Doa Masuk Rumah Baru Dan Ketika Akan Menempatinya

Posted on

Doa Masuk Rumah Baru Dan Ketika Akan Menempatinya – Sahabat Muslimah, dalam Islam kita selalu diajarkan untuk membaca doa sebelum melakukan aktifitas apapun dengan niat yang baik. Begitu juga ketika kita memasuki dan menempati rumah baru. Dengan kita berdoa dan memohon kepada Allah SWT supaya rumah kita diberkahi dan penghuninya dilindungi dari berbagai macam bahaya baik dari jin maupun manusia.

Baca : Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam Yang Harus Diketahui

Karena rumah di dalam Islam  bukan saja tempat untuk tidur dan bernaung dari panas matahari dan berteduh dari hujan yang menetes, tetapi rumah adalah tempat untuk menjadikan seorang hamba lebih bertakwa kepadaNya melalui jalan ibadah.

Doa Masuk Rumah Baru Dan Ketika Akan Menempatinya

Pertama hal yang sederhana yang bisa kita lakukan sebelum mengamalkan berbagai doa adalah bersyukur atas nikmat rumah yang diberikan oleh Allah SWT. Selanjutnya minimal anda mengucapkan bacaan basmalah yaitu “Bismillahirrahmanirrahim” ketika akan memasuki rumah baru anda. Selanjutnya bisa berdoa dengan berbagai macam doa yang bisa sahabat lihat dibawah ini, agar kita mengerti makna yang terkandung didalamnya.

Membaca Surat Al Ikhlas

Membaca surat al ikhlas 3 kali sebelum memasuki rumah baru anda. Berikut bacaan surat Al Ikhlas : Bismillahirrahmanirrahim. Qul huwa allaahu ahad. Allaahu shamad. Lam yalid walam yuulad. Walam yakullahu kufuwan ahad.

Artinya : “Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.”

Baca : Bacaan Doa Berpergian Supaya Diberi Keselamatan

Doa Pertama

“A’udzu Bikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq..”

Artinya : “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya.”

Mengenai bacaan doa diatas, Rasulullah SAW bersabda dalam hadistnya sebagai berikut :Artinya : “Rasululullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa yang singgah pada suatu tempat kemudian dia berdo’a: ‘A’AUUDZU BI KALIMAATILLAHIT TAAMMAH MIN SYARRI MAA KHALAQ (Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan), ‘ niscaya tidak akan ada yang membahayakannya hingga di pergi dari tempat itu.” (Hadits Muslim Nomor 4881)

Doa Kedua

Artinya :  “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika seorang laki-laki masuk ke dalam rumahnya hendaklah ia membaca: ‘ALLAHUMMA INNII AS`ALUKA KHAIRAL MAULAJ WA KHAIRAL MAKHRAJ BIMILLAH WALAJNAA WA BISMILLAHI KHARAJNAA WA ‘ALAALLAHI RABBINAA TAWAKKALNAA (Ya Allah, sesungguhnya aku minta kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluar. Dengan menyebut nama Allah, kami masuk (rumah) dan dengan menyebut nama Allah kami keluar). ‘ Setelah itu hendaklah mengucapkan salam kepada keluarganya.” (Hadits Abu Daud Nomor 4432)

Doa Ketiga

“Rabbi anzilnii munzalan mubaarakan waAnta Khairul munziliin.” (Surat Al-Mu’minun Ayat 29).

Artinya : “Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.” (Doa ini diajarkan Allah kepada Nabi Nuh AS)

Perbanyak membaca Al Quran

Sebagaimana yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra. bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:Artinya : “Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya syetan itu akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah.” (Hadits Muslim Nomor 1300)

Dengan begitu maka perbanyaklah bacaan Al Quran khususnya surat Al Baqarah di rumah baru anda setiap harinya agar rumah dipenuhi dengan cahaya kebaikan dan penuh dengan berkah.

Baca : Fungsi Al-Qur’an Bagi Kehidupan Manusia

Membaca Ratib Al Haddad

Ratib haddad adalah sebuah rangakian doa, dzikir dan wirid dimana didalamnya sudah menckup segala hal yang tersebut diatas, mulai dari doa “A’udzuBikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq“, surat al ikhlas, sholawat, ayat kursi dan lain sebagainya. Bisa dibaca sesaat setelah shalat maghrib. Insyaallah rumah akan aman dari berbagai gangguan.

Doa Keluar Rumah

Ketika melangkahkan kaki keluar rumah, maka percayakanlah penjagaan dan keamanan rumah kepadaNya dengan membaca :Bismillahi Tawakaltu ‘alallai, Laa Haula Walaa quwwata Illa Billahi

Artinya : “Dengan nama Allah aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan saran agar rumah tak dimasuki setan.Artinya : “Tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah. Karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup (yang disebut nama Allah).” (Hadits Abu Daud Nomor 3243)

Tentu saja manusia perlu mengusahakan keamanan rumahnya juga dengan misalnya memasang pagar, mengunci pintu dan jendela sebagai ikhtiarnya, dan doa serta permintaan kepada Allah adalah yang paling kuat dampaknya.

Rumah adalah tempat datangnya rahmat dan rizki bagi hamba yang menempatinya. Oleh karena itu harus diperhatikan kaidah Islam tentang rumah. Salah satunya adalah larangan memasang patung, gambar orang, dan bentuk lain yang menyerupai makhluk bernyawa, karena malaikat pembawa rahmat enggan memasuki rumah tersebut.

Demikianlah artikel tentang Doa Masuk Rumah Baru Dan Ketika Akan Menempatinya. Semoga dengan membaca dan mengamalkan doa diatas saat anda akan memasuki rumah baru anda dan ketika tinggal didalamnya agar selamat dari segala bahaya, selalu dalam lindungan Allah SWT dan rumah anda penuh dengan kabaikan. Terimakasih.

Facebook Comments