3 Tanda Orang Bersyukur Kepada Allah SWT

Posted on

3 Tanda Orang Bersyukur Kepada Allah SWT – Sudahkah kita bersyukur hari ini? Yang sedang sakit masih bisa merasakan nikmatnya kasih sayang orang-orang terdekat, yang baru saja kehilangan barang masih bisa bersyukur atas kesehatan yang diberikan, yang sedang kesulitan bisa bersyukur masih diberikan akal yang sehat untuk mencari jalan keluar. Semua masalah, musibah, ujian yang datang kepada kita, tetap harus bersyukur karena masih ada nikmat lainnya yang patut disyukuri.

Sahabat Muslimah, sudahkah hari ini kita bersyukur kepada Allah SWT? Bersyukur tidak hanya dilisan atau hanya diucapkan saja. Sama seperti halnya kita memegang piring dan sendok, tetapi kita tidak menyendok nasi dan sayurnya. Ga cukup hanya dilisankan kata syukur itu, karena pada hakekatnya tanda syukur itu minimal mencakup 3 hal, yakni hati, lisan dan seluruh anggota tubuh.

3 Tanda Orang Bersyukur Kepada Allah SWT
3 Tanda Orang Bersyukur Kepada Allah SWT

Hati benar-benar mengakui bahwa Allahlah Sang Pemberi Nikmat, sehingga melahirkan kecintaan kepada-Nya. Lisan digunakan untuk menyebut nikmat Allah dengan membaca Al-hamdulillahirabbil’aalamiin (Hamdalah) dan menyandarkan nikmat kepada-Nya. Sedangkan syukur dengan anggota badan ialah menggunakan nikmat tersebut untuk melakukan ketaatan kepada Allah SWT.

Berikut ini akan dijelaskan secara lebih detail tentang tanda-tanda orang bersyukur.

Tanda Orang Bersyukur

Baca juga: 3 Golongan Yang Tidak Akan Dilihat Allah Di Hari Kiamat

Hati meyakini bahwa Allah-lah Yang Maha Pemberi Nikmat

Hati adalah salah satu unsur terpenting dalam bersyukur, jika hati benar-benar bersyukur, mengakui dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa tiada seorangpun yang mampu memberi nikmat berlimpah kecuali hanya Allah. Maka jauhilah sifat iri hati, dengki, minder, ataupun sifat tercela lainnya.

Lisan yang selalu mengucapkan kalimat syukur

Tidak hanya hati saja yang mengakui nikmat Allah, tetapi juga lisan mengucapkannya dengan kalimat-kalimat syukur, berterimakasih kepada-Nya dengan penuh keikhlasan. Mudah untuk mengucapkan terimakasih, hamdalah dan tidak mudah mengeluh. Berterimakasih kepada Allah dan juga berterimakasih kepada sesama yang membukakan pintu nikmat. Karena ada nikmat yang  bisa langsung datang dari Allah, ada juga nikmat yang datang melalui orang lain sebagai perantara. Tetapi semua nikmat tetap berasal dari Allah SWT.

Baca juga: Inilah 7 Pesan Rasulullah SAW Kepada Abu Dzar Al-Ghifari

Dibuktikan dengan seluruh anggota tubuh

Artinya jika seseorang merasa dirinya mensyukuri nikmat yang diberikan Rabbnya, maka ia akan membuktikannya dengan segenap anggota tubuhnya melalui tindakan atau perbuatan. Contohnya, banyak melakukan ibadah. Karena dalam Islam, ibadah itu sangat luas, banyak dan tidak akan habis dilakukan dalam sehari semalam.

Seperti sholat fardhu dilakukan tepat waktu, membaca Al-Qur’an, bersholawat, berdzikir, mendengarkan tausyiah, membaca buku-buku agama, menuntut ilmu, menjaga kesehatan, menjaga kebersihan, bersedekah, membantu dan menolong sesama, dan lain sebagainya.

Jika orang yang mengaku bersyukur tetapi masih lalai dan hemat dalam melakukan ibadah, berarti secara tidak langsung ia belum bersyukur atas nikmat Allah, karena nikmat yang Allah berikan tidak digunakannya sebaik mungkin untuk melakukan ketaatan kepada-Nya.

Sahabat Muslimah, sebagai bukti kita bersyukur adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa semua nikmat yang dirasakan adalah milik Allah, Dia-lah yang memberikannya kepada kita, maka ucapkanlah rasa syukurmu dengan hati dan lisanmu serta buktikanlah kecintaan-Mu dan rasa syukurmu dengan cara memenuhi segala kewajibanmu sebagai hamba Allah, yakni beribadah kepada-Nya. Jangan terlena dengan bisikan dan rayuan syetan, tidak cukup  hanya dengan berterimakasih saja engkau bisa dikatakan hamba yang bersyukur.

Semoga pembahasan mengenai 3 Tanda Orang Bersyukur Kepada Allah SWT ini dapat menjadi cerminan bagi diri kita, sudahkah kita memenuhi persyaratan sebagai hamba yang bersyukur? jika salah satunya ada yang belum terpenuhi, maka berusahalah dan terus mencoba untuk selalu memperbaiki diri. Semoga bermanfaat dan salam ukhuwah 🙂

Facebook Comments