Inilah 3 Amalan Yang Dicintai Allah

Posted on

Inilah 3 Amalan Yang Dicintai Allah – Sebagai seorang Muslim yang beriman, tentu kita akan selalu berusaha menjadi pribadi yang jauh lebih baik, sehingga Allah makin cinta dan ridha kepada kita. Untuk mengetahui apa saja sih amalan yang benar-benar Allah sukai? Jawabannya banyak sekali yang pasti hamba-hambanya konsisten dalam menjalankan amal kebaikan tersebut. Namun ada beberapa sahabat Nabi mengatakan bahwa ada 3 amalan yang paling dicintai Allah yakni sholat pada waktunya, berbakti kepada orangtua dan jihad fii sabilillah. Sebagaimana dalam sebuah hadits dikatakan:

Artinya: “Dari Abdullah bin Mas’ud r.a. berkata: “Saya bertanya kepada Nabi SAW: amalan apakah yang paling dicintai Allah? “beliau menjawab: “shalat pada waktunya”. Lalu saya bertanya lagi: “kemudian apa lagi?” beliau menjawab: “berbuat baik kepada kedua orang tua”. Lalu saya bertanya lagi: “kemudian apa?” beliau menjawab: “berjuang di jalan Allah“. (H.R. Bukhari dan Muslim)

3 Amalan Yang Dicintai Allah

Sholat pada waktunya

Artinya sholat pada waktunya, tepat waktu dan lebih utama lagi sholat diawal waktu jika tidak dalam keadaan darurat. Sholat ini merupakan amalan yang pertama kali akan dihisab oleh Allah SWT. Karena itulah sholat merupakan tiangnya agama. Sholat dilakukan bukan hanya sebatas untuk menggugurkan kewajiban semata, tetapi sholat karena Allah Ta’ala, khusyu’ dan selalu menjadi prioritas utama.

Inilah 3 Amalan Yang Dicintai Allah

Sholat merupakan amalan yang amat dicintai Allah, karena didalam sholat itulah kita sedang bertemu Allah. Dahulukan sholat dibanding aktifitas apapun, insyaAllah dengan begitu Allah pun akan mencintai kita.

Berbakti Kepada Orangtua

Amalan selanjutnya yang amat Allah sukai adalah berbakti kepada kedua orangtua yakni ayah dan ibu yang melahirkan kita ke dunia ini, yang merawat, membesarkan, mendidik, menjaga, mengasihi dan selalu menyayangi kita sejak dalam kandungan. Mungkin ada beberapa diantara kita yang tidak merasakan kasih sayang orangtua, tidak merasakan didikan orangtua, tidak dijaga dan dirawat karena sebab tertentu, namun didalam Islam, tetap sebqagai anak kita wajib berbakti kepada keduanya. Jika mereka telah tiada, maka cara berbakti yang dilakukan dengan cara mendoakannya, memohonkan ampunan untuk keduanya kepada Allah, menyambung silaturahmi dengan kerabatnya dan menjadi anak yang shalih shalihah untuk menjaga keduanya dari siksa neraka.

Baca juga: Kumpulan Hadits Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua

Berjihad Dijalan Allah

Sungguh mulianya orang yang bisa melakukan amalan baik ini. Jihad artinya berjuang dengan sungguh-sungguh dalam melawan musuh-musuh Allah (orang-orang kafir), melawan hawa nafsu, melawan berbagai macam kebatilan, baik dengan hati, tangan maupun lisannya dan berjuang dalam menuntut ilmu. Jihad bukan hanya difokuskan pada peperangan melawan kaum kafir saja tetapi juga jihad atau berjuang dalam menjaga hati, lisan dan segala bentuk perbuatan juga melawan hawa nafsu.

Itulah beberapa amalan yang dicintai Allah. Seperti yang dikatakan dalam hadits diatas, namun ada juga hadits lainnya yang menjelaskan dan membahas tentang amalan-amalan baik lainnya yang dicintai Allah. Apapun bentuk amalannya, selagi masih dalam anjuran dan perintahnya, semuanya pasti disukai Allah. Namun, beberapa hal penting yang harus kita tahu bahwa sholat merupakan amalan pertama yang akan dihisab kelak di yaumil akhir, begitupun dengan berbakti pada kedua orangtua, ingat bahwa ridhonya Allah itu bergantung pada ridhonya orangtua, karenanya Allah sangat menganjurkan kita untuk berbakti kepada keduanya. Dan jihad fii sabilillah merupakan salah satu tanda bahwa kita seorang Muslim yang beriman.

Demikian ulasan singkat tentang 3 Amalan Yang Dicintai Allah, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Salam ukhuwah 🙂

Silakan baca juga:

Facebook Comments