Inilah Istri Yang Taat Suami Pasti Masuk Surga

Posted on

Inilah Istri Yang Taat Suami Pasti Masuk Surga – Tugas istri adalah taat. Taat pada suami, karena ridha suami adalah surga bagi istri. Taat sepertinya mudah, menuruti apa yang diperintahkan suami dan tidak bermaksiat pada Allah dan Rasul-Nya. Di antara keutamaan istri yang taat pada suami adalah akan dijamin masuk surga. Ini menunjukkan kewajiban besar istri pada suami adalah mentaati perintahnya.

Baca : 20 Tanda Keluarga Sakinah Yang Penuh Berkah

Inilah Istri Yang Taat Suami Pasti Masuk Surga

Dalam menjalankan taat kadang tidak semudah hanya mengikuti suami, melayani suami, menyediakan makanan kesukaan atau setidaknya menyiapkan minum untuknya. Sering kali taat harus berbenturan dengan ego pribadi, dengan apa yang diinginkan dan rasanya yang baik menurut pandangan diri.

Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah SAW. bersabda,Artinya : “Wanita mana saja yang meninggal dunia lantas suaminya ridha padanya, maka ia akan masuk surga.” (HR. Tirmidzi no. 1081 dan Ibnu Majah no. 1844).

Yang dimaksudkan dengan hadits di atas adalah jika seorang wanita beriman itu meninggal dunia lantas ia benar-benar memperhatikan kewajiban terhadap suaminya sampai suami tersebut ridha dengannya, maka ia dijamin masuk surga. Bisa juga makna hadits tersebut adalah adanya pengampunan dosa atau Allah meridhainya.

Baca : Sifat Dan Karakter Wanita Sholehah Dalam Islam

Istri Terbaik

Islam pun memuji istri yang taat pada suaminya. Bahkan istri yang taat suami itulah yang dianggap wanita terbaik. Sebagaimana dalam hadits dari ‘Abdurrahman bin ‘Auf, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,Artinya : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila seorang istri melaksanakan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan ta’at kepada suaminya, niscaya akan dikatakan kepadanya; ‘Masuklah kamu ke dalam syurga dari pintu mana saja yang kamu inginkan.” (Hadits Ahmad Nomor 1573)Dengan ketaatan seorang istri, maka akan langgeng dan terus harmonis hubungan kedua pasangan. Hal ini akan sangat membantu untuk kehidupan dunia dan akhirat.

Sebagian istri saat ini melupakan keutamaan taat pada suami. Sampai-sampai menganggap ia harus lebih daripada suami sehingga dialah yang mesti ditaati karena karirnya lebih tinggi dan titelnya lebih mentereng.

Kemudian tatkala harus taat namun suami sepertinya belum menjadi imam yang baik. Ketika melihat sosok Rasulullah sebagai gambaran teladan seorang suami seorang imam, ada rasa suami masih jauh dalam teladannya. Mengapa rasanya sulit mengajak suami dan juga anak-anak untuk bersama-sama memperbaiki diri, meneladani keluarga Rasul, berjuang untuk menggapai surga dengan berbagai amalan.

Baca : Inilah 23 Kriteria “Suami Idaman” Wanita Sholihah

Memikirkan keadaan ideal suami seharusnya begini dan begitu, anak-anak seharusnya sudah dapat ini dan itu…

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata,Artinya : “Dari Abu Hurairah, ia berkata; dikatakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam; siapakah wanita yang paling baik? Beliau menjawab: ” Yang paling menyenangkannya jika dilihat suaminya, dan mentaatinya jika ia memerintahkannya dan tidak menyelisihinya dalam diri dan hartanya dengan apa yang dibenci suaminya.” (Hadits Nasai Nomor 3179)

Ketika menginginkan pasangan shalih, maka seharusnya kita dapat menjadi shalihah terlebih dahulu. Begitulah rumus yang diberikan Rasulullah, “lelaki yang baik untuk wanita yang baik…” Dan ini pun bisa berlaku bagi pasangan yang telah menikah, saat istri setiap hari menjadi semakin baik, doa-doa terus terucap menembus langit untuk kebaikan suami dan anak-anak, Allah pun akan terketuk.

Tatkala ada yang tak sesuai dengan keinginan suami, bicaralah dengan lembut dan baik-baik. Ketika suami salah, beritahu dengan cara yang tidak menghakimi, dan seolah merendahkannya. Meski nafkah dan kebutuhan ekonomi selalu kurang, suami tetaplah imam bagi keluarga dan kita tetap harus taat.

Demikian ulasan tentang Inilah Istri Yang Taat Suami Pasti Masuk Surga. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan tambahan ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.

Facebook Comments