Penyebab Hati Gelisah Menurut Islam

Posted on

Penyebab Hati Gelisah Menurut Islam – Sahabat muslimah, pernahkah merasakan kegelisahan tanpa sebab dalam kehidupan sehari-hari? hati dan pikiran merasa tidak tenang, runyam, cemas dan perasaan yang kurang nyaman? Pastinya setiap manusia hidup pernah mengalami hal yang demikian. Lalu apa sih sebenarnya yang menjadi penyebab semua itu terjadi pada diri kita? Coba yuk kita tengok dan intip, mungkin beberapa penyebab atau alasan hati gelisah yang dirasakan ada dalam point-point yang akan dipaparkan berikut ini.

Penyebab Hati Gelisah Menurut Islam
Penyebab Hati Gelisah Menurut Islam

Penyebab Hati Gelisah Menurut Islam

Hati yang diselimuti oleh kegelisahan secara tidak langsung akan berdampak buruk, terutama bagi diri sendiri seperti melemahnya daya kreatifitas, enggan berpikir jernih, emosi yang tidak stabil dan lain sebagainya. Jika kegelisahan datang tanpa sebab mungkin karena diri kita jauh dari Sang Pencipta atau karena dosa. Rasulullah saw. bersabda:

Artinya: “Kebajikan adalah akhlak mulia. Sedangkan kejelekan (dosa) adalah sesuatu yang membuat hatimu gelisah dan kamu tidak suka jika orang lain melihat apa yang kamu lakukan“. (HR. Muslim)

Menurut para ulama, orang yang hatinya masih sesuai dengan fitrah dan memiliki kadar keimanan yang cukup, maka ia akan merasakan kegelisahan dan tidak tenang jika melakukan suatu perbuatan yang dilarang atau perbuatan dosa. Perbuatan dosa yang dilakukan berindikator pada hadits diatas, yakni sesuatu yang membuat hati dada sesak, gelisah dan tidak mau orang lain tahu apa yang telah ia lakukan. Tidak mau ketahuan istri, suami, orangtua, anak, tetangga, atau siapapun. Inilah salah satu pandangan Islam tentang sebab terjadinya hati yang cemas, takut dan gelisah.

Lalu, bagaimana jika orang yang hatinya memang sudah rusak dan terbiasa melakukan kemaksiatan bahkan tidak lagi malu jika orang lain mengetahuinya? Hadits diatas tidak berlaku bagi orang-orang yang hatinya tidak sesuai dengan fitrahnya.

Cara Menghilangkan Kegelisahan Hati

Sahabat muslimah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati kita akan menjadi tenang. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenang dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat  Allah-lah hati menjadi tenang“. (QS. Ar-Ra’d: 28)

Doa Agar Diberi Ketenangan

Inilah doa agar diberikan ketenangan hati dan menghilangkan rasa cemas atau takut yang berlebihan:

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dan keluh-kesah dan rasa sedih, dan kelemahan dan kemalasan, dan sifat bakhil dan penakut, dari belitan hutang dan para penindas yang menagih(ku)“.

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, dari kejahatan hamba-hamba-Nya, dari godaan para syaitan, dan dari kedatangan mereka kepadaku“.

Sahabat muslimah yang dimuliakan Allah, hati tidak akan pernah bisa berbohong, maka dari itu hati akan menjadi sesak jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan fitrahnya. Setelah kita mengetahui penyebab kegelisahan hati  yang ternyata tidak jauh-jauh dari hasil perbuatan diri kita sendiri, semoga kita bisa lebih berhati-hati lagi dalam menjaga hati. Perbaikilah ibadah, tingkatkan kualitas iman, jaga sholat, dan perbanyak mengingat Allah dalam keadaan apapun. Insya Allah dengan semua itu kita bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi.

Semoga pembahasan mengenai Penyebab Hati Gelisah Menurut Islam ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Salam ukhuwah.

Silakan baca juga:

Facebook Comments