20 Sifat Wajib Bagi Allah Berikut Arti Dan Penjelasannya

Posted on

20 Sifat Wajib Bagi Allah Berikut Arti Dan Penjelasannya – Allah SWT memiliki sifat yang wajib diketahui oleh hamba-Nya. Allah memiliki 20 sifat wajib dan 20 sifat mustahil bagi-Nya. Kali ini kita akan bahas tentang 20 sifat wajib bagi Allah dan sedikit penjabaran atau penjelasannya.

20 Sifat Wajib Bagi Allah

Sifat wajib bagi Allah ini seringkali kita dengar, baik dalam hafalan sejak di bangku sekolah, pesantren ataupun puji-pujian sebelum sholat. Adapun 20 sifat wajib bagi Allah dapat dilihat dalam tabel berikut ini.

Sifat Wajib Allah Tulisan Arab Artinya
Wujud ﻭﺟﻮﺩ Ada
Qidam ﻗﺪﻡ Terdahulu
Baqa ﺑﻘﺎﺀ Kekal
Mukhalafatuhu lilhawadis ﻣﺨﺎلفة ﻟﻠﺤﻮﺍﺩﺙ Berbeda dengan makhluk-Nya
Qiyamuhu binafsih ﻗﻴﺎﻣﻪ ﺑﻨﻔﺴﻪ Berdiri sendiri
Wahdaniyat ﻭﺣﺪﺍﻧﻴﺔ Esa (satu)
Qudrat ﻗﺪﺭﺓ Kuasa
Iradat ﺇﺭﺍﺩﺓ Berkehendak
‘Ilmu ﻋﻠﻢ Mengetahui
Hayat ﺣﻴﺎﺓ Hidup
Sama’ ﺳﻤﻊ Mendengar
Basar ﺑﺼﺮ Melihat
Kalam ﻛﻼ ﻡ Berbicara
Kaunuhu qaadiran ﻛﻮﻧﻪ ﻗﺎﺩﺭﺍ Keadaan-Nya yang berkuasa
Kaunuhu muriidan ﻛﻮﻧﻪ ﻣﺮﻳﺪﺍ Keadaan-Nya yang berkehendak menentukan
Kaunuhu ‘aliman ﻛﻮﻧﻪ ﻋﺎﻟﻤﺎ Keadaan-Nya yang mengetahui
Kaunuhu hayyan ﻛﻮﻧﻪ ﺣﻴﺎ Keadaan-Nya yang hidup
Kaunuhu sami’an ﻛﻮﻧﻪ ﺳﻤﻴﻌﺎ Keadaan-Nya yang mendengar
Kaunuhu bashiiran ﻛﻮﻧﻪ ﺑﺼﻴﺭﺍ Keadaan-Nya yang melihat
Kaunuhu mutakalliman ﻛﻮﻧﻪ ﻣﺘﻜﻠﻤﺎ Keadaan-Nya yang berbicara

20 Sifat Wajib Allah Dan Penjelasannya Berikut Dalilnya

Berikut ini akan dijelaskan sifat-sifat Allah secara ringkas dan disertakan dengan dalilnya. Dalil aqli maupun naqli yang menjelaskan tentang sifat-sifat wajib bagi Allah tentu sangat banyak, namun dalam penjelasan singkat ini akan disertakan hanya satu saja.

1. Wujud (Ada)

Sifat wujud adalah sifat Allah yang artinya ada. Allah SWT pasti adanya, tidak ada Tuhan selain Dia. Sebagaimana Allah berfirman:

Artinya: “Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku“. (QS. Thaha: 14)

2. Qidam (Terdahulu)

Artinya Allah itu ada sejak semua makhluk belum ada. Allah adalah sumber adanya makhluk, Ia yang menciptakan sehingga Pencipta itu pasti lebih awal atau lebih dahulu sebelum adanya sesuatu yang diciptakan. Sebagaimana dalam firman-Nya:

Artinya: “Dialah Yang Awal dan Yang Akhir…” (QS. Al-Hadid: 3)

3. Baqa’ (Kekal)

Artinya Allah itu Kekal yang tiada akhir dan ujungnya. Allah mustahil punah, Dia akan tetap ada selamanya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:

Artinya: “Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Bagi-Nya-lah segala penentuan, dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan“. (QS. Al-Qasas: 88)

4. Mukholafatul Lilhawaditsi (Berbeda dengan makhluk ciptaan-Nya)

Artinya Allah tidak serupa dengan makhluk ciptaan-Nya. Itulah keistimewaan dan keagungan Sang Pencipta. Sebagaimana telah Allah jelaskan dalam firman-Nya:

Artinya: “Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat“. (QS. Asy-Syura: 11)

5. Qiyamuhu Binafsihi (Berdiri sendiri)

Artinya adalah Allah itu berdiri sendiri, melakukan dan menciptakan apapun tanpa bantuan makhluk-Nya. Allah berdiri sendiri, Allah menciptakan langit dan bumi, surga dan neraka, manusia, hewan, gunung-gunung dan lain sebagainya dengan kekuasaan-Nya sendiri. Dalam al-Qur’an Allah berfirman:

Artinya: “Dan katakanlah: “Segala puji bagi Allah Yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia bukan pula hina yang memerlukan penolong dan agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya“. (QS. Al-Isra: 111)

6. Wahdaniyah (Esa/Tunggal)

Allah bersifat Esa, hanya satu, tidak ada Tuhan kecuali Allah. Sebagaimana telah ditegaskan dalam firman-Nya:

Artinya: “Katakanlah: “Dialah Allah, Yang Maha Esa“. (QS. Al-Ikhlas: 1)

Artinya: “Sekiranya ada di langit dan di bumi Tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa. Maka Maha Suci Allah yang mempunyai ‘Arsy daripada apa yang mereka sifatkan“. (QS. Al-Anbiya: 22)

20 Sifat Wajib Bagi Allah Berikut Arti Dan Penjelasannya
20 Sifat Wajib Bagi Allah Berikut Arti Dan Penjelasannya

7. Qudrat (Berkuasa)

Sifat qudrat adalah sifat Allah yang artinya Allah itu Berkuasa atas segala sesuatu. Kekuasaan Allah tentu sangat berbeda dengan kekuasaan yang dimiliki makhluk-Nya. Kekuasaan Allah tidak akan terbatas.

Artinya: “Sesungguhnya Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu“. (QS. Al-Baqarah: 20)

8. Iradat (Berkehendak)

Sifat Allah ini menandakan bahwa Allah itu Berkehendak atas segala sesuatu. Jika Allah SWT sudah berkehendak pada makhluk-Nya, maka tidak ada yang bisa menolak atau memungkirinya. Tidak ada yang mustahil bagi Allah. Allah bisa melakukan apapun pada ciptaan-Nya. Allah berfirman:

Artinya: “Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” maka terjadilah ia“. (QS. Yasiin: 82)

9. ‘Ilmun (Mengetahui)

Allah Mengetahui atas segala sesuatu, meskipun tidak terlihat atau disembunyikan oleh makhluknya, Allah tetap Mengetahui. Tidak ada sesuatu pun yang bisa luput dari pengelihatan-Nya. Sebagaimana Allah berfirman:

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya“. (QS. Qaf: 16)

10. Hayat (Hidup)

Allah tidak akan pernah mati, karena Allah bersifat Hayat yakni Allah hidup selamanya, tidak akan pernah musnah ataupun mati. Dalam al-Qur’an Allah berfirman:

Artinya: “Dan bertawakkallah kepada Allah yang hidup (kekal) Yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya“. (QS. Al-Furqon: 58)

11. Sama’ (Mendengar)

Allah bersifat Mendengar, pendengaran Allah tidak akan terbatas. Apapun yang dibicarakan baik dari hati maupun lisan, Allah tetap mampu mendengar. Sebagaimana firman-Nya:

Artinya: “Dan Allah-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui“. (QS. Al-Maidah: 76)

12. Bashar (Melihat)

Artinya Allah Melihat terhadap sesuatu yang terjadi meskipun segala sesuatu itu dilakukan secara sembunyi-sembunyi, tetap Allah dapat Melihatnya.

Artinya: “Dan Allah Maha Melihat atas apa yang kamu kerjakan“. (QS. Al-Hujarat: 18)

13. Kalam (Berfirman)

Allah bersifat kalam artinya Allah itu Berbicara, Berkata-kata atau Berfirman. Mustahil kalau Allah itu bisu. Al-Qur’an merupakan kalamullah, firman Allah yang menjadi acuan dan pedoman hidup bagi manusia yang diturunkan kepada Nabiyullah Muhamad SAW.

Artinya: “Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya“. (QS. Al-A’raf: 143)

14. Qadiran

Dalilnya sama dengan Qudrat (berkuasa). Allah terbukti Maha Berkuasa atas segala ciptaan-Nya.

15. Muridan

Artinya Allah itu Maha Berkehendak. Allah terbukti Maha Berkehendak atas ciptaan-Nya. Dalilnya sama dengan sifat Iradat.

16. ‘Aliman

Allah Maha Mengetahui. Mustahil Allah itu bodoh. Dalilnya sama dengan sifat ‘Ilmun.

Baca juga: Mengenal 4 Sifat Nabi Dan Rasul Yang Harus Kita Teladani

17. Hayyan

Artinya Allah Maha Hidup, mustahil jika Allah itu mati atau punah. Dalilnya sama dengan sifat Hayat.

18. Sami’an

Allah itu Maha Mendengar. Dalilnya sama dengan sifat Sama’.

19. Bashiran

Allah Maha Melihat atas apa yang terjadi dengan ciptaan-Nya. Dalilnya sama dengan sifat Bashar.

Baca juga: Pengertian, Ruang Lingkup, Dan Nama-Nama lain Ilmu Kalam

20. Mutakalliman

Allah  Maha Berkata-kata atau Berfirman. Dalilnya sama dengan sifat Kalam.

Dari semua sifat wajib bagi Allah yang harus kita ketahui itu menandakan bahwa hanya Allah-lah yang memiliki kesempurnaan. Tidak ada yang memiliki kesempurnaan selain Allah. Untuk itu, kita sebagai hamba-Nya harus sadar diri, perbanyak istighfar atas segala kesombongan yang tidak pantas kita lakukan, dan banyak berdzikir untuk mengingat akan kebesaran-Nya.

Semoga pembahasan kali ini tentang 20 Sifat Wajib Bagi Allah Berikut Arti Dan Penjelasannya dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Aamiin. Salam ukhuwah 🙂

Facebook Comments