Inilah Keutamaan Sholat Shubuh Berjamaah

Posted on

Inilah Keutamaan Sholat Shubuh Berjamaah – Melaksanakan ibadah sholat lima waktu, selain wajib hukumnya ternyata memiliki banyak sekali keutamaan. Kali ini catatanmuslimah akan membahas tentang keutamaan sholat shubuh. Dimana sholat shubuh ini amat sangat berat sekali dilakukan bagi orang-orang munafik. Semoga tidak bagi kita aamiin.

Sahabat muslimah, betapa banyak kaum Muslim yang lalai dalam mengerjakan shalat shubuh. Mereka lebih mementingkan tidurnya daripada bangun untuk menunaikan shalat.  Terasa berat melangkahkan kakinya untuk berjamaah ke Masjid. Bisa kita lihat jumlah jamaah shalat shubuh di masjid dengan jumlah jamaah pada waktu shalat lainnya, akan sangat berbeda. Mungkin hanya beberapa orang atau shaf saja.

Baca juga: 7 Tips Sederhana Agar Anda Rajin Sholat Lima Waktu

Abu Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

hadits-tanda-munafik

Artinya: “Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik selain dari shalat Shubuh dan shalat Isya. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walau sambil merangkak“. (HR. Bukhari)

Dalam suatu riwayat dikatakan:

hadits-tentang-tanda-munafik

Artinya: “Shalat yang dirasakan paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaannya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak. Sungguh aku berkeinginan untuk menyuruh seseorang sehingga shalat didirikan, kemudian kusuruh seseorang mengimami manusia, lalu aku bersama beberapa orang membawa kayu bakar mendatangi suatu kaum yang tidak menghadiri shalat, lantas aku bakar rumah-rumah mereka“. (HR. Bukhari dan Muslim)

Keutamaan Sholat Shubuh Berjamaah

Inilah Keutamaan Sholat Shubuh Berjamaah
Inilah Keutamaan Sholat Shubuh Berjamaah

Sahabat muslimah, sholat berjamaah di Masjid khususnya bagi laki-laki sangat dianjurkan. Shalat shubuh merupakan shalat yang agung karena disaksikan oleh para malaikat. Sebagaimana dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman:

al-isra-78

Artinya: “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)“.  (QS. Al-Isra’: 78)

Dari Utsman bin Affan berkata, Rasulullah SAW bersabda:

hadits-keutamaan-sholat-subuh

Artinya: “Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya“. (HR. Muslim)

Baca juga: 15 Macam Siksaan Bagi Orang Yang Meninggalkan Sholat

hadits-keutamaan-sholat-shubuh

Artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga“. (HR. Bukhari dan Muslim)

hadits-keutamaan-sholat-subuh-1

Artinya: “Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar)“. (HR. Muslim)

Dari Anas bin Malik ra. berkata bahwa Rasulullah SAW. bersabda:

hadits-rasul-tentang-keutamaan-sholat-shubuh

Artinya: “Barang siapa yang shalat shubuh berjamaah kemudian dia duduk berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah. Berkata Rasulullah SAW., sempurna, sempurna, sempurna“. (HR. Tirmidzi)

Keutamaan-keutamaan tersebut hanya pantas diperoleh bagi orang-orang mukmin yang selalu menjaga sholatnya. Karenanya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat subuh, karena itu mereka tidak pantas untuk mendapatkan semua keutamaan-keutamaan tersebut.

Itulah beberapa keutamaan sholat shubuh, semoga Allah SWT selalu memberikan hidayah kepada kita semua, untuk selalu menjaga sholat shubuh dan sholat wajib lainnya terkhusus bagi kaum laki-laki untuk dapat melaksanakan shalat berjamaah di masjid. Karena pada hakekatnya, tempat ibadah yang paling baik bagi laki-laki adalah Masjid.

Facebook Comments