Doa Dan Amalan Pembuka Rezeki Yang Halal Dan Berkah

Posted on

Doa Dan Amalan Pembuka Rezeki Yang Halal Dan Berkah – Sahabat Muslimah, menjalani kehidupan di dunia tak kan terlepas dengan yang namanya rezeki. Rezeki kita masing-masing memang sudah ditentukan oleh Allah SWT. Selama rezeki kita masih ada, maka kita akan tetap hidup di dunia dan jika ajal kita sudah tiba, maka itu berarti rezeki kita pun sudah habis. Masing-masing sudah memiliki jatah rezekinya dari Allah.

Baca: 25 Ayat Al-Qur’an Tentang Rezeki Terlengkap

Untuk mendapatkan dan meraih rezeki tentu harus didapatkan dengan cara yang baik dan halal, sesuai dengan ketentuan syariat Islam agar rezeki yang kita dapatkan menjadi berkah. Adapun doa dan amalan yang dapat membuka pintu rezeki sangatlah banyak, berikut ini ada beberapa diantaranya yang akan dibahas oleh catatanmuslimah.

Doa Dan Amalan Pembuka Rezeki Yang Halal Dan Berkah

Allah akan memberikan rezeki kepada hamba-Nya dengan catatan kita harus bergerak sendiri atau berusaha untuk mendapatkannya. Karena meskipun Allah telah menjamin rezeki kepada kita, jika kita hanya berdiam diri di rumah, tidak berusaha sama sekali, maka rezeki itu tidak akan pernah datang dengan sendirinya. Ada rezeki yang datang dengan sendirinya seperti contoh, ketika kita sedang menginginkan sesuatu, tiba-tiba ada orang yang datang ke rumah membawa sesuatu yang kita inginkan tersebut, hal itu bisa terjadi karena mungkin amalan kitalah yang mendatangkannya. Tetapi tidak juga hanya melakukan amalan, tanpa usaha, rezeki akan datang. Intinya semuanya tetap harus diimbangi antara doa dan usaha.

Doa Dan Amalan Pembuka Rezeki Yang Halal Dan Berkah

Berikut ini beberapa doa dan amalan yang mudah-mudahan dapat membantu kita untuk mempermudah jalannya rezeki, membuka pintu rezeki dan meluaskan rezeki yang halal lagi berkah.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, amal yang diterima, anak yang baik lagi shalih, rezeki yang yang halal, berkah, baik dan membawa kebaikan serta diluaskan di dunia dan akhirat“.

Artinya: “Ya Allah Yang Maha Kaya, Maha Pemberi Kekayaan, cukupilah aku dengan rezeki yang halal sehingga aku terhindar dari yang Engkau haramkan dan kayakanlah aku dengan nikmat-Mu hingga aku tidak meminta kepada selain Engkau“.

Dan inilah amalan yang dapat membuka atau melancarkan rezeki yang halal dan berkah.

1. Memperbanyak istighfar

Artinya: “Dari Abdullah bin Abbas ra. berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang senantiasa beristighfar niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya dan Allah memberinya rezeki dari arah yang tidak ia sangka-sangka“. (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, Al-Baihaqi dan Ath-Thabrani)

Keutamaan membaca istighfar sangatlah banyak. Salah satunya dapat mendatangkan rezeki dari arah yang tidak kita sangka. Oleh kerena itu, perbanyaklah membaca istighfar, karena keutamaannya yang dapat kita rasakan amatlah banyak dan sedikitpun kita tidak akan merasa rugi.

2. Menjaga sholat dhuha

Sholat sunnah dhuha merupakan sholat sunnah yang sangat dianjurkan.  Keutamaannya juga berhubungan dengan kelancaran rezeki, keberkahan, kesuksesan dan kecukupan.

Artinya: “Allah azza wajalla berfirman : “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas melaksanakan empat rokaat pada waktu (permulaan siang) yaitu (sholat dhuha), niscaya akan Aku cukupkan kebutuhanmu di sepanjang hari“. (HR. Ahmad dan Thabrani).

Baca: Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Beserta Artinya

3. Gemar bersedekah

Dengan bersedekah, rezeki kita tidak akan mungkin berkurang, justru dengan banyak bersedekah maka rezeki kita akan bertambah. Salah satu keutamaan sedekah adalah menambah rezeki. Allah akan melipatgandakan apa yang telah kita sedekahkan.

Baca: 12 Keutamaan Sedekah Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits

4. Pandai bersyukur

Orang yang pandai bersyukur akan memperoleh tambahan nikmat dari Allah SWT. Jelas dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman:

Artinya: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih“. (QS. Ibrahim: 7)

Baca: 4 Tingkatan Rezeki Yang Diberikan Allah SWT Kepada Manusia

5. Menjalin silaturahmi

Mempererat hubungan tali silaturahmi diantara sesama merupakan salah satu kunci pembuka pintu rezeki. Jangan enggan bersilaturahmi apalagi memutuskan tali silaturahmi.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dikatakan yang artinya: “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya & dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”.

6. Bertaqwa kepada Allah SWT

Kunci dari segala kesuksesan dan kebahagiaan adalah taqwa. Jika kita termasuk orang yang bertaqwa, insyaAllah kita akan mudah mendapatkan keberkahan dari segala yang kita usahakan dan salah satunya adalah rezeki. Dengan taqwa segalanya dapat kita raih, insyaAllah Allah akan mencukupi segala kebutuhan kita.

Baca: Ketahuilah 10 Dosa Penghalang Datangnya Rezeki Yang Halal

Nah itulah beberapa point penting yang harus kita lakukan untuk meraih rezeki agar dimudahkan, diluaskan, dan selalu dalam keberkahan karena cara yang ditempuh serta kehalalan dan kebaikan dari rezeki yang kita peroleh tersebut. Semoga kita senantiasa istiqomah dan selalu berada dijalan yang  benar.

Sekian pembahasan singkat tentang Doa Dan Amalan Pembuka Rezeki Yang Halal Dan Berkah, jangan lupa bahwa tujuan hidup sebenarnya itu bukanlah mencari kekayaan yang sifatnya duniawi sehingga engkau lalai akan mengingat Allah. Jadikanlah kekayaan sebagai sarana untuk mempermudah kita dalam beribadah. Tempuhlah semuanya dengan jalan yang halal dan benar. Semoga bermanfaat dan terimakasih, salam ukhuwah 🙂

Facebook Comments