Nama Hari-Hari Besar Dalam Islam Dan Penjelasannya

Posted on

Nama Hari-Hari Besar Dalam Islam Dan Penjelasannya – Sebagai umat Muslim, diharuskan untuk mengetahui hari-hari besar atau kapan saja hari-hari besar Islam. Hari besar Islam bukan hanya ‘idul fitri dan ‘idul adha saja, masih banyak hari besar lainnya yang sayang jika kita tidak mengetahui dan melewatkannya dengan sia-sia. Karena didalam hari-hari besar tersebut terdapat keutamaan-keutamaan yang luar biasa.

Kali ini, catatanmuslimah akan menguraikan secara singkat dan jelas mengenai nama-nama hari besar Islam, kapan waktunya dan apa kemuliaan yang tersimpan dibalik hari-hari tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya.

Nama Hari-Hari Besar Dalam Islam Dan Penjelasannya

Nama Hari-Hari Besar Dalam Islam Dan Penjelasannya
Nama Hari-Hari Besar Dalam Islam Dan Penjelasannya

Inilah nama-nama hari besar Islam dan penjelasan singkatnya.

1 Muharram (Tahun Baru Islam)

1 Muharram adalah hari pergantian tahun dalam kalender Hijriyah, atau disebut juga dengan tahun baru Islam. Untuk mengetahui keutamaan pada bulan Muharram, silakan baca Keutamaan Bulan Muharram Dalam Islam & Kelebihannya pada postingan sebelumnya. Dan untuk mengetahui bacaan doa tahun baru silakan baca juga Doa Awal Dan Akhir Tahun Hijriyah Beserta Artinya.

Nuzulul Qur’an

Nuzulul Qur’an adalah peristiwa penting tentang turunnya Al-Qur’an yang berisikan ayat-ayat atau Kalamullah yang diturunkan secara keseluruhan dari Lauhil Mahfudz ke Baitul’Izzah, yang kemudian diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malikat Jibril secara berangsur-angsur sesuai dengan peristiwa atau kejadian tertentu selama dalam kurun waktu 23 tahun. Nuzulul Qur’an ini diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan.

Lailatul Qodar

Lailatul Qodar merupakan salah satu malam penting pada bulan suci Ramadhan, yang bisa dijumpai pada 10 malam ganjil terakhir di bulan Ramadhan. Pada malam Lailatul Qodar ini terdapat kemuliaan dan lebih baik dari 1000 bulan.

Baca: Keutamaan Lailatul Qodar Beserta Doa Dan Tanda-Tandanya

‘Idul Fitri

Merupakan hari raya bagi Umat Islam. Kita biasa menyebutnya dengan “lebaran” yang diperingati pada tanggal 1 syawal. Hari raya ini merupakan hari kemenangan bagi Umat Islam yang telah melakukan ibadah puasa selama sebulan penuh pada bulan Ramadhan dimana puasa ini merupakan latihan bagi umat islam untuk menjaga lisannya, hati dan pikirannya serta menjaga seluruh anggota tubuhnya dari hal-hal yang dilarang sehingga pada hari kemenangan tersebut, umat manusia kembali dalam fitrahnya atau kembali suci.

‘Idul Adha

‘Idul adha merupakan hari raya bagi umat Islam yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah dan biasa kita menyebutnya dengan lebaran haji atau hari raya Qurban. Pada hari raya ini, setiap umat Muslim di seluruh dunia memperingatinya dengan melaksanakan sholat hari raya bersama-sama di Masjid-masjid atau lapangan terbuka. Pada hari ini juga orang-orang yang mampu menyembelih hewan qurban seperti Kerbau, Sapi atau Kambing yang kemudian dibagikan kepada fakir miskin.

Baca: Sunnah Sunnah Yang Dilakukan Saat Idul Adha

Maulid Nabi

Maulid Nabi adalah peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang diperingati pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal. Peringatan maulid nabi pertama kali dilakukan oleh Sultan Salahuddin Al-Ayyubi. Dalam peringatannya beliau menceritakan tentang sejarah kelahirannya sampai dengan perjuangan Nabi untuk Umatnya yang patut dijadikan tauladan yang baik bagi umatnya.

Adapun hukum memperingati maulid nabi adalah bid’ah hasanah yang tujuannya tidak lain hanyalah untuk mengingatkan kembali bagaimana kisah dan perjuangan beliau untuk umatnya, meneladani akhlak terpujinya, memberikan motivasi kepada umat Muslim agar kembali semangat dalam beribadah.

Isra’ Mi’raj

Isra’ Mi’raj diperingati pada tanggal 27 Rajab. Isra’ Mi’raj yaitu sebuah peristiwa penting dalam sejarah Nabi Muhamad tentang perjalanan beliau dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsho sampai ke Sidratil Muntaha untuk menerima tugas atau wahyu yang berupa kewajiban sholat lima waktu. Peristiwa ini terjadi hanya dalam satu malam.

Baca: Sejarah Nabi Muhammad SAW Dari Lahir Sampai Wafat

PHBI atau peringatan hari besar Islam merupakan salah satu kegiatan keagamaan yang dilaksanakan setiap hari-hari penting tersebut dengan beragam acara seperti perlombaan MTQ, menghadirkan muballigh atau mengadakan kajian dan tausyiah dari para ‘alim ‘ulama.

Nah, itulah Nama Hari-Hari Besar Dalam Islam Dan Penjelasannya yang sering diperingati oleh umat Islam dimanapun berada,  semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih 🙂

Facebook Comments