10 Manfaat Membaca Al-Qur’an Bagi Ibu Hamil & Janin Yang Dikandung

Posted on

10 Manfaat Membaca Al-Qur’an Bagi Ibu Hamil & Janin Yang Dikandung – Sahabat Muslimah, sudah seharusnya sebagai seorang ibu memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Terlebih dalam Islam yang memang mengajarkan pada setiap wanita yang sedang hamil untuk selalu menjaga janin yang dikandungnya dengan ibadah yang dianjurkan. Kita yang tidak tau akan seperti apa calon anak kita yang akan lahir nanti, maka perbanyaklah berdoa dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, salah satunya dengan cara membaca Al-Qur’an, yang hal itu merupakan salah satu ibadah yang sungguh luar biasa dapat kita rasakan manfaatnya, terutama bagi ibu yang mengandung juga terlebih pada janin yang dikandungnya.

Baca juga:

Manfaat Membaca Al-Qur’an Bagi Ibu Hamil & Janin Yang Dikandung

Inilah beberapa manfaat dan kedahsyatan membaca Al-Qur’an atau memperdengarkan ayat Al-Qur’an pada janin juga ibu hamil.

1. Memberikan ketenangan bagi ibu hamil dan janinnya

Membaca Al-Qur’an dapat merelaksasi tubuh dan memberikan efek ketenangan pada jiwa. Tidak hanya bagi ibu hamil yang membacanya, tetapi juga janin yang dikandungnya. Sebuah penelitian yang dihasilkan dari konferensi kedokteran Islam Amerika Utara memaparkan bahwa bacaan Al-Qur’an mampu mendatangkan ketenangan jiwa bagi yang membacanya hingga 97 %. Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa bayi yang baru berusia 48 jam akan memberikan respons tersenyum dan lebih tenang ketika diperdengarkan bacaan ayat Al-Qur’an. Dengan ketenangan yang diperoleh, maka pertumbuhan janin di dalam rahim akan berlangsung secara optimal.

2. Menghindari stres yang berlebihan pada ibu hamil

Ibu hamil akan mengalami perubahan hormon selama kehamilannya, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan emosinya tidak stabil dan tekanan mental yang berlebihan. Adapun kondisi kejiwaan sang ibu sangat berpengaruh terhadap kecerdasan dan watak si anak kelak. Hormon yang diproduksi oleh ibu yang mengalami stres dalam jumlah berlebih akan memicu timbulnya berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, dada yang terasa sesak, dan emosi yang tidak stabil. Hormon tersebut dapat merambat pada janin melalui plasenta sehingga janin pun akan merasakan stres. Itulah kenapa Islam menganjurkan ibu hamil agar lebih dekat dengan Al-Qur’an yang merupakan mukjizat luar biasa dan dapat kita rasakan pula manfaatnya. Dengan membaca Al-Qur’an atau mendengarkan ayat-ayat Al-Qur’an maka secara tidak langsung, si pembaca akan merasa lebih tenang dan bahagia.

3. Menghilangkan rasa gelisah dan takut

Rasa gelisah, cemas dan takut seringkali dirasakan oleh ibu hamil. Untuk menghilangkan atau menghindarkan diri dari rasa takut yang berlebih, maka bacalah Al-Qur’an yang insyaAllah hati, pikiran dan jiwa akan merasa lebih tenang.

Baca juga:

4. Dapat menstimulasi perkembangan otak janin

Merangsang perkembangan otak janin sudah harus dilakukan sejak ia masih dalam kandungan ibunya. Salah satu cara yang tidak diragukan lagi kedahsyatannya adalah dengan cara membacakan atau memperdengarkan ayat Al-Qur’an  sesering dan seintens mungkin.

5. Meningkatkan kecerdasan pada janin

Salah satu ibadah yang dicintai Allah adalah membaca Al-Quran, selain pahala yang luar biasa ternyata membacanya dengan tartil juga akan memberikan dampak dan pengaruh besar terhadap kecerdasan emosi (EQ) janin yang dikandung ibu daripada terapi apapun. Inilah kenapa Islam sangat menganjurkan kepada setiap orang tua agar mendidik anak dengan mengenalkan Islam sejak dini, yakni sejak ia terbentuk dan mulai berfungsi segala anggota tubuhnya. Lantunan ayat suci Al-Quran merupakan suara terbaik ciptaan Allah yang harus dikenalkan kepada hamba-hambaNya sejak ia tercipta. Terapi dengan Al-Qur’an merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan sang anak.

6. Dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada janin

Al-Qur’an merupakan kalamullah yang tidak diragukan kehebatannya. Dengan seringnya membaca Al-Qur’an dan memperdengarkan kalamullah pada janin, maka secara tidak langsung sang ibu telah mengenalkan bahasa kepada janinnya. Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada janin dan memudahkannya untuk mengenal bahasa terutama terbiasa dengan bahasa Al-Qur’an. Manfaat lainnya juga bisa diperoleh oleh sang anak sendiri untuk memudahkannya dalam menghafal Al-Qur’an.

7. Memberikan efek positif pada ibu hamil dan janin

Pada bulan ke enam masa kehamilan, pendengaran bayi sudah mulai berfungsi dengan baik. Pada saat janin diperdengarkan ayat suci Al-Qur’an oleh ibunya atau orang lain, maka ia akan memberikan reaksi dengan menggerak-gerakkan tubuhnya secara perlahan dan lembut. Membiasakan membaca Al-Qur’an sejak janin masih dalam kandungan akan sangat berpengaruh besar dan berdampak positif bagi ibu juga janinnya, baik sejak dalam kandungan maupun setelah ia terlahir.

10 Manfaat Membaca Al-Qur'an Bagi Ibu Hamil & Janin Yang Dikandung

8. Meningkatkan daya ingat dan mudah menghafal

Anak yang terbiasa mendengarkan dan membaca ayat-ayat Al-Qur’an akan lebih mudah untuk menghafal karena bacaan ayat Al-Qur’an mampu meningkatkan daya ingat. Daya ingat yang tinggi akan berdampak baik pada proses tumbuh kembangnya juga dapat menumbuhkan kreatifitas tinggi dalam hidupnya.

9. Menjadikan anak shalih shalihah

Kebahagiaan dan kesuksesan terbesar menjadi orangtua adalah melihat anak-anaknya shalih dan shalihah. Cara terbaik untuk memulai dan meminta anak-anak agar menjadi shalih shalihah adalah dengan doa dan menshalihkan diri sendiri. Semua itu dilakukan mulai sejak merencanakan untuk memiliki anak. Ketika telah mengandung, perbanyaklah berdoa dan berdzikir serta memohon pada Allah. Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang mengingatkan kita pada Allah dan berharap penuh hanya kepada-Nya. Memiliki anak yang bisa menyejukkan hati (shalih shalihah) tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat merupakan puncak kebahagiaan bagi setiap orangtua.

Baca juga:

10. Memudahkan proses persalinan

Dengan rutinitas membaca Al-Qur’an setiap waktu atau setiap hari serta dzikir lainnya yang diamalkan insyaAllah dapat memudahkan ibu hamil dalam proses bersalin.

Kebiasaan membaca Al-Qur’an sangat baik untuk ibu hamil juga janinnya, seperti yang telah dibahas diatas, yakni dapat memberikan efek tenang, menghilangkan ketakutan, menciptakan suasana hangat dan damai, menghilangkan stres, meningkatkan kemampuan berbahasa, menstimulasi perkembangan otak dan kecerdasan janin, memperkuat kepribadian dan keimanan serta efek positif lainnya yang masih banyak sekali.

Nah itulah beberapa manfaat luar biasa dari kebiasaan membaca Al-Qur’an yang bisa dirasakan oleh ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Semoga pembahasan tentang 10 Manfaat Membaca Al-Qur’an Bagi Ibu Hamil & Janin Yang Dikandung ini dapat memberikan motivasi kepada para muslimah khususnya ibu hamil agar tidak bosan-bosan untuk mendengarkan murottal dan membaca Al-Qur’an sendiri dengan tartil yang bagus, baik dan benar. Karena setiap suara atau sumber bunyi yang dihasilkan memiliki frekuensi dan panjang gelombang yang dapat mempengaruhi otak juga dapat mengembalikan keseimbangan tubuh.

Facebook Comments