kelima perkara tersebut akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini.

Rukun Islam Dan Penjelasannya Secara Lengkap

Dari Abu Abdurrahman, Abdullah bin Umar bin Al-Khottob ra. berkata:

سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ : بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَی خَمْسٍ : شَهَادَةُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ الله وَإِقَامُ الصَّلَاةِ وَإيْتَاءُ الزَّگاةِ وَصَوْمُ رَمَضَانَ وَحَجُّ اْلبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً

Artinya: “Saya telah mendengar Rasulullah SAW. bersabda: Islam dibangun diatas lima perkara; Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan bahwa nabi Muhammad utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan melaksanakan haji bagi yang mampu melaksanakannya.” (HR. At-Tirmidzi dan Muslim)

Rukun Islam dan Urutannya

Rukun Islam ada lima perkara yakni:

1. Membaca dua kalimat syahadat

Rukun Islam yang pertama adalah mengucap dua kalimat syahadat. Syahadat merupakan kalimat tauhid yang wajib diucapkan oleh lisan, dibenarkan dalam hati, dan diamalkan melalui perbuatan.  Jika syahadat hanya diucapkan namun tidak diamalkan atau dibenarkan oleh hatinya, maka tidak adaa artinya sama sekali. Adapun bacaannya syahadatain yaitu:

Baca Juga:  Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam Yang Harus Diketahui
Loading...

أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhamad adalah utusan Allah.”

2. Mendirikan Sholat

Rukun Islam yang ke dua ialah mendirikan atau mengerjakan sholat. Sholat wajib yang harus dilaksanakan umat Muslim adalah sholat fardhu lima waktu dalam sehari semalam. Ibadah yang paling pokok dan utama adalah sholat lima waktu.

الْعَهْدُ الَّذِى بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمُ الصَّلاَةُ فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ

Artinya: “Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah shalat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Majah)

Inilah pembeda antara orang kafir dan orang Islam, yakni sholat. Karena sholat merupakan tiangnya agama dan merupakan ibadah yang pertama kali dihisab kelak di yaumil akhir.

3. Membayar Zakat

Sebagai orang Islam, diwajibkan bagi kita untuk membayar zakat. Setiap umat Islam diwajibkan membayar zakat fitrah yang dibayar setahun sekali untuk membersihkan dan mensucikan diri. Harta benda yang kita miliki pun harus dizakati sesuai dengan syarat dan ketentuannya.

5 Rukun Islam Dan Penjelasannya Secara Lengkap

4. Menunaikan Puasa

Berpuasa yang diwajibkan atas umat Islam ini adalah puasa pada bulan suci Ramadhan. Semua umat Muslim yang telah baligh dan berakal sehat diwajibkan untuk menunaikan puasa selama satu bulan penuh. bagi yang berhalangan atau wanita yang sedang haidh, nifas atau sakit yang mengharuskan untuk tidak boleh berpuasa, maka diwajibkan membayarnya di lain hari atau membayar fidyah yang telah ditentukan.

5. Haji

Rukun Islam yang ke lima adalah menunaikan ibadah haji jika mampu. Wajib haji hanya sekali seumur hidup, sedangkan yang selebihnya adalah sunnah.

Baca Juga:  25 Nama Hari Akhir Dalam Islam Dan Artinya Terlengkap

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا 

Artinya: “Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah.” (QS. Al-Imran: 97)

Mampu yang dimaksud adalah sehat secara fisik, memiliki kemampuan dalam hal biaya untuk bekal dan perjalanan selama persiapan, pemberangkatan sampai kembali lagi. Karena jaraknya yang jauh, maka diwajibkan hanya bagi orang-orang yang mampu melaksanakannya.

Adapun asal dalil lima dasar Islam tersebut ialah berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW. yang diriwayatkan oleh Sayyidina Umar r.a dan dikutip oleh Imam Nanawi al-Bantani di dalam kitab Arba’in dan Riyadhus Sholihin:

الإِسْلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ، وَ تُقِيْمَ الصَّلاَةَ وتُؤْتِىَ الزَّكَاةَ وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ وَتَحُجَّ اْلبَيْتَ اِنِ اسْتَطَعْتَ اِلَيْهِ سَبِيْلاً

Artinya: “Islam adalah hendaknya engkau bersaksi bahwa sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad itu utusan Allah, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, puasalah kamu di bulan Ramadhan dan hajilah ke Baitullah jikalau engkau mampu melakukannya.”

Itulah pembahasan tentang Rukun Islam Dan Penjelasannya Secara Lengkap, semoga bermanfaat bagi sahabat sekalian. Sekian terimakasih 🙂

5 (100%) 2 votes