Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Doa Tahajud

Posted on

Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Doa Tahajud – Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang dilaksanakan pada waktu sepertiga malam. Dan yang lebih baik pada sepertiga malam terakhir, yakni antara pukul 01.00 sampai sebelum datangnya waktu shubuh. Dilakukan minimal dua rakaat dan tidak ada batasan dalam melakukannya.

Adapun salah satu keutamaan sholat tahajud ialah akan terlihat pancaran sinar dan keteduhan dari wajahnya sebagai tanda ketaatannya kepada Allah SWT. Dalam kesempatan ini, catatanmoeslimah.com akan berbagi tentang bacaan niat sholat tahajud beserta doanya.

Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Doa Tahajud

Sholat tahajud dilaksanakan setelah tidur sejenak. Namun, bagi yang tidak bisa atau belum sempat tidur dan khawatir tidak akan terbangun, diperbolehkan untuk melaksanakannya di sepertiga malam.

Niat Sholat Tahajud

Adapun bacaan niatnya sebagai berikut:

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahita’alaa”

Loading...

Artinya: “Saya niat sholat sunnah tahajud dua rokaat karena Allah ta’ala… Allahu akbar“.

Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud
Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Jika lebih dari dua rokaat, misalnya 4, 6, 8, 10 atau 12 rokaat, maka niat yang dibaca tetap sama. Jadi, dua rokaat satu salam.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Setelah selesai sholat, maka berdoalah. Jika ingin menggunakan bahasa sendiri juga tidak apa-apa, berdoa sesuai dengan apa yang diinginkan. Karena begitulah cara untuk berkomunikasi dengan Allah. Namun akan lebih afdhol lagi, bacalah doa berikut ini, seperti rasulullah membaca doa berikut ini setelah selesai melaksanakan sholat tahajud. Berikut bacaan doanya:

Baca Juga:  Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam Yang Harus Diketahui

Doa Tahajud Dengan Tulisan Arab

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Doa Tahajud Dengan Tulisan Latin

“Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.”

“Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Terjemahan Doa Tahajud

Wahai Allah, Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Segala puji hanyalah milik-Mu. Engkaulah penguasa langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Segala puji hanyalah milik-Mu. Engkaulah cahaya langit. Segala puji hanyalah milik-Mu. Engkaulah Yang benar, dan janji-Mu lah yang benar, perjumpaan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar dan hari kiamat itu benar (ada).

Wahai Allah, hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dengan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Maka ampunilah aku atas segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya.

Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Akhir. Tidak ada tuhan selain Engkau ya Allah, Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang dzolim. Tidak ada daya dan kekuatan melainkan pertolongan Engkau Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta Alam“.

Baca Juga:  10 Sahabat Nabi Yang Dijamin Masuk Surga

Doa tersebut bisa ditambahkan dengan doa-doa lainnya seperti doa sapu jagat, doa untuk kedua orang tua dan doa-doa lainnya yang ingin diikut sertakan dalam doamu.

Demikianlah artikel singkat kali ini mengenai Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Doa Tahajud, semoga bermanfaat dan sekian terimakasih 🙂

Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Doa Tahajud
5 (100%) 3 vote[s]